Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel

Pemberangkatan Umrah Dimulai, Patuhi Syaratnya

Kementerian Agama menyatakan pemberangkatan ibadah umrah ke Tanah Suci, dimulai 8 Januari 2022. Ada enam syarat yang perlu diperhatikan.
- Apahabar.com     Sabtu, 8 Januari 2022 - 07:18 WITA

Pemberangkatan Umrah Dimulai, Patuhi Syaratnya

Kementerian Agama menyatakan pemberangkatan umrah dimulai 8 Januari 2022. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Agama menyatakan pemberangkatan ibadah umrah ke Tanah Suci, dimulai 8 Januari 2022.

Keputusan ini diambil usai rapat lintas kementerian atau lembaga berkaitan dengan penyelanggaraan ibadah umrah 1443 Hiriah, 3 Januari lalu.

Pemberangkatan umrah ini sekaligus sebagai jawaban atas penundaan yang sebelumnya pernah ditegaskan Presiden agar tidak melakukan perjalanan ke luar negeri, pada akhir 2021 lalu.

“Pemberangkatan jamaah umrah rencananya akan kembali dibuka pada 8 Januari 2022,” ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.

Karena masa pandemi Covid-19, penyelenggaraan umrah dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan secara ketat.

Pengawasan dilakukan sejak di Tanah Air maupun di Arab Saudi dengan mengedepankan perlindungan dan keselamatan jemaah.

“PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) yang akan memberangkatkan jemaah umrah juga wajib melaporkan keberangkatan melalui SISKOPATUH,” kata Hilman.

Ketentuan lainnya, kata dia, keberangkatan diprioritaskan bagi PPIU yang menggunakan penerbangan langsung (direct flight) melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Sementara itu, kepulangan jemaah umrah juga harus mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

Keberangkatan empat penerbangan awal mengacu kebijakan umrah satu pintu (one gate policy) dengan menggunakan asrama haji Jakarta sebagai lokasi pemeriksaan kesehatan dan titik awal keberangkatan yang dikoordinasikan oleh asosiasi PPIU.

“Kanwil Kemenag provinsi dan Kemenag kabupaten/kota wajib melakukan pengawasan keberangkatan jamaah umrah di wilayah kerjanya,” ujar dia.

Itu semua terangkum dalam surat edaran Kementerian Agama terakit umrah 1443H nomor B-04008 DJ/DT.II.3/Hj.09/01/2022 tertanggal 4 Januari 2022.

Surat edaran tersebut menyampaikan enam syarat pelaksanaan umrah tanggal 8 Januari 2022 yakni sebagai berikut:

Pertama, penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah pada masa pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan terhadap kepatuhan prokes secara ketat baik di tanah air maupun di Arab Saudi dengan mengedepankan pelindungan dan keselamatan jemaah.

Kedua, para penyelengara perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang akan memberangkatkan jemaah umrah wajib melaporkan keberangkatan melalui sistem informasi pengawasan terpadu umroh dan haji khusus (SISKOPATUH).

Ketiga, keberangkatan diprioritaskan bagi PPIU yang menggunakan penerbangan langsung (direct fligh) melaui Bandara Soekarno Hatta;

Keempat, kepulangan jemaah umrah mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Nasional;

Kelima, keberangkatan sebanyak 4 (empat) penerbangan awal mengacu Kebijakan Umrah Satu Pintu (one gate policy) dengan menggunakan asrama haji Jakarta sebagai lokasi Screening kesehatan dan titik awal keberangkatan yang dikoordinasikan oleh asosiasiPPIU;

Keenam, Kanwil Kementerian Agama Provinsi dan Kemenag Kabupaten/Kota wajib melakukan pengawasan keberangkatan jemaah umrah di wilayah kerjanya.

 

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Riset Membuktikan, BLT Banyak Dipakai untuk Beli Rokok
apahabar.com

Nasional

Dandhy Dwi Laksono Dipulangkan dengan Status Tersangka

Nasional

Bareskrim Usut Akun Youtube BNPB yang Diretas dan Ganti Nama
PPKM Jawa-Bali

Nasional

PPKM Jawa-Bali, Aturan Perjalanan Dalam Negeri Diperketat

Nasional

LAPAN Ungkap Fenomena Matahari Memutih Sebab Suhu Dingin Indonesia
Habib Bahar

Nasional

Belum Sebulan Bebas, Habib Bahar Kembali Dipolisikan
Vaksin Covid-19

Nasional

Kemenkes Gunakan 6 jenis Vaksin Covid-19 di Indonesia
perjalanan

Nasional

Kemenhub Cabut Aturan Perjalanan Darat 250 Km Wajib PCR/Antigen!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com