Pembunuhan di Datar Laga Hantakan, Polisi Imbau Jaga Kondusifitas  Presiden Jokowi: Keliru Jika Uang Rakyat Dibelanjakan Barang Impor Siap-Siap, Mulai 10 Juni ASDP Naikkan Tarif Penyeberangan Feri Kotabaru-Batulicin  Menolak Lupa Tragedi Jumat Kelabu Banjarmasin Bangun Rumjab Wali Kota, Pemkot Banjarmasin Ngutang, Baru Lunas Akhir 2022

Kiram Park Jadi Venue Utama MTQ Nasional 2022 di Kalsel, Ini Jadwalnya

- Apahabar.com     Rabu, 19 Januari 2022 - 17:03 WITA

Kiram Park Jadi Venue Utama MTQ Nasional 2022 di Kalsel, Ini Jadwalnya

Rakor Persiapan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI via zoom meeting, Rabu (19/1). Foto-Istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Venue dan jadwal Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah ditetapkan.

Venue utama bakal digelar di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar. Sedangkan jadwal pelaksanaan direncanakan pada 10 -19 Oktober 2022.

Hal ini disampaikan dalam Rakor Persiapan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI via zoom meeting, Rabu (19/1).

“Tiga daerah di Kalsel sebagai penyelenggara MTQ Nasional XXIX tahun 2022,” ujar Sekda Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar, dalam rakor tersebut.

Roy menjelaskan, Kota Banjarmasin menyiapkan 2 venue, Kota Banjarbaru 4 venue, dan Kabupaten Banjar paling banyak dengan menyiapkan 6 venue.

“Astaka Utama Kiram Park Kabupaten Banjar akan menjadi venue pembukaan dan penutupan pelaksanaan MTQ mendatang,” jelasnya.

Sementara Sekda Kabupaten Banjar, H Mokhamad Hilman menuturkan sebagai tuan rumah Pemkab Banjar sudah melakukan persiapan, seperti menyiapkan 6 venue di berbagai lokasi.

Hilman merincikan 6 venue tersebut yakni, Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Masjid Nurul Iman Indrasari, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan Kiram, Kampus Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Martapura, Madrasah Tahfiz dan Ilmu Al-Qur`an Darussalam, serta Astaka Utama Kiram Park yang menjadi venue utamanya.

“Masjid Agung Al-Karomah Martapura menjadi tempat star pawai Ta’aruf dan finisnya di Simpang Empat Sekumpul. Sedangkan Alun Alun RTH Ratu Zalecha akan menjadi venue pembukaan pameran dan halal food,” papar Sekda Hilman.

Sekadar diketahui, Provinsi Kalsel sebelumnya sudah pernah dipercaya dan sukses menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke III pada tahun 1970. Waktu itu digelar di Kota Banjarmasin dengan venue utama Masjid Agung Sabilal Muhtadin.

Setelah 50 tahun, Kalsel kembali dipercaya menjadi tuan rumah MTQ Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 442 Tahun 2020, yang diumumkan pada penutupan MTQ Nasional 28 di Padang, Sumatra Barat pada November 2020 silam.

Foto tempat rencana venue utama MTQ Nasional XXIX 2022 di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar. Foto-Istimewa.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Banjarmasin Diguyur Hujan, Pohon Langka di Jalan Ahmad Yani Tumbang

Kalsel

Buser 690 Banjar Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Alalak Banjarmasin
kecelakaan lalu lintas

Kalsel

Viral Motor Adu Banteng di Kotabaru, Akhirnya Selesai di Atas Kertas
apahabar.com

Kalsel

Misteri Amuk Api di Patmaraga Kotabaru, Tim Labfor Surabaya Turun Tangan
apahabar.com

Kalsel

Feri Penyeberangan Resmi Beroperasi, Warga Pulau Sebuku Girang
apahabar.com

Kalsel

Polres Banjarbaru Raih Penghargaan Layanan SIM dan SKCK Sangat Baik
apahabar.com

Kalsel

Peduli Diananta, Koalisi untuk Masyarakat Adat dan Kebebasan Pers Galang Donasi
apahabar.com

Kalsel

Tak Keluarkan Peringatan Dini, BMKG Prakirakan Sebagian Kalsel Cerah Berawan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com