Siap-Siap, Distribusi Air Bersih PT AM Bandarmasih Setop 6 Jam Jalani Sidang Perdana, Suami ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin Didakwa Pasal Penipuan & Penadahan Lanjutan Sidang ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin, Terdakwa Ngaku Jual Slot Fiktif Kebakaran di Tabalong, Satu Ruko dan Rumah Hangus Dilalap Api Siapa yang Bakal Mengisi Pasar Baru Batuah? Prototipe Era Presiden Jokowi, Tak Murni APBN

Buka Isolasi Batola dan HSU, Jalan Tembus Paminggir-Kuripan Segera Direalisasi

- Apahabar.com     Rabu, 30 Maret 2022 - 23:40 WITA

Buka Isolasi Batola dan HSU, Jalan Tembus Paminggir-Kuripan Segera Direalisasi

Ketua DPRD Kalimantan Selatan, H Supian HK, ketika meninjau lokasi jalan yang akan menghubungkan Paminggir dan Kuripan. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Sekian lama terisolasi, warga Kecamatan Paminggir di Hulu Sungai Utara (HSU) bisa terhubung via darat ke Kecamatan Kuripan di Barito Kuala (Batola).

Rencana koneksi antar kecamatan dalam provinsi tersebut berpeluang segera terealisasi, setelah Ketua DPRD Kalimantan Selatan, Supian HK, meninjau lokasi di Paminggir bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Selasa (29/3).

Seandainya jalan darat terealisasi, warga Paminggir atau tepatnya Desa Paminggir Seberang, tak lagi harus menggunakan transportasi air ke Desa Tabatan Baru di Kuripan.

Lebih jauh lagi, akses ke Tabatan Baru membuat warga Paminggir memangkas durasi perjalanan darat ke Banjarmasin menjadi 2 sampai 3 jam.

Sementara dengan kondisi sekarang, warga Paminggir Seberang harus memutar dulu ke Kecamatan Danau Panggang, sebelum mencapai Banjarmasin atau kota sekitarnya. Imbasnya waktu tempuh bisa mencapai 4 hingga 5 jam.

Sedianya jalan di Paminggir Seberang sudah dibangun, tetapi belum terhubung hingga ke Tabatan Baru.

“Proyek jalan yang direncanakan hanya sepanjang sekitar 900 meter dan lebar 8 meter,” papar Supian HK.

“Melalui jalan penghubung ini, masyarakat HSU bisa langsung menuju kota-kota seperti Marabahan, Rantau, hingga Banjarmasin dan sebaliknya,” imbuhnya.

Jalan di atas rawa itu terlebih dulu akan disiring, kemudian disesuaikan dengan hasil survei teknis yang dilakukan Dinas PMD Kalsel.

“Kami sudah mendatangi lokasi di Paminggir bersama Ketua DPRD Kalsel untuk menindaklanjuti rencana pembangunan jalan yang menghubungkan HSU dan Batola,” sahut Faried Fakhmansyah, Kepala Dinas PMD Kalsel.

“Tentu jalan penghubung antar kabupaten ini bukan hanya mengurangi jarak tempuh, tetapi juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,” tandasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Asyik Mabuk-Mabukan di Malam Ramadan, Belasan Remaja Banjarbaru Diciduk Polisi

Hot Borneo

Warga Tanah Bumbu Ditipu Mantan Polisi, Kerugian Ratusan Juta
Polres Banjarbaru

Hot Borneo

Ribut-Ribut Kupon Solar SPBU Banjarbaru, Benarkah Oknum Ikut ‘Bermain’?
Satresnarkoba Polresta Banjarmasin

Hot Borneo

Satresnarkoba Polresta Banjarmasin Musnahkan 8 Kilogram Lebih Sabu
SPBUN Tabanio

Hot Borneo

Respon Aspirasi Nelayan Tabanio, Ketua DPRD Tanah Laut Cek SPBUN
Khilafatul Muslimin Tapin

Hot Borneo

Heboh Khilafatul Muslimin di Tapin, Jangan Mudah Terprovokasi
petani tanam padi

Hot Borneo

Serang 3 Kabupaten Kalsel, Hama Tungro Rusak Ratusan Hektare Padi
PDAM

Hot Borneo

PDAM Ngadat, Balita di Banbar Kena Penyakit Kulit Gegara Mandi Air Comberan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com