Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Pelaksanaan PTM Serentak, Wali Kota Banjarmasin Berikan Sederet Catatan

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina memberikan catatan ihwal pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) semester genap tahun ajaran 2021/2022.
- Apahabar.com     Selasa, 4 Januari 2022 - 16:33 WITA

Pelaksanaan PTM Serentak, Wali Kota Banjarmasin Berikan Sederet Catatan

Suasana PTM serentak yang dilaksanakan di SMPN 7 Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina memberikan catatan ihwal pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) semester genap tahun ajaran 2021/2022.

Seluruh sekolah dari tingkat Paud, Tk, dan SMP sederajat di ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar PTM sejak Senin (3/1) kemarin.

“Protokol kesehatan (prokes) menjadi yang utama, kemudian tenaga kependidikan dan anak didik kita diikutkan dalam program vaksinasi,” ujar Wali Kota Banjarmasin 2 periode ini.

Menurutnya pelaksanaan PTM sekarang bisa mengejar ketinggalan mata pelajaran saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau dalam jaringan (daring).

Tenaga pendidik juga berkesempatan mengajar secara tatap muka, setelah pandemi Covid-19 mereda.

Tenaga pendidik, bagi Ibnu harus menjelaskan terhadap murid bahwa efektifnya proses mengajar ketika berinteraksi.

“Tidak seperti tatap muka, kami sudah evaluasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) maksimalkan segera, karena ini awal tahun. Anak-anak kita insyallah senang belajar di sekolah,” ucapnya.

Sebelumnya, Disdik Banjarmasin mengeluarkan surat edaran (SE) pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) semester genap tahun pelajaran 2021/2022.

SE berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 05/KB/2021, Nomor 1347 Tahun 2021, nomor HK.01.08/Menkes/6678/2021, dan nomor 443-5847 Tahun 2021 tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Mulai hari Senin (3/1), seluruh satuan pendidikan di Banjarmasin sudah dapat melaksanakan PTM setiap hari dengan kapasitas siswa di kelas 100%,” ujar Kepala Disdik Banjarmasin, Totok Agus Daryanto di SE.

Ia mengatakan bahwa PTM penuh dilaksanakan dengan durasi waktu maksimal 6 jam sehari atau disesuaikan dengan jenjang dan tingkat atau kelas siswa.

Satuan pendidikan sudah tidak lagi membuka opsi PJJ bagi siswa yang orang tuanya tidak setuju PTM. Kecuali terhadap siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19, atau kontak erat dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19 tetap dilayani dengan PJJ.

“Pelaksanaan PTM wajib melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin dengan pendekatan 5M,” ucapnya.

Selain itu, sekolah dengan jumlah siswa yang besar dapat membuat jadwal kedatangan dan kepulangan siswa pada masing-masing kelompok belajar untuk menghindari kerumunan pada saat pengantaran dan penjemputan.

PTM akan dihentikan sementara dan dialihkan menjadi PJJ selama 14 hari, apabila terjadi klaster penularan Covid-19 di satuan pendidikan. Angka positivity rate warga satuan pendidikan terkonfirmasi Covid-19 telah mencapai 5% atau lebih.

“Pihak satuan pendidikan agar mengimbau peserta didik membawa bekal dari rumah, tidak saling meminjamkan alat tulis, dan segera melaporkan kepada guru apabila merasa sakit,” imbuhnya.

Ia juga meminta satuan pendidikan secara berkala melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan PTM dan melakukan perbaikan-perbaikan berdasarkan hasil evaluasi.

“Pengawas Sekolah agar dapat melakukan monitoring dan pengawasan terhadap pelaksanaan PTM di satuan pendidikan binaannya terutama pada aspek pelaksanaan prokes,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Polres Batola Gelar Operasi Patuh, Masker Juga Menjadi Perhatian
apahabar.com

Kalsel

MHM Fasilitasi Pesawat Gratis Kirim Alkes Penanganan Covid-19 di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Jumlah Penumpang Pesawat Turun Drastis, Begini Tanggapan PT Angkasa Pura I
apahabar.com

Kalsel

Ketua PWI Kalsel: Wartawan Patuh pada Kode Etik
Makanku Peduli

Kalsel

Makanku Peduli Korban Banjir Kalsel, Sebar Bantuan hingga Pelosok yang Sulit Terjangkau

Banjarmasin

Detik- Detik Portal Baja Jembatan Alalak Dua Dilepas Tiga Petugas
Program ‘Cash For Work’ Baznas Kalsel, Libatkan Buruh Harian Salurkan Bantuan Covid-19

Kalsel

Program ‘Cash For Work’ Baznas Kalsel, Libatkan Buruh Harian Salurkan Bantuan Covid-19

Kalsel

PPKM Level IV Banjarmasin, Sejumlah Instansi Kebagian Anggaran Belanja Tak Terduga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com