Kebakaran Pekapuran Raya, Bumil Dilarikan ke RS Pembunuhan di Datar Laga Hantakan, Polisi Imbau Jaga Kondusifitas  Presiden Jokowi: Keliru Jika Uang Rakyat Dibelanjakan Barang Impor Siap-Siap, Mulai 10 Juni ASDP Naikkan Tarif Penyeberangan Feri Kotabaru-Batulicin  Menolak Lupa Tragedi Jumat Kelabu Banjarmasin

Sidang Praperadilan Sengketa Tanah di Banjarmasin, Dua Pihak Adu Argumen

Sidang praperadilan kasus sengketa tanah yang melibatkan Erni Saragih dan Ditreskrimum Polda Kalsel berlangsung alot. 
- Apahabar.com     Kamis, 27 Januari 2022 - 22:41 WITA

Sidang Praperadilan Sengketa Tanah di Banjarmasin, Dua Pihak Adu Argumen

Sidang praperadilan kasus sengketa tanah yang melibatkan Erni Saragih dan  Ditreskrimum Polda Kalsel berlangsung alot. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Sidang praperadilan kasus sengketa tanah yang melibatkan Erni Saragih dan
Ditreskrimum Polda Kalsel berlangsung alot.

Sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Banjarmasin Kamis (27/1) memasuki tahap duplik yakni jawaban tergugat terhadap replik yang diajukan penggugat.

Dalam agenda sidang itu, pengadilan negeri menghadirkan dua saksi dari penyidik dari Subdit I Ditreskrimum Polda Kalsel.

Pantauan media ini, sidang yang dipimpin hakim tunggal, Febrian Ali, sempat berlangsung alot. Bahkan kedua pihak sempat beradu argumen, sehingga membuat hakim menegur keras pihak termohon dan pemohon.

“Ini sidang saya! Saya yang memimpin sidang ini. Masing-masing pihak diberi kesempatan untuk membuktikan. Banyak orang yang menonton, lo. Bagaimana persidangan ini menjadi mulia kalau persidangannya seperti ini?” tegas hakim dalam sidang.

Sementara itu, Kuasa Hukum pemohon, Joy Moris Siagian mengungkapkan terkait paparan alat bukti dan saksi yang dihadirkan dalam persidangan, pihaknya melakukan konfrontir soal Perkapolri Nomor 6 Tahun 2019 beserta putusan konstitusinya yang jadi acuan dari penyidik.

“Kami selaku kuasa hukum, bahwa pelapor tidak memiliki Legal Standing dalam perkara ini. Setelah kami periksa saksi dan melihat alat bukti, pelapor tidak memiliki legal standing sebagai pelapor, karena penyidik menyatakan bahwa laporan tersebut menggunakan pasal 108 Sedangkan 108 ada model A dan B Model A itu ditentukan oleh kepolisian, sedangkan model B berdasarkan laporan orang yang merasa dirugikan,” jelasnya usai persidangan.

Joy menambahkan jika dikaitkan dengan pasal 263 dalam laporannya dan pasal 24 ayat ke-2 KUHP, maka harus ada orang yang dirugikan. Sementara di satu sisi, saksi menyatakan pihak yang paling dirugikan di sini adalah pengadilan, sementara pengadilan tidak merasa melaporkan.

“Artinya, seharusnya orang yang dirugikan kalau dikaitkan dengan 108 dan junto pasal 263 junto pasal 624 ayat kedua KUHP, seharusnya pengadilan yang melaporkan karena orang yang dirugikan,” ujarnya.

Ia juga menyebut hal itulah yang menjadi dasar pihaknya menyatakan bahwa legal standing dari pelapor belum cukup kuat untuk menetapkan orang sebagai tersangka.

“Kita mengajukan praperadilan ini hanya untuk memastikan prosedur lidik dan sidiknya. Menurut kami, belum ada yang terpenuhi. Terutama audit investigasi lidiknya,” tutupnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi awak media, pihak dari Kasubdit I Ditreskrimum Polda Kalsel enggan memberikan komentar terkait kasus ini.

Sebagaimana diketahui sebelumnya pra peradilan mengemuka setelah pemohon Erni Saragih ditetapkan menjadi tersangka hingga penahanan oleh Polda Kalsel atas dugaan kasus pemalsuan putusan Pengadilan Negeri Banjarmasin terkait sengketa tanah oleh penyidik Dit Reskrimum Polda Kal

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Covid-19

Kalsel

Update Covid-19 Kotabaru: Positif Baru Bertambah 4, Total 1.765
Sultan Kalteng

Kalsel

Sesal Keluarga Usai ‘Sultan’ Kalteng Hambur Emas 1 Kg dari Amuntai hingga Banjarmasin
Kebutuhan Ditanggung Haji Ijai, Keluarga Covid-19 di Tapin Sehat Sentosa

Kalsel

Kebutuhan Ditanggung Haji Ijai, Keluarga Covid-19 di Tapin Sehat Sentosa

Kalsel

Angkasa Pura I Salurkan Bantuan kepada Korban Banjir di Kabupaten Banjar
apahabar.com

Kalsel

Nyadap Karet, Kakek di Balangan Lenyap di Hutan
apahabar.com

Kalsel

Siap-Siap, Besok Warga Kotabaru Di-Rapid Test Massal
apahabar.com

Kalsel

Garansi Bebas Narkoba, Prajurit Kodim Banjarmasin Dites Urine
Kapolres OK

Kalsel

Reaksi Cepat, Polres Banjar Diganjar Penghargaan Perlindungan Perempuan-Anak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com