[FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka Ini Daftar Korban Kecelakaan Beruntun di Balikpapan

Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas Guguran Hingga 5 Kilometer

Gunung Semeru kembali meluncurkan Awan Panas Guguran (APG) pada hari ini, Rabu (5/12/2021) pukul 08:35 WIB.
- Apahabar.com     Rabu, 5 Januari 2022 - 18:02 WITA

Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas Guguran Hingga 5 Kilometer

Gunung Semeru kembali luncurkan awan panas. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Gunung Semeru kembali meluncurkan Awan Panas Guguran (APG) pada hari ini, Rabu (5/12/2021) pukul 08:35 WIB.

Pos Gunung Api Semeru Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat jarak luncur mencapai 5 Kilometer ke arah Besuk Kobokan dan Besuk Lengkong.

Pergerakan seismograf menunjukkan amplitudo maksimum 26 milimeter dengan durasi 969 detik. Tinggi kolom abu berwarna cokelat teramati kurang lebih 1500 meter di atas puncak dengan intensitas tebal ke arah tenggara dan selatan.

Hal ini berdampak hujan abu vulkanik tipis di wilayah Desa Kebonseket Kecamatan Candipuro dan Desa Penanggal Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Hingga kini, dilaporkan kondisi masyarakat terpantau aman dan kondusif,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan kutip Okezone, Rabu (5/1/2022).

Sementara itu, saat ini status aktivitas Gunung Semeru masih berada di Level III (Siaga) sejak 16 Desember 2021. Dengan begitu, direkomendasikan untuk tidak melakukan aktivitas apapun di sektor Tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 Kilometer dari puncak.

Di luar jarak tersebut, agar masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Mewaspadai potensi APG, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Terpilih Sebagai Plt Ketua JMSI Sumsel, Agus Harizal Siap Rangkul Semua Media Siber
apahabar.com

Nasional

PT. Maming Enam Sembilan Dukung Piala Dunia Basket 2023
Ustaz Maaher At-Thuwailibi

Nasional

BREAKING! Ustaz Maaher At-Thuwailibi Meninggal di Rutan
apahabar.com

Nasional

Dukungan Kaltim Jadi Ibu Kota Bertambah
apahabar.com

Nasional

Mantap..!! Bahasa Banjar, Dayak dan Bakumpai Diusulkan Jadi Bahasa Nasional
Sabu Samarinda

Nasional

Iyut Bing Slamet Ditangkap, Polisi Sita Plastik Sabu dan HP
apahabar.com

Nasional

Kekejaman Majikan Sutini di Singapura Terungkap dari Buku Harian
apahabar.com

Nasional

Warga Kontak Erat Pasien Covid-19 Gratis Tes Swab di Puskesmas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com