Persiba Balikpapan Gasak PSIM Yogyakarta 2-0 Tarif Air Bersih Naik, Dewan Kotabaru Minta Pelayanan PDAM Ikut Membaik Indomaret Izin Masuk Barabai Bukan Pepesan Kosong Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8 Triliun, ASN Banjarmasin Sabar Dulu… Ratusan Anggota Polda Kalsel Naik Pangkat, Irjen Rikwanto Beri Wanti-wanti

Dorong Smart City, Pemkab Berencana Bikin Aplikasi JendelaTapin

- Apahabar.com     Minggu, 27 Februari 2022 - 12:17 WITA

Dorong Smart City, Pemkab Berencana Bikin Aplikasi JendelaTapin

Bupati Tapin, HM Arifin Arpan, menyerahkan plakat ketika membuka workshop smart city di Hotel Grand Rohan Yogyakarta. Foto: Humas Pemkab Tapin

apahabar.com, RANTAU – Pemkab Tapin terus mendorong realisasi menjadi smart city. Salah satunya melalui workshop ke Bantul di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Alasan pemilihan Bantul disebabkan kabupaten ini mendapatkan predikat terbaik dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Tidak tanggung-tanggung, workshop itu langsung diikuti Bupati Tapin, HM Arifin Arpan, bersama kepala satuan kerja terkait.

“Kota Pintar merupakan kawasan yang mampu menggunakan SDM, modal sosial dan infrastruktur telekomunikasi modern untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas kehidupan yang tinggi,” papar Bupati.

“Mengingat Bantul meraih predikat sangat memuaskan dalam penerapan SPBE, kami pun ingin mengetahui lebih jauh tentang tata cara dan mekanisme pemenuhan atas indikator penilaian tersebut,” imbuhnya.

Hasil dari studi tiru itu adalah rencana Pemkab Tapin membuat aplikasi mirip BantulPedia. Akan diberi nama JendelaTapin, aplikasi ini berfungsi mengintegrasikan atau menggabungkan berbagai macam layanan.

“Semua pelayanan kepada masyarakat juga akan diintegrasikan melalui aplikasi yang diberi nama JendelaTapin” beber Arifin.

Selain pelayanan publik, SPBE juga bermanfaat mengatasi kemacetan lalu lintas, distribusi bahan pangan, ketersediaan fasilitas pendidikan dan kesehatan, pengelolaan sampah, dan memberantas pungli.

“Banyak manfaat yang didapatkan pemerintah daerah dan masyarakat Tapin dengan menggunakan pemerintahan berbasis elektronik,” tegas Arifin Arpan.

Terkait realisasi smart city di Bumi Ruhui Rahayu, Arifin Arpan berharap sudah dapat diluncurkan Juli 2022 mendatang.

“Sebagai program pemerintah yang bernilai paling tinggi, diusahakan smart city di Tapin sudah dapat diluncurkan Juli 2022 mendatang,” tandas Arifin Arpan.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab Tapin

DAK Baru Terpakai 6 Persen, Bupati Tapin Desak Komitmen SKPD

Pemkab Tapin

Panen Hadiah Simpedes, Bupati Tapin Harap BRI Terus Menjadi Mitra Pemda

Pemkab Tapin

Panen Cabai Hiyung, Pertanian Tapin Dapat Bantuan Miliaran Rupiah dari Paman Birin
Pemkab Tapin

Pemkab Tapin

Momen Kemerdekaan Pemkab Tapin: Gelar Syukuran hingga Doa Berharap Pandemi Berakhir

Pemkab Tapin

Pemkab Tapin Tetapkan Purna Paskibraka Menjadi Duta Pancasila

Pemkab Tapin

Bahas Potensi dan Masalah Petani, Wamentan Dorong Tapin Bentuk Perusda Pangan
Putra-putri Tapin

Pemkab Tapin

Bintara Putra-putri Tapin Dilatih Drill, Bupati: Semoga Tidak Mengecawakan

Pemkab Tapin

Bupati Tapin Apresiasi Perusahan Tambang Bangun Underpass
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com