Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan

Memprihatinkan, Rumah Singgah Penyandang Disabilitas Jiwa di Kapuas Segera Direhab

Bangunan rumah singgah tempat penitipan penyandang disabilitas jiwa di Kabupaten Kapuas, Kalteng, segera direhab total tahun ini.
- Apahabar.com     Selasa, 11 Januari 2022 - 18:05 WITA

Memprihatinkan, Rumah Singgah Penyandang Disabilitas Jiwa di Kapuas Segera Direhab

Bangunan rumah singgah tempat penitipan penyandang disabilitas jiwa di Kabupaten Kapuas, Kalteng, yang akan segera direhab total tahun ini. Foto-apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Bangunan rumah singgah tempat penitipan penyandang disabilitas jiwa di Kabupaten Kapuas, Kalteng, segera direhab total tahun ini.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan, pihaknya tahun ini telah menyiapkan anggaran sekitar Rp1 miliar untuk rehab total rumah singgah Harapan Sejahtera tersebut.

“Sudah kita siapkan anggarannya dari APBD 2022 untuk pembangunan rehab total rumah singgah yang berlokasi di Kecamatan Basarang,” katanya di Kuala Kapuas, Selasa (11/1) sore.

Budi bilang kondisi bangunan rumah singgah tersebut saat ini memang sudah tidak layak lagi karena banyak mengalami kerusakan.

“Oleh sebab itu pada tahun ini kita perbaiki total bangunannya. Sehingga menjadi fasilitas yang layak untuk ditempati penyandang disabilitas jiwa,” ujarnya.

Dijelaskan Budi bahwa penyandang disabilitas jiwa yang dititipkan di rumah singgah adalah mereka yang secara ekonomi terlantar dan tidak ada sanak keluarga yang mengurusnya.

“Sehingga mereka menjadi tanggungjawab pemerintah dan tanggungjawab negara untuk memberikan pelayanan kepada mereka,” ucapnya.

Selain itu penyandang disabilitas jiwa yang menempati rumah singgah adalah mereka yang baru selesai menjalani proses rehabilitasi dari rumah sakit Kalawatei Palangka Raya.

“Termasuk dari rumah sakit jiwa Sambang Lihum Banjarmasin dan rumah sakit jiwa lainnya. Jadi, sementara menunggu proses pemulangan atau reunifikasi keluarga, maka mereka dititipkan di rumah singgah ini,” pungkas Budi.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Terkait Opsi Perppu Baru, KPUD Barut Tunggu Perintah Pusat

Kalteng

Kasus Covid-19 Melonjak, Warga Kapuas Diminta Tidak Bepergian ke Banjarmasin
apahabar.com

Kalteng

Alhamdulillah, Hasil Swab Pertama Wali Kota Palangka Raya Negatif
apahabar.com

Kalteng

Rumah dan Toko di Gunung Timang Terbakar, Saksi Dengar Bunyi Kretek
apahabar.com

Kalteng

Bukan Besok, Wali Kota Palangka Raya Tegaskan Pelonggaran Salat Jumat Baru Awal Juni
apahabar.com

Kalteng

Direktur RSUD Doris Positif Covid-19, Simak Bantahan Kadinkes Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Antisipasi Karhutla, Ini yang Dilakukan Pemprov Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Cegah Karhutla, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Kapuas Murung Patroli Bersama
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com