4 Universitas Walk Out, Munas BEM SI di Kalsel Pilih Koordinator Baru Bukan Laka Tunggal! Penyebab Pikap Tabrak Pohon Berujung Maut di Gambut Krisis Air Bersih di Kota Sungai, Ombudsman Panggil PDAM Bandarmasih Kisruh Wali Kota Vs Eks Direktur PDAM Bandarmasih, Sukro: Segerakan Penyertaan Modal! Banjir Mengancam, Jembatan-Jembatan Bertanda Silang di Banjarmasin Mau Diapakan?

Tahun Ini, Indonesia Akan Manfaatkan 166 Juta Ton Batu Bara Domestik

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memproyeksikan angka pemanfaatan batu bara domestik di Indonesia mencapai 166 juta ton untuk tahun ini.
- Apahabar.com     Rabu, 26 Januari 2022 - 18:01 WITA

Tahun Ini, Indonesia Akan Manfaatkan 166 Juta Ton Batu Bara Domestik

Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (14/1/2022). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan target produksi batu bara 2022 mencapai 663 juta ton yang diperuntukkan untuk konsumsi domestik/domestik market obligation (DMO) sebesar 165,7 juta ton sedangkan sisanya 497,2 juta ton akan mengisi pasar ekspor. Foto-Antara/Nova Wahyudi/wsj

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memproyeksikan angka pemanfaatan batu bara domestik di Indonesia mencapai 166 juta ton untuk tahun ini.

Pemanfaatan batu bara ini meningkat 33 juta ton dibandingkan tahun lalu sebesar 133 juta ton.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan sebanyak 166 juta ton batu bara itu memperhatikan pasokan dalam negeri yang sebagian besar dipakai untuk menggerakkan pembangkit listrik.

“Batu bara yang diproduksi sebagian besar dikonversi menjadi tenaga listrik. Selain itu, juga digunakan dalam industri maupun rumah tangga,” ujarnya dalam forum Indonesia Economic Outlook 2022 yang digelar Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Jakarta, Rabu (26/1) dilansir Antara.

Ego menyampaikan bahwa pemanfaatan batu bara juga harus memperhatikan isu lingkungan, seperti tingginya emisi karbon yang berdampak bagi lingkungan jika tidak dilakukan kaidah pertambangan yang baik. Pemanfaatan batu bara akan berkurang pemakaiannya di pembangkit listrik tenaga uap.

Pemerintah lantas mendorong terjadinya hilirisasi batu bara karena potensi batu bara yang dimiliki Indonesia masih sangat besar. Proyek hilirisasi batu bara salah satunya melalui pengembangan dimetil eter sebagai substitusi elpiji, sehingga dapat mengurangi impor.

Selain itu, pemerintah juga telah menyusun rencana menonaktifkan PLTU batu bara baik milik PLN maupun non PLN berdasarkan kontrak maksimal 30 tahun yang akan digantikan oleh pembangkit listrik energi baru terbarukan. Program ini bertujuan agar Indonesia mampu mencapai target netralitas karbon pada 2060.

“Kapasitas PLTU akan bertambah sampai tahun 2026 dengan masuknya PLTU dari program 35.000 megawatt dan setelah itu akan mengalami penurunan mulai tahun 2031,” kata Ego.

Peningkatan kapasitas pembangkit dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan ketersediaan akses listrik untuk seluruh masyarakat, menjaga pasokan listrik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, dan memenuhi kebutuhan energi, transportasi berbasis listrik.

Pada 2021, realisasi kapasitas terpasang pembangkit nasional telah mencapai 74 gigawatt. Pemerintah menargetkan kapasitas terpasang dapat mencapai 76 gigawatt untuk tahun ini.

“Pembangkit listrik masih didominasi oleh pembangkit fosil yang berpotensi menghasilkan emisi karbon, sedangkan pembangkit energi baru terbarukan pemanfaatannya masih relatif kecil,” ujar.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tambang Ilegal

Tak Berkategori

Banyak Tambang Ilegal, Gubernur Kaltim: Saya Nggak Mau Ikut Campur!
Tatap Muka

Tak Berkategori

Rencana Pembelajaran Tatap Muka di Balangan Mulai Dibahas
apahabar.com

Tak Berkategori

Wabup HSS Syamsuri Arsyad Buka Perkemahan Pramuka Penggalang 2019
apahabar.com

Tak Berkategori

Gelar Salat Hajat, Mitra TNI-POLRI Harapkan Pemilu Damai

Tak Berkategori

Mangkir Saat Mediasi Ganti Rugi Lahan HSS, PT SAM Berikan Keterangan
apahabar.com

Tak Berkategori

CJH Batola Dilarang Selfie Bareng Unta

Tak Berkategori

Meadow Menikah, Vin Diesel Gantikan Mendiang Paul Walker di Pelaminan
apahabar.com

Tak Berkategori

Indonesia Berhasil Selesaikan Survei Seismik Terpanjang di Asia Pasifik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com