4 Universitas Walk Out, Munas BEM SI di Kalsel Pilih Koordinator Baru Bukan Laka Tunggal! Penyebab Pikap Tabrak Pohon Berujung Maut di Gambut Krisis Air Bersih di Kota Sungai, Ombudsman Panggil PDAM Bandarmasih Kisruh Wali Kota Vs Eks Direktur PDAM Bandarmasih, Sukro: Segerakan Penyertaan Modal! Banjir Mengancam, Jembatan-Jembatan Bertanda Silang di Banjarmasin Mau Diapakan?

Jokowi: Pembangunan Ibu Kota Baru Bukan Sekadar Pindah Gedung

Beberapa waktu lalu, Rapat Paripurna DPR mengesahkan Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi Undang-undang.
- Apahabar.com     Sabtu, 29 Januari 2022 - 13:04 WITA

Jokowi: Pembangunan Ibu Kota Baru Bukan Sekadar Pindah Gedung

Presiden Joko Widodo. Foto-istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan memindahkan ibu kota baru tidak seperti sekadar memindahkan gedung. Ia menekankan pemindahan ibu kota baru (IKN) merupakan esensi dari sebuah transformasi.

“Program pembangunan ibu kota negara di Kalimantan Timur adalah bagian penting dari transformasi. Program IKN bukan sekadar pindah gedung pemerintahan, bukan itu,” ujar Jokowi pada dilansir dari CNNIndonesia, Sabtu (29/1).

Pernyataan itu disampaikan dalam acara Pengukuhan Majelis Pengurus Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan Peresmian Pembukaan Rakernas ICMI, Sabtu (29/1).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga IKN merupakan langkah untuk bertransformasi di bidang lingkungan, cara kerja, basis ekonomi, teknologi, dan masih banyak lagi.

“Pindah ibu kota adalah pindah cara kerja, pindah mindset, dengan berbasis pada ekonomi modern dan membangun kehidupan sosial yang lebih adil dan inklusif,” tutur Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga meminta dukungan dari seluruh pihak, termasuk ICMI, untuk mendukung perubahan ibu kota yang saat ini sedang berlangsung.

“Program IKN dan beberapa transformasi besar yang sedang berlangsung ini membutuhkan dukungan semua pihak,” kata Jokowi.

“Kontribusi ICMI dalam transformasi Indonesia ini sangat kami harapkan, sangat kami butuhkan, untuk bersama-sama membangun Indonesia maju yang kita cita-citakan,” tuturnya.

Jokowi meyakini ICMI dapat memberikan banyak kontribusi terhadap pembangunan IKN dan transformasi lain yang dilakukan Indonesia. Menurutnya, peran ICMI tak hanya sebatas panutan Islam tetapi juga kontribusi profesional.

Beberapa waktu lalu, Rapat Paripurna DPR mengesahkan Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi Undang-undang.

UU baru ini menjadi payung hukum pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Ibu kota baru Indonesia tersebut dinamai Nusantara.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jokowi Minta Masukan Kadin dan HIPMI untuk Perbaikan Ekonomi
apahabar.com

Nasional

Berduka, Presiden Jokowi Kenang Ucapan Almarhum Sutopo soal Hidup
apahabar.com

Nasional

Tangis Ade Jigo Pecah saat Jenazah Istri Tiba di Kampung Halaman
apahabar.com

Nasional

Sesuai Telegram Kapolri, Pendemo UU Cipta Kerja Bakal Ditindak Tegas!
Masjid Istiqlal

Nasional

Viral, Video Paduan Suara di Dalam Masjid Istiqlal
apahabar.com

Nasional

Pencatatan Meteran Listrik Dinilai Tak Seharusnya Manual
Beredar video oknum TNI bertelanjang dada yang memukul seorang remaja. Foto-Istimewa

Nasional

Oknum TNI Telanjang Dada Pukul Remaja Berujung Diamankan POM
apahabar.com

Nasional

Inilah Waktu Larangan Lontar Jumrah bagi Jemaah Haji Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com