Brakkk! Detik-Detik Rumah Ambruk di Manarap Banjar Kontroversi Upin Ipin Sudah Meninggal, Les’ Copaque Beri Penjelasan Penggerebekan Maut Kakek Teluk Tiram: Sarijan Rupanya Target Tersohor Kepolisian Maraton, Proses RUU jadi UU IKN Digelar Hari Ini Tok! Pemerintah-Pansus Sepakat RUU IKN Lanjut ke Paripurna DPR

Mabes Polri Temukan 12.300 Metrik Ton Batu Bara Ilegal di Kaltim, 6 Alat Berat Diamankan

Bareskrim Mabes Polri bersama Polda Kaltim berhasil menemukan 12.300 metrik ton batu bara ilegal yang diduga hasil curian.Batu bara tersebut ditemukan di lokasi perusahaan PT Mahakam Sumber Jaya (MSJ), Kutai Kartanegara pada 31 Desember lalu.
- Apahabar.com     Jumat, 14 Januari 2022 - 20:14 WITA

Mabes Polri Temukan 12.300 Metrik Ton Batu Bara Ilegal di Kaltim, 6 Alat Berat Diamankan

Bareskrim Mabes Polri bersama Polda Kaltim berhasil menemukan belasan metrik ton batu bara ilegal yang diduga hasil curian. Foto-Riyadi/apahabar.com

apahabar.com, BALIKPAPAN – Bareskrim Mabes Polri bersama Polda Kaltim berhasil menemukan 12.300 metrik ton batu bara ilegal yang diduga hasil curian.

Batu bara tersebut ditemukan di lokasi perusahaan PT Mahakam Sumber Jaya (MSJ), Kutai Kartanegara pada 31 Desember lalu.

Penemuan ini bermula dari laporan perusahaan MSJ yang memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) bahwa ada tindakan yang mencurigakan di wilayahnya.

Ditreskrimsus Polda Kaltim pun langsung menuju lokasi dan melakukan penyelidikan.

“Dari kegiatan tersebut kami tidak menemukan orang yang sedang melakukan penambangan,” kata Dirkrimsus Polda Kaltim, Kombes Pol Indra Lutrianto Amstono dalam press rilis di Mapolda Kaltim pada Jumat (14/1) sore.

“Namun kami menemukan batu bara yang sudah keluar dari bumi. Artinya sudah ditumpuk batu bara ini yang kami sebut fit. Di situ ada sebanyak 12.300 metrik ton batu bara itu dari 10 fit terpisah dan itu kita amankan di situ,” tambahnya.

Karena belum terjual, batu bara tersebut diduga barang curian. Polisi pun berkoordinasi dengan pemilik IUP, lalu kemudian menyerahkan emas hitam itu kembali kepada pemiliknya.

Setelah itu, Bareskrim Polri turut melakukan pemantauan di Kukar yakni di wilayah IUP PT MSJ. Dari kegiatan itu, enam alat berat dan satu unit dump truk ditemukan.

Namun petugas tidak menemukan siapapun di lokasi tersebut, sehingga kesulitan dalam menetapkan tersangka.

“Ditemukan enam alat berat yang ditinggalkan pemiliknya atau penyewanya dan satu unit truk,” tuturnya.

Sejauh ini polisi baru memeriksa dua orang dari perwakilan perusahaan MSJ. Indra mengatakan saat tim tiba di lokasi kejadian tidak ada satupun orang.

Dia pun meminta kepada para pemilik atau penyewa kendaraan alat berat dan dump truk itu untuk mengambil kembali dengan bukti-bukti kepemilikan.

“Kami belum menemukan adanya tersangka, namun kami belum menyerah dan terus bekerja keras untuk bisa menemukan para pelaku penambangan ilegal ini,” ungkapnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Covid-19

Kaltim

Kasus Covid-19 di Kaltim Bertambah 218 Orang

Kaltim

Terbongkar! Jaringan Perampok di Perumahan Elit Balikpapan Juga Beraksi Lintas Negara
E-TLE

Kaltim

Uji Coba E-TLE di Balikpapan, Tukang Ojol Kaget Surat Tilang Nempel di Motor

Kaltim

PPKM Level IV, Wisata Baru Bukit Kebo di Balikpapan Mendadak Ditutup
Bandara SAMS Sepinggan

Kaltim

Pasca-Bom di Makassar, Pengamanan Bandara SAMS Sepinggan Diperketat
apahabar.com

Kaltim

Pagi Tadi, Kebakaran Terjadi Kilang Minyak Balikpapan
apahabar.com

Kaltim

Penajam Paser Utara Ajukan Ribuan Formasi CPNS
Pedagang Pentol di Balikpapan

Kaltim

Tertarik Beli Motor Online, Pedagang Pentol di Balikpapan Tertipu Rp 6 Juta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com