Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri Kementerian Investasi Kantongi 700 Pengaduan Keberatan IUP yang Dicabut   Jawa Barat dan Sumatera Selatan Kurangi Impor Melalui Barter Komoditas UMKM
agustus

Sambut IKN, Bupati Tala Bidik Potensi Budidaya Papuyu

Sambut IKN Nusantara di Kaltim, Pemkab Tanah Laut bidik potensi budidaya ikan papuyu guna meningkatkan ekonomi masyarakat.
- Apahabar.com     Jumat, 25 Februari 2022 - 16:00 WITA

Sambut IKN, Bupati Tala Bidik Potensi Budidaya Papuyu

Bupati Tala Sukamta tebar bibit ikan usai menerima sebanyak 20 ribu benih ikan papuyu dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT), Jumat (25/2). Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta tidak henti-hentinya mengajak seluruh lapisan masyarakat agar terus bersiap menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kaltim.

Meski secara jarak terbilang jauh, namun satu hal pasti yang dapat dipersiapkan masyarakat Tala dengan kehadiran IKN ini yakni pengelolaan sumber daya.

Salah satu di antaranya adalah budidaya ikan air tawar. Hal itu Ia sampaikan usai menerima sebanyak 20 ribu benih ikan batok atau papuyu dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin pada pembukaan kegiatan pembukaan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Padang Kecamatan Bati Bati, Jumat (25/2/2022).

“Populasi ikan-ikan lokal di perairan umum mengalami penurunan, seiring semakin banyak masyarakat hobi memancing. Kita berharap benih seperti ini tidak di lepas di perairan umum, tapi dibudidayakan. Apalagi sekarang budidaya ikan sudah semakin mudah,” ujar Sukamta.

Ia menuturkan bahwa adanya IKN Nusantara di Kaltim berdampak pada kepindahan jutaan penduduk terutama pegawai pusat.

Tentu hal ini perlu respons bagi mereka yang siap untuk memenuhi kebutuhan penduduk yang pindah.

Menurut Sukamta, jika budidaya ikan tawar ini dikelola dengan baik, tentu Tala akan menjadi daerah yang siap menyuplai kebutuhan penduduk IKN dan akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat Tala.

“Sekitar 1,5 juta pegawai pusat nantinya akan pindah ke IKN. Mereka yang pindah tentu butuh makan. Kitalah yang akan menyediakan kebutuhan mereka. Jadi kepada kepala desa, mari budidayakan ikan lokal kita. Bila siap panen, kita kirim ke IKN,” harapnya.

Kepala BPBAT Mandiangin, Evalawati usai menyerahkan secara simbolis benih ikan, turut menyampaikan dukungan demi kemajuan masyarakat perikanan khususnya di Kabupaten Tala.

“Bantuan ini sebagai bentuk dukungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terhadap ketahanan pangan dan pelestarian sumber daya perikanan, khususnya di Tala,”katanya.

BPBAT Mandiangin akan terus bersinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Tala untuk mengembangkan kegiatan budidaya khususnya ikan lokal dengan melakukan pendampingan dan pembinaan langsung kepada pembudidaya.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat menjadi andalan dalam mendukung pemberdayaan Masyarakat Tala.

Usai penutupan kegiatan pembukaan MTP, Bupati Tala didampingi Kepala DKPP Tala dan Kepala Desa Padang serta Kepala BPBAT Mandiangin menuju lokasi pembudidayaan untuk melepas sebanyak 20 ribu benih ikan papuyu.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Bupati Tala HM Sukamta

Pemkab Tanah Laut

Tala Gandeng Kadin Sebagai Mitra Songsong IKN Nusantara

Pemkab Tanah Laut

Bupati Tala: Sumber Daya Alam Tidak Bisa Terus Diandalkan
Kunker DPRD HST ke Diskominfo Tala

Pemkab Tanah Laut

Batola Sudah, Giliran DPRD HST Kaji SPBE Berbasis Elektronik ke Tala
Lomba Desa Kelurahan di Tala

Pemkab Tanah Laut

Sumber Mulia Juara Pertama Lomba Desa di Tala

Pemkab Tanah Laut

Hore! Tanah Laut Akan Sulap Lapangan Hasan Basri Jadi Sport Center Berkonsep RTH
Vaksinasi Covid-19 di Lokasi Wisata Tanah Laut

Pemkab Tanah Laut

Cegah Penularan, Pengunjung Dua Wisata Tanah Laut Divaksin Covid-19
Politala

Pemkab Tanah Laut

Diresmikan Dirjen Kemendikbud Ristek, Politala Memiliki Dua Gedung Baru
Akseptor KB Tala

Pemkab Tanah Laut

Enam Akseptor KB Tala Terima Program Tali Asih
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com