Kronologis Laka Maut di Kandangan Hingga Pemotor Tewas Terlindas Truk Adik Maliki Jadi Saksi, Tegaskan Duit Fee Diminta Abdul Wahid Siap-Siap, Distribusi Air Bersih PT AM Bandarmasih Setop 6 Jam Jalani Sidang Perdana, Suami ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin Didakwa Pasal Penipuan & Penadahan Lanjutan Sidang ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin, Terdakwa Ngaku Jual Slot Fiktif

24 Orang Masih Bertahan, 99 WNI Telah Dievakuasi Keluar Ukraina

Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi mengatakan bahwa sebanyak 99 warga negara Indonesia (WNI) telah dievakuasi keluar dari Ukraina dan 24.
- Apahabar.com     Selasa, 1 Maret 2022 - 23:41 WITA

24 Orang Masih Bertahan, 99 WNI Telah Dievakuasi Keluar Ukraina

WNI berhasil dievakuasi dari Lviv, Ukraina menuju Rzeszow, Polandia. Foto: Dok. Kemlu

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi mengatakan bahwa sebanyak 99 warga negara Indonesia (WNI) telah dievakuasi keluar dari Ukraina dan 24 orang lainnya memilih bertahan dengan alasan keluarga.

Evakuasi itu melalui berbagai proses yang telah berjalan dalam beberapa gelombang.

“Jumlah total yang telah berada di luar Ukraina adalah 99 WNI dan WNA yang merupakan keluarga dari WNI kita. [Sebanyak] 99 WNI sudah keluar dari Ukraina, sekali lagi, termasuk 5 WNI yang melakukan evakuasi mandiri,” kata Menlu Retno Marsudi dalam pengarahan pers yang dipantau dari Jakarta, Selasa (1/2) dilansir Antara.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu Retno menjelaskan bahwa sebanyak 25 WNI yang dievakuasi melalui Odessa sudah tiba di Bukares, Rumania pada 27 Februari pukul 16.30 waktu setempat.

Semua merupakan perempuan dan satu orang anak berumur sekitar 12 tahun.

Tim evakuasi menempuh perjalanan dari Tulcea, di perbatasan Rumania dan Moldova pada Sabtu pukul 6 pagi waktu setempat dan tiba kembali di Bukares pada 27 Februari.

Semua WNI berada dalam keadaan baik, kecuali satu orang yang positif Covid-19 dan sudah berada dalam penanganan.

Sementara itu, sebanyak enam orang WNI dan satu orang WNA yang merupakan anggota keluarga salah satu WNI telah berhasil dievakuasi dari Lviv menuju Rzeszow, Polandia.

Keenam WNI tersebut terdiri dari dua orang perempuan dewasa, tiga anak-anak dan satu bayi.

Kemudian, terdapat empat orang WNI yang terdiri dari dua pria dan dua anak, serta dua WNA yang merupakan pasangan dari para WNI, yang dijemput oleh tim KBRI Warsawa dari Mc D Ternopil, Lviv, Ukraina menuju Polandia dengan jarak tempuh 150 kilometer.

Adapun rombongan evakuasi terbesar melibatkan 59 WNI dan satu orang WNA yang dievakuasi dari Kiev ke wilayah Moldova dan sedang dalam perjalanan menuju Rumania.

“Evakuasi dari Kiev ini sebelumnya direncanakan dilakukan tanggal 27 Februari 2022 yaitu melewati kota Lviv menuju Polandia. Namun, karena adanya kebijakan curfew dan beberapa tantangan infrastruktur jalan yang diakibatkan peperangan maka evakuasi terpaksa harus ditata ulang kembali,” kata Menlu Retno yang mengatakan dirinya terlibat langsung dalam penataan ulang jalur aman untuk evacuee dari Kiev.

Saat ini, seluruh WNI telah berada di dua titik aman, yakni di Bukarest, Rumania dan Rzeszow, Polandia.

Masih terdapat empat orang WNI di Kharkiv dan sembilan orang di Chernihiv di sebelah utara Ukraina. Menlu mengatakan bahwa mereka belum dapat dievakuasi mengingat pertempuran darat masih terus terjadi.

“KBRI Kiev dan KBRI Moskow terus melakukan kontak dengan mereka. Informasi yang kami terima mereka dalam kondisi sehat dan memiliki pasokan logistik yang cukup,” kata Menlu Retno.

Menurutnya, saat ini pemerintah masih terus menunggu saat yang tepat untuk dapat mengevakuasi mereka.

Selain itu, terdapat 24 orang WNI yang memilih untuk tetap tinggal di Ukraina karena alasan keluarga, mengingat mereka menikah dengan WN Ukraina.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Youtuber

News

Usut Kasus Binomo, Bareskrim Siap Periksa Pacar Indra Kenz
Air terjun lembah kahung

News

Istimewanya Geopark Meratus, Peneliti: Tempat Belajar Sejarah Bumi
Wisata

News

Liburan Nyepi, Goa Lowo Kotabaru Diserbu Ratusan Wisatawan
Marvellous Esports

News

Ramadan, Marvellous Esports Buka Puasa Bersama Anak Yatim
BUMN

News

Erick Thohir Pastikan Seluruh Hotel BUMN Gunakan Produk UMKM
Ukraina

News

Rusia Klaim Kuasai Jalur Pemasok Air Utama di Ukraina
Tilang Elektronik Banjarmasin

News

ETLE Berlaku di Banjarmasin, Dua Mobil Terobos Marka Merah

News

Di Depan Elite PDI Perjuangan, Cak Nun Sebut Presiden Sekarang Belum Tepat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com