Geger! Jasad Pria Mengapung di A Yani Km 11 Kertak Hanyar Sempat Padam, Sistem Kelistrikan Kalselteng Kembali Pulih Tampil Perdana, Munthe FC Kotabaru Puas Jadi Runner-Up Belum Sejam, Polres HSS Ciduk 3 Terduga Pengedar Sabu Sebagian Kalsel Alami Pemadaman Aliran Listrik, Ternyata Ini Penyebabnya

Biden: AS Tidak Takut Perang Nuklir

- Apahabar.com     Selasa, 1 Maret 2022 - 08:25 WITA

Biden: AS Tidak Takut Perang Nuklir

Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Foto-AFP.

apahabar.com, JAKARTA – Ditanya soal ancaman terjadinya perang nuklir di dunia, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan AS tidak takut ancaman itu.

Biden merespons pertanyaan dari salah satu wartawan pada konferensi pers di Gedung Putih, Washington, apakah rakyat AS takut dengan kemungkinan perang nuklir. Ia dengan tegas menjawab “tidak”.

Rusia sendiri menempatkan penangkal nuklir dalam siaga tinggi di tengah rentetan pembalasan Barat atas invasi Rusia ke Ukraina.

Juru Bicara Gedung Putih, Jen Psaki, mengatakan pada hari sebelumnya bahwa AS tak melihat alasan untuk mengubah tingkat siaga nuklirnya saat ini.

“Kami terus mempelajari arahan Presiden (Vladimir) Putin, kami tak melihat alasan untuk mengubah tingkat kewaspadaan kami,” kata Psaki, seperti dilansir CNN Indonesia yang mengutip Reuters.

Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya menyatakan menempatkan nuklir dan armada Utara serta Pasifik dalam siaga penuh untuk meningkatkan kekuatan tempur. Berita Interfax memperkuat kabar itu sesuai dengan perintah Putin pada hari sebelumnya.

Psaki mengatakan AS dan 30 anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara tak ada keinginan untuk konflik dengan Rusia.

“Retorika provokatif tentang senjata nuklir amat berbahaya, menambah risiko kesalahan perhitungan dan harus dihindari. Kami tak ingin memanjangkan (persoalan),” tutur Psaki.

Biden memanggil sekutu dan mitra AS pada Senin (28/2) setelah seorang pejabat AS mengatakan perang nuklir tak boleh dilakukan.

Para pemimpin negara dari Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Polandia, Rumania, dan Inggris bersama Kepala NATO serta pejabat Uni Eropa hadir dalam undangan Biden.

Pejabat Gedung Putih mengatakan kepada Reuters bahwa Rusia da AS telah lama sepakat bahwa penggunaan senjata nuklir membawa kehancuran besar.

“Tak ada yang menang dengan perang nuklir dan tak boleh dilakukan,” katanya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hipmi

News

Jelang Ramadan, Hipmi Tanah Bumbu Bakal Gelar Pasar Murah
Bang Rifqi

News

INAGA Kalsel Bangga Bang Rifqi Jabat Ketua Dewan Pembina
Mudik

News

Menpan-RB Pastikan ASN Boleh Mudik Lebaran 2022
Stunting

News

Mengintip Angka Stunting di Kalsel, Tak Ada Daerah Berstatus Biru

News

Usai Ditinggal Rusia, Ukraina Autopsi Ribuan Mayat di Kyiv
Cuaca Banjarmasin

News

Jelang Ramadan, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Kalsel
Haji 2022

News

Hari Ini, Ribuan Calon Haji Tanah Air Mulai Bergeser dari Madinah ke Mekkah
Intelkam

News

Intelkam Polda Kalsel Diskusi Kamtibmas di Lingkungan Nelayan HSS
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com