Resmi Dibuka, Menko Airlangga Sebut GIIAS Jadi Kesuksesan Banyaknya Kendaraan Listrik Launching OPOP di Kalsel, Wapres Ma’ruf Ingin Produk Pesantren Go Internasional Kalsel Waspada Potensi Hujan Disertai Kilat Dianggap Lebih Berbahaya dari Narkoba, Ini 3 Manfaat Lain dari Kratom Menkop-UKM Teten Masduki Dorong Kratom dapat Terus Diproduksi di Indonesia
agustus

Perang Rusia-Ukraina Bikin Harta Crazy Rich Dunia Menyusut

- Apahabar.com     Sabtu, 26 Februari 2022 - 17:32 WITA

Perang Rusia-Ukraina Bikin Harta Crazy Rich Dunia Menyusut

Roman Abramovich. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Serangan yang dilancarkan Rusia terhadap negara tetangganya, Ukraina, telah membuat pasar di seluruh dunia menjadi tidak stabil.

Tercatat puluhan miliar dolar telah menguap dari kekayaan para elit miliarder Rusia saat pasar saham negara itu dan mata uang rubel terjun bebas. Ini terjadi setelah Presiden Vladimir Putin meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina, Kamis (24/2/2022).

Menurut perhitungan Forbes, sekitar 116 orang miliarder Rusia telah kehilangan hampir US$ 90 miliar atau sekitar Rp 1.291 triliun (asumsi Rp 14.350/US$) sejak 16 Februari. Dari jumlah itu, sekitar US$ 39 miliar (Rp 559 triliun) hilang sejak, setelah indeks Moex Rusia ditutup turun 33% dan rubel jatuh ke rekor terendah terhadap dolar.

Ancaman sanksi ekonomi dari banyak negara, seperti Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Uni Eropa juga dapat memukul lebih jauh kekayaan para orang terkaya Rusia.

Berikut 11 orang terkaya di Rusia yang kehilangan hartanya pasca serangan Putin ke Ukraina, dikutip dari Forbes:

1. Vagit Alekperov

Mantan pekerja rig laut minyak Kaspia dan mantan menteri perminyakan Soviet adalah ketua perusahaan minyak independen terbesar Rusia, Lukoil. Kekayaannya turun sebesar US$ 3,8 miliar atau 15,4%.

2. Alexey Mordashov

Pemegang saham mayoritas di perusahaan baja Severstal, yang sudah jalankan selama 19 tahun sebagai CEO. Kekayaannya turun sebesar US$ 3,3 miliar atau 11,3%.

3. Sulaiman Kerimov

Seorang ekonom ternama, Kerimov berkarir dengan berinvestasi di perusahaan-perusahaan yang tertekan di Rusia. Sebagian besar kekayaannya sekarang berasal dari sahamnya di produsen emas terbesar Rusia, Polyus. Kekayaannya turun sebesar US$ 2,6 miliar atau 18,2%.

4. Vladimir Lisin

Ketua NLMK Group, produsen produk baja terkemuka. Kekayaan turun sebesar 8,3% atau sekitar US$ 2,5 miliar.

5. Oleg Tinkov

Pendiri bank Rusia, Tinkoff, dijatuhi hukuman tahun lalu karena mengajukan pengembalian pajak palsu dan setuju untuk membayar lebih dari setengah miliar kepada pemerintah AS. Kekayaannya turun sebesar US$ 2 miliar atau 52,2%, melebihi setengah kekayaannya saat itu.

6. Vladimir Potanina

Disebut sebagai rekan dekat presiden Rusia oleh Departemen Keuangan AS pada 2018, sebagian besar kekayaan Ptanina disimpan di raksasa pertambangan Norilsk Nickel. Kekayaannya turun sebesar US$ 1,9 miliar atau sekitar 7%.

7. Leonid Mikhelson

Pemegang saham utama produsen gas Novatek. Kekayaan turun sebesar US$ 1,7 miliar atau sekitar 6,4%.

8. Gennady Timchenko

Timchenko terkena sanksi pada hari Selasa setelah Putin mengerahkan pasukan ke dua wilayah di Ukraina timur. Kekayaan turun sebesar US$ 1,7 miliar atau sekitar 7,2%.

9. Leonid Fedun

Mantan pria militer yang berubah menjadi jagoan keuangan adalah tangan kanan Alekperov di Lukoil. Kekayaannya turun US$ 1,2 miliar atau 12,8%.

10. Mikhail Shelkov

Mantan kepala divisi investasi Rostec milik negara, yang mengendalikan kontraktor militer di Rusia, sekarang mendapatkan sebagian besar kekayaannya dari sahamnya di VSMPO-AVISMA, produsen titanium terbesar di dunia untuk industri kedirgantaraan. Kekayaan turun US$ 1,1 miliar atau 24,6%.

11. Roman Abramovich

Anggota parlemen oposisi Inggris menuntut penyitaan aset Abramovich termasuk klub sepak bola Chelsea. Kekayaannya turun US$ 1 miliar.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

PLN Perkuat Keandalan Listrik di Tengah Tingginya Pertumbuhan Ekonomi Kalsel
npwp

News

Urusan Pajak Dipermudah, NIK Jadi Pengganti NPWP
Perang

News

Dewan Keamanan PBB Bahas Isu Penggunaan Senjata Kimia di Ukraina
Ridwan Kamil

News

Tak Hanya China, RI Juga Libas Ekonomi AS

News

Waduh! Belasan Miliar Dana Investasi Bodong Mengalir ke Klub Liga 1
cuaca

News

Cuaca Hari Ini, Hulu Sungai hingga Kotabaru Siap-Siap Payung

Nasional

Datangi Bareskrim, Irjen Ferdy Sambo Bilang Ini Soal Kematian Brigadir J
merdeka campaign mitsubishi

News

Rayakan HUT ke-77 RI, Mitsubishi Beri Promo Diskon Rawat Kendaraan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com