Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka

Ma’ruf Ungkap Pertimbangan Jokowi Siapkan Kursi Wamendagri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membuka posisi Wakil Menteri (Wamen) yakni di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
- Apahabar.com     Jumat, 7 Januari 2022 - 15:03 WITA

Ma’ruf Ungkap Pertimbangan Jokowi Siapkan Kursi Wamendagri

Wapres Ma'ruf Amin. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membuka posisi Wakil Menteri (Wamen) yakni di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Wapres Ma’ruf Amin mengatakan penambahan posisi Wamendagri didasari oleh besarnya volume pekerjaan.

“Saya kira kan itu perlu Wamen apa tidak, itu disesuaikan dengan kebutuhan volume pekerjaan,” kata Ma’ruf saat memberikan keterangan pers usai berolahraga pagi di Pantai Taipa, Kecamatan Lembo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tengah, dikutip dari detikcom, Jumat (7/1/2022).

Ma’ruf yakin Jokowi sudah memiliki pertimbangan terkait kementerian yang memiliki pekerjaan besar. Dia menekankan bertambahnya wamen bukan untuk menampung partai.

“Saya kira Presiden sudah mempertimbangkan kementerian-kementerian mana yang volume pekerjaannya besar tidak semata-mata menampung… walaupun nanti cerminannya pada mencerminkan representasi partai ya,” ujarnya.

“Tetapi orientasi pertamanya pada kebutuhan volume pekerjaan yang tidak cukup ditangani oleh Menteri oleh karena itu dibuatlah wakil wakil kementerian” lanjut Ma’ruf.

Ma’ruf lantas menilai Kemendagri memiliki pekerjaan yang besar, mengingat hal yang perlu diurusi yakni masalah di seluruh provinsi.

“Kemendagri mungkin dianggap volume (pekerjaannya) cukup besar karena menangani masalah provinsi, kabupaten, kota, sehingga perlu ada penambahan wakil menteri,” katanya.

Posisi Wamendagri tertulis dalam aturan ini tertuang dalam Perpres Nomor 114 Tahun 2021 Tentang Kementerian Dalam Negeri. Perpres ini ditetapkan oleh Presiden Jokowi pada 30 Desember 2021.

Berdasarkan Perpres yang diterima detikcom, Rabu (5/1/2021), nantinya tugas Mendagri akan dibantu oleh Wamendgari. Posisi ini tadinya belum ada. Wamendagri akan ditunjuk oleh presiden.

Wamendagri akan bertanggung jawab langsung kepada Mendagri. Sedangkan dalam ruang lingkup tugasnya, Wamendagri akan ikut merumuskan dan melaksanakan kebijakan Kemendagri.

Wapres Ma’ruf Amin. Foto-Istimewa

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

BMKG: Cuaca Berawan Dominasi Jakarta Hari Ini
Vaksin Merah Putih

Nasional

Unair Bakal Uji Vaksin Merah Putih dengan Corona Varian Delta
apahabar.com

Nasional

Hari Ini Dylan Sahara Dimakamkan di Ponorogo, Ifan Seventeen: ‘How Can I Live Without You’
apahabar.com

Nasional

Tolak Divaksin Covid-19, Pemda Bisa Jatuhkan Sanksi
apahabar.com

Nasional

Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia, Koalisi minta RUU Disahkan
WA Down

Nasional

Whatsapp, Facebook & Instagram Masih Down! Simak Penjelasannya

Nasional

Hari Pahlawan, Google Doodle Tampilkan Ismail Marzuki

Nasional

Sri Mulyani: Dana Kesehatan Tahun Ini Bisa Tembus Rp 300 T!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com