Padang Ilalang Disulap Jadi Wisata Bunga di Batu Benawa HST Satu Korban LCT Tenggelam di Tanah Laut Ditemukan, Identitas Belum Diketahui Jelang Wukuf, Kesehatan Jemaah Haji Kalsel Terus Dikontrol Temui Zelenskyy dan Putin, Jokowi Bawa Misi Penting Negara Berkembang Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres

Bupati HSS Sampaikan LKPj Kepala Daerah Akhir TA 2021

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Akhir TA 2021...
- Apahabar.com     Kamis, 24 Maret 2022 - 17:17 WITA

Bupati HSS Sampaikan LKPj Kepala Daerah Akhir TA 2021

Rapat paripurna DPRD HSS penyampaian LKPj Kepala Daerah Akhir tahun anggaran (TA) 2021. Foto: Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Akhir TA 2021 dalam rapat paripurna DPRD setempat.

Disampaikan Bupati Fikry, LKPj ini adalah kewajiban Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS selaku pihak eksekutif sebagai bentuk dari tranparansi kinerja yang telah dilaksanakan.

“Saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota dewan yang selama ini selalu menjadi mitra yang baik,” kata Bupati Fikry.

Terjalinnya hubungan antara Pemkab dan DPRD HSS membuat pelaksanaan tugas yang terkadang ada masalah dan hambatan semua akhirnya dapat diatasi.

Banyak capaian keberhasilan pembangunan yang telah diperoleh diantaranya indeks pembangunan manusia (IPM) HSS mengalami pertumbuhan sebesar 0,52 persen, angka harapan hidup mengalami peningkatan menjadi 66,12 persen pada 2021 yang mana tahun 2020 sebesar 65,97 persen.

Angka rata-rata lama sekolah di HSS juga mengalami peningkatan dari 2020 sebesar 7.75 menjadi 7.76 pada 2021, ditambah selama tahun 2021 juga terjadi penurunan ketimpangan pendapatan (Gini Ratio) dengan presentase 8,33 persen.

Perkembangan investasi tahun 2021 juga meningkat sebesar 10,61 persen, ketersediaan pangan mencapai 141.692 ton untuk memenuhi kebutuhan pangan sebanyak 23.474 jiwa dengan presentasi ketersediaan sebesar 603,61 persen.

“Perkembangan kelompok usaha mikro sebanyak 551 yang kemudian berkembang menjadi wirausaha mandiri sebanyak 441,” lanjut Bupati Fikry.

Sedangkan jumlah penduduk miskin mengalami penurunan dengan presentasi 6,38 persen, tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan sebesar 8,93 persen, serta laju pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan yang signifikan yakni sebesar 4,18 persen.

“Penghargaan tingkat nasional dan provinsi yang diperoleh Pemkab HSS yakni penghargaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia untuk PPD terbaik tahun 2021,” ujar Bupati HSS.

Selanjutnya penghargaan Kementerian Dalam Negeri untuk 10 besar kabupaten terinovatif di Indonesia pada Innovative Government Award 2021, penghargaan Kementerian Pertanian Republik Indonesia sebagai kabupaten terbaik kategori penetapan lahan pertanian pangan berkelanjutan dengan dana APBN 2021.

Penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia untuk kabupaten layak anak peringkat Madya, penghargaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia untuk role model pelayanan publik dengan kategori sangat baik.

Penghargaan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia untuk Pemerintah Kabupaten yang berpartisipasi aktif dalam melaksanakan pembinaan program kampung iklim, serta penghargaan Gubernur Kalsel dengan kategori sangat baik dalam upaya pencegahan perkawinan anak.

Setelah pemaparan, Bupati HSS menyerahkan buku LKPj kepada Ketua DPRD HSS Akhmad Fahmi yang didampingi Wakil Ketua I Rodi Maulidi dan Wakil Ketua II Muhammad Kusasi.

Bupati HSS

Bupati HSS Achmad Fikry setelah rapat paripurna DPRD. Foto-apahabar.com/Nuha

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tak Berkategori

Tiga Hari di Luar Angkasa, Empat Turis SpaceX Mendarat di Bumi
apahabar.com

Tak Berkategori

Jemaah Haul Guru Sekumpul Padati Posko Makan Gratis
Narkoba

Tak Berkategori

Hebat, Polsek Banjarmasin Utara Berhasil Gagalkan Peredaran 1,3 Kg Sabu
Kasi Intel Kejari Balangan, Raj Boby Caesar Fardenias dan Kasi Pidsus Kejari Balangan, Arif Subekti bersama staf saat memberikan keterangan. Foto-istimewa

Tak Berkategori

Kejari Balangan Terus Selidiki Dugaan Korupsi Pengadaan Hewan Ternak di DKP3 Balangan
Longsor

Tak Berkategori

Longsor, Jalan Nanga Pinoh-Sintang Masih Tak Bisa Dilalui

Tak Berkategori

Eks Lokalisasi KM 17 Aktif Lagi, DPR Sebut Pemkot Balikpapan Lalai Pengawasan
Bjb

Tak Berkategori

Mau Penghasilan Tambahan? Yuk Gabung Jadi Agen Bjb BiSA Laku Pandai

Tak Berkategori

Blakblakan Pertamina Soal Biang Kekosongan Pertamax Cs di Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com