Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri Kementerian Investasi Kantongi 700 Pengaduan Keberatan IUP yang Dicabut   Jawa Barat dan Sumatera Selatan Kurangi Impor Melalui Barter Komoditas UMKM
agustus

Ratusan Pengungsi Gempa Pasaman Barat Mulai Dirundung Penyakit

- Apahabar.com     Minggu, 27 Februari 2022 - 15:47 WITA

Ratusan Pengungsi Gempa Pasaman Barat Mulai Dirundung Penyakit

Situasi tenda pengungsian korban gempa bumi di Pasaman Barat. Foto: CNN

apahabar.com, SIMPANG EMPAT – Ratusan warga yang menjadi pengungsi gempa di Pasaman Barat, Sumatera Barat, mulai dirundung berbagai penyakit.

Terutama di tenda pengungsian yang ditempatkan di halaman Kantor Bupati Pasaman Barat, sedikitnya 501 pengungsi mengeluhkan sakit.

Seperti dilansir Antara, Minggu (27/2), berbagai keluhan yang disampaikan oleh pengungsi seperti demam, batuk, pilek, penyakit kulit, hingga hipertensi.

Medis menengarai faktor ketersediaan air minum, serta pola makan yang tidak teratur, menjadi penyebab penyakit tersebut.

“Layanan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat terhadap penyakit yang dikeluhkan,” jelas Dian Leonita, dokter di Posko Kesehatan Dinas Kesehatan Pasaman Barat.

Selain penyakit yang mulai berdatangan, sejumlah pengungsi korban bencana gempa mengeluhkan belum menerima bantuan pakaian dan selimut sejak hari pertama mengungsi.

“Di dalam tenda terdapat sekitar 184 orang. Kalau makan sudah dapat, tapi selimut saya belum,” jelas Iser, salah seorang pengungsi dari Jorong Timbo Abu seperti dilansir CNN.

Akibat kekurangan pakaian ganti dan selimut, beberapa pengungsi yang mengeluhkan kedinginan. Padahal permintaan agar memperoleh selimut sudah disampaikan.

“Kami belum ganti baju sejak pertama mengungsi,” imbuh Noli Karmina yang mengungsi bersama empat orang anak, salah seorang di antaranya disabilitas.

Gempa telah merusak setidaknya 1.000 rumah di Pasaman Barat. Warga terdampak telah disediakan posko untuk memenuhi kebutuhan darurat seperti tempat istirahat dan dapur umum.

Pemerintah setempat menjanjikan merekonstruksi rumah yang rusak. Rusak ringan akan ditanggung Pemkab Pasaman, rusak sedang oleh Pemprov Sumbar, dan rusak berat ditangani Kementerian.

Sejak Kemarin, Pasaman Barat Diguncang 52 Gempa

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

THR

News

Asyik! Kemnaker Pastikan Surat Edaran THR Terbit Minggu Depan
Pendiri ACT Ahyudin

News

Lagi, Penyidik Polri Periksa Dua Petinggi ACT Hari Ini

News

Terjerat OTT KPK, Harta Bupati Bogor Ade Yasin Capai Rp4 Miliar
Kedaluwarsa

News

Hari Ini! 1 Juta Vaksin Covid-19 di Indonesia Kedaluwarsa
Bendungan IKN

News

Catat, Aturan Baru Pengadaan Barang & Jasa di IKN Prioritaskan UMK Kalimantan
Harga Semua Jenis Rokok Naik

News

Siap-Siap Rokok Batangan Bakal Dilarang, Simak Penjelasan BPOM!

News

Catat, Cadangan Devisa Indonesia Akhir Februari Setara 7,5 Bulan Impor
BI

News

BI Segera Tingkatkan Batas Saldo Uang Elektronik Jadi Rp20 Juta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com