Bocah Lumpuh Tak Punya Biaya Berobat di Kotabaru Turut Curi Perhatian Kemensos Turun Tangan Catat, Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional 2022 Capai Rp451 Triliun DITAHAN! Sopir Penyeruduk Tembok Pasar Antasari yang Tewaskan Bumil Xi Jinping Serukan ‘Perang’ Pemonopoli Ekonomi Digital Joget TikTok Bareng Cewek, Pratama Arhan Disentil Warganet

Sumber Gas Baru Ditemukan di Blok Mahakam

Sumber gas bumi baru berhasil ditemukan di sumur eksplorasi Manpatu-1x, yang terletak di Blok Mahakam, lepas pantai Balikpapan, Kalimantan Timur.
- Apahabar.com     Rabu, 5 Januari 2022 - 14:05 WITA

Sumber Gas Baru Ditemukan di Blok Mahakam

Ket: Ilustrasi. Foto-Net.

apahabar.com, JAKARTA – Sumber gas bumi baru berhasil ditemukan di sumur eksplorasi Manpatu-1x, yang terletak di Blok Mahakam, lepas pantai Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sumber itu ditemukan PT Pertamina Hulu Mahakam, anak usaha Pertamina Hulu Energi.

Vice President Eksplorasi Pertamina Hulu Energi Regional Kalimantan Bayu Giriansyah mengatakan keberhasilan ini merupakan penemuan pertama bagi Indonesia pada permulaan 2022.

“Pengeboran dimulai pada 20 Oktober 2021 dengan menggunakan Rig Hakuryu-14 dan berhasil sampai dengan kedalaman 3.776,4 meter pada 9 Desember 2021, dan berhasil menemukan lapisan hidrokarbon minyak dan gas dengan total ketebalan net pay sebesar 207 meter pada interval Sepinggan Delta Sequence dan Sepinggan Carbonate Sequence dengan kualitas reservoir yang sangat baik,” kata Bayu seperti dikutip CNNIndonesia dari Antara, Rabu (5/1).

Ia menambahkan pekerjaan uji alir yang pertama drill steam test/DST-1 atas temuan itu telah dilakukan pada 3 Januari 2022. Hasilnya ditemukan rate gas sebesar 15 juta standar kaki kubik per hari dan kondensat sebesar 500 barel per hari.

Selain temuan tersebut, Pertamina juga mengidentifikasi zona reservoir pada Sepinggan Carbonate Sequence yang akan dilakukan uji alir selanjutnya.

General Manager Pertamina Hulu Mahakam Zona 8 Agus Amperianto berkomitmen untuk terus menjalankan operasi migas yang selamat, efektif, dan unggul sehingga Blok Mahakam dapat berkontribusi secara signifikan dan berkelanjutan terhadap pencapaian target produksi migas nasional.

“Keberhasilan ini menjadi pendorong semangat kami untuk terus melakukan pengeboran yang penting bagi keberlangsungan produksi migas dari wilayah kerja Mahakam,” ucap Agus.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Regional Kalimantan Chalid Said Salim mengungkapkan temuan gas dari sumur eksplorasi ini merupakan salah satu pencapaian dari strategi perusahaan dalam meningkatkan cadangan dan mempertahankan produksi migas melalui kegiatan pengeboran eksplorasi dan eksploitasi.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

BI Akui Pertumbuhan Kredit Perbankan Masih Loyo
apahabar.com

Ekbis

Juli 2020, Perputaran Uang di Bandara AP II Capai Rp1,9 Triliun
apahabar.com

Ekbis

Sumpah Pemuda: Transformasi Digital, Telkomsel Andalkan Generasi Muda
apahabar.com

Ekbis

Pembahasan Revitalisasi Pasar Sudimampir Masih Panjang
apahabar.com

Ekbis

Daftar Harga BBM Sepanjang Maret 2020
apahabar.com

Ekbis

Pagi Ini, Harga Emas Naik 9,4 Dolar AS
apahabar.com

Ekbis

Fakta-Fakta di Balik Rencana Penurunan Tarif Pesawat
apahabar.com

Ekbis

Jokowi Senang Implementasi B30 Hemat Devisa 4,8 Miliar Dolar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com