Bocah Lumpuh Tak Punya Biaya Berobat di Kotabaru Turut Curi Perhatian Kemensos Turun Tangan Catat, Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional 2022 Capai Rp451 Triliun DITAHAN! Sopir Penyeruduk Tembok Pasar Antasari yang Tewaskan Bumil Xi Jinping Serukan ‘Perang’ Pemonopoli Ekonomi Digital Joget TikTok Bareng Cewek, Pratama Arhan Disentil Warganet

Pengabdian Masyarakat, Hima Pendidikan IPA ULM-SMPN 6 Alalak Lakukan Eksperimen

Himpunan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melaksanakan kegiatan pengabdian di Pulau Sewangi, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kamis (6/1).
- Apahabar.com     Kamis, 6 Januari 2022 - 16:32 WITA

Pengabdian Masyarakat, Hima Pendidikan IPA ULM-SMPN 6 Alalak Lakukan Eksperimen

Hima IPA ULM melaksanakan kegiatan pengabdian di Pulau Sewangi, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kamis (6/1). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Himpunan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melaksanakan kegiatan pengabdian di Pulau Sewangi, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kamis (6/1).

Mengusung tema ‘IPA Berbagi (Bergerak Untuk Mengabdi)’, kegiatan ini menyasar siswa-siswi SMPN 6 Alalak.

Dalam kegiatan ini, sejumlah mahasiswa mengimplementasikan pembelajaran IPA berbasis eksperimen pembuatan roket untuk menerapkan materi tekanan.

Roket tersebut dibuat dari pipa dan botol plastik, untuk kemudian diterbangkan dengan menggunakan tekanan air yang dipompa.

“Kegiatan ini mengenalkan pembelajaran IPA berbasis ekperimen membuat roket menerapkan materi tekanan dan game IPA untuk meningkatkan minat materi IPA pada siswa,” kata ketua panitia pelaksana, Ahmad Zulkarnain.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga disimulasikan uji nutrisi terhadap beberapa sampel makanan seperti snack, telur, dan lainnya.

Di samping itu, mahasiswa Prodi Pendidikan IPA juga memberikan plakat dan kenang-kenangan alat laboratorium berupa mikroskop.

Diharapkan, mikroskop itu dapat menunjang proses pembelajaran IPA di sekolah tersebut.

“Kegiatan ini merupakan implementasi kami terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian kepada Masyarakat,” kata Ketua Hima Pendidikan IPA FKIP ULM, Muhammad Fikri.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari Wakil ketua I DPRD Kota Banjarmasin l, Muhammad Yamin, Anggota DPRD Provinsi Kalsel, Siti Noottita Ayu Febria Roosani, dan UFC Ukhuwah Food & Catering.

Dalam keterangannya, Muhammad Yamin mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA FKIP ULM ini.

Dirinya berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut dan dapat menjadi contoh positif bagi generasi muda lainnya.

“Semoga siswa-siswa mendapat pengalaman belajar yang menyenangkan dari metode belajar sambil bermain yang berikan,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Barabai HST

Kalsel

Pinta Keluarga Genap Dua Bulan Pembunuh Gambah HST Buron
apahabar.com

Kalsel

Warung Makan Arema di Citra Land Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Jemaah Faqqihhu Fiddin Banjarmasin Berlebaran Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Penutupan Pasar di Banjarmasin, Habib Banua: Salurkan Bansos Dulu
apahabar.com

Kalsel

Pengunjung Festival Durian Merasa Kena Prank, Begini Ceritanya
apahabar.com

Kalsel

Per Hari Ini, RSUD Sultan Suriansyah Bisa Layani Pasien BPJS
apahabar.com

Kalsel

Gojek Banjarmasin Beri Apresiasi Anggota Polsekta dan Koramil Banjarmasin Timur
apahabar.com

Kalsel

5 Hektare Lahan Gambut di Tala Terbakar, Kalsel Siaga Karhutla
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com