[FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka Ini Daftar Korban Kecelakaan Beruntun di Balikpapan

Soal Pencabutan Konsesi Kawasan Hutan, Dishut Kalteng Nyatakan Belum Terima SK Menteri LHK

Pejabat Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyatakan pihaknya sampai sekarang ini belum menerima secara resmi soal Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan (LHK) Nomor: SK.01/MENLHK/SETJEN/KUM.1/1/2022, 5 Januari 2022 tentang Pencabutan Izin Konsesi Kawasan Hutan.
- Apahabar.com     Senin, 10 Januari 2022 - 22:54 WITA

Soal Pencabutan Konsesi Kawasan Hutan, Dishut Kalteng Nyatakan Belum Terima SK Menteri LHK

Ilustrasi - Kawasan hutan di wilayah Kalimantan Tengah. Foto-Antara/Kasriadi

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Pejabat Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyatakan pihaknya sampai sekarang ini belum menerima secara resmi soal Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan (LHK) Nomor: SK.01/MENLHK/SETJEN/KUM.1/1/2022, 5 Januari 2022 tentang Pencabutan Izin Konsesi Kawasan Hutan.

“Dinas Kehutanan sampai saat ini belum menerima secara resmi arahan tindak lanjut atas keputusan pencabutan izin konsesi Kawasan hutan di wilayah Kalimantan Tengah,” kata Plt Sekretaris Dishut Kalteng, Ansar di Palangka Raya, Senin (10/1) dilansir Antara.

Menurut Ansar, saat ini di media online ramai beredar surat keputusan tersebut namun demikian Dishut Kalteng tidak berwenang mengklarifikasi keabsahan surat keputusan tersebut karena belum ada pernyataan resmi atau klarifikasi secara resmi dari pihak Kementerian LHK.

Jika dilihat fisiknya, kata dia, surat keputusan yang beredar agak diragukan resmi tidaknya karena terdapat dua keganjilan yang kasat mata. Menurut Ansar pada surat keputusan tersebut tidak memiliki kop surat begitu juga tembusan ke pemerintah daerah tidak ada.

“Pada prinsifnya Dinas Kehutanan selaku OPD Provinsi Kalimantan Tengah yang menangani urusan kehutanan siap melaksanakan kebijakan yang ditugaskan sesuai kewenangan yang dimiliki,” kata Ansar yang juga menjabat Kasubag Penyusunan Program Dishut Kalteng ini.

Pada surat keputusan yang viral itu, tembusan ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia, Menteri Sekretaris Negara, Sekretaris Kabinet, Sekjen Kementerian LHK, Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari dan Dirjen Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem.

Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan (LHK) Nomor SK.01/MENLHK/SETJEN/KUM.1/1/2022 tentang Pencabutan Izin Konsesi Kawasan Hutan yang mulai berlaku pada tanggal ditetapkan 5 Januari 2022 berisi enam keputusan dan tiga lampiran.

Lampiran I merupakan daftar SK ijin konsesi kawasan hutan dicabut selama periode September 2015-Juni 2021 terdapat 42 nama perusahaan dengan luas hutan 812.796,93 hektar se-Indonesia. Untuk di wilayah Kalteng tercatat 9 perusahaan dengan luas 137.805 hektar.

Lalu Lampiran II merupakan daftar perizinan/perusahaan konsesi kehutanan yang dilakukan pencabutan sebanyak 192 perusaan dengan luas lahan 3.126.439,36 hektar. Di Kalteng terdapat 50 perusahaan dengan luas 384.380,73 hektar.

Terakhir, Lampiran III merupakan daftar perizinan/perusahaan konsesi kehutanan untuk dilakukan evaluasi terdiri 106 perusahaan dengan luas 1.369.567,55. Di Kalteng ada 20 perusahaan dengan luas 80.131,4 hektare.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalteng

Jadi Pengedar Sabu, Penghuni Barak di Rindang Banua Palangka Raya Diringkus Polisi

Kalteng

Kebakaran di Kapuas Timur, Satu Rumah Hangus
apahabar.com

Kalteng

Sapi Limosin Jokowi Ternyata Beli dari Peternak Lokal Kalteng

Kalteng

Diduga Korban Tabrak Lari, Warga Palangka Raya Tewas dengan Kaki Terputus
apahabar.com

Kalteng

Update Covid-19 di Kalteng: Pasien Positif Meninggal Bertambah Satu
apahabar.com

Kalteng

Intip Persiapan Kapuas Sambut Kedatangan Presiden Jokowi
apahabar.com

Kalteng

Demokrat Kalteng Tangkis Kabar Mahar Politik Pilgub
apahabar.com

Kalteng

Polsek Kapuas Timur Bagikan Sembako
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com