Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan

Sinkronisasi Jadwal Kegiatan, Banmus DPRD Tanah Bumbu Gelar Rapat Kerja

Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Tanah Bumbu melakukan rapat kerja dengan BPKAD, Bappeda, Sekretariat DPRD, dan Bagian Pemerintahan setempat.
- Apahabar.com     Rabu, 5 Januari 2022 - 18:09 WITA

Sinkronisasi Jadwal Kegiatan, Banmus DPRD Tanah Bumbu Gelar Rapat Kerja

Banmus DPRD Tanah Bumbu saat menggelar rapat kerja. Foto: Humas DPRD Tanbu

apahabar.com, BATULICIN – Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Tanah Bumbu melakukan rapat kerja dengan BPKAD, Bappeda, Sekretariat DPRD, dan Bagian Pemerintahan setempat.

Rapat dilakukan dalam rangka upaya sinkronisasi jadwal kegiatan kedua lembaga daerah yakni legislatif dan eksekutif.

Ketua Banmus DPRD Tanah Bumbu, Syamsisar, menyatakan bahwa rapat Banmus adalah menyusun jadwal kegiatan masa di 2022 antara pemerintah daerah dan legislatif agar tidak terjadi benturan dan dapat mencapai agenda keinginan bersama dan tidak melanggar aturan perundang-undangan.

“Harus disinkronkan jadwal DPRD dengan jadwal pemerintah daerah. Ini harus dilakukan, sehingga semua yang berkenaan dengan regulasi dan aturan, atau aturan di atasnya, seperti permendagri dan sebagainya,” ujar Syamsisar, Rabu (4/1).

Syamsisar menuturkan bahwa penyusunan jadwal kegiatan ini diharapkan nantinya tidak ada lagi yang tertinggal, baik terhadap tahapan-tahapan maupun aturan perundang-undangan yang berlaku.

Syamsisar menyebut biasanya kegiatan Banmus DPRD Tanah Bumbu di awal tahun melakukan sinkronisasi penyusunan rencana kerja bulanan maupun tahunan. Menetapkan agenda DPRD, dan agenda penyelesaian rancangan Perda serta menetapkan jadwal rapat dewan.

Selanjutnya akan memberikan pendapat kepada pimpinan DPRD dalam menentukan garis kebijakan yang menyangkut pelaksanaan tugas dan kewenangan dewan.

“Jika dibutuhkan Banmus dapat merekomendasikan untuk pembentukan panitia khusus dan melaksanakan tugas yang diputuskan melalui rapat paripurna atau sesuai dengan pasal 46 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota,” ujarnya.

“Posisi Banmus DPRD merupakan garda terdepan dan strategis dalam penyusunan semua agenda dewan secara komprehensif dan visioner, termasuk meminta masukan dari alat kelengkapan dewan lainnya,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

DPRD Tanah Bumbu Godok 2 Raperda Perubahan
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Hari Bhayangkara, Wakil Rakyat Apresiasi Kinerja Polres Tanbu
Vaksinasi

DPRD Kab Tanah Bumbu

Dewan Tanah Bumbu Apresiasi Pencapaian Vaksinasi di Bumi Bersujud
APBD 2022

DPRD Kab Tanah Bumbu

Paripurna Dewan, Wabup Tanbu Sampaikan KUA PPAS APBD 2022
rapat paripurna

DPRD Kab Tanah Bumbu

DPRD Tanah Bumbu Gelar Paripurna Istimewa PAW
Paripurna

DPRD Kab Tanah Bumbu

Bupati Tanbu Sampaikan LKPJ 2020 di Paripurna Dewan
tanah bumbu

DPRD Kab Tanah Bumbu

Paripurna Dewan Tanbu, Pihak Eksekutif Sampaikan Dua Raperda
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Reses DPRD Tanbu Gunakan Sistem Door To Door
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com