Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam [ANALISIS] Tembok Retak RS Sultan Suriansyah Tuai Sorotan Aturan Baru Berlaku, Penumpang di Syamsudin Noor Masih Stagnan  Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik

Cerita Gadis IKN Nusantara Lulus Seleksi ULM Banjarmasin: Terinspirasi Pandemi

Saking ketatnya, satu siswa harus menyisihkan lima temannya agar dapat masuk ke ULM.
- Apahabar.com     Selasa, 29 Maret 2022 - 22:27 WITA

Cerita Gadis IKN Nusantara Lulus Seleksi ULM Banjarmasin: Terinspirasi Pandemi

Hayati Alkamalia (18) satu dari ribuan siswa yang lolos seleksi masuk ULM. Foto: Dok.pribadi

apahabar.com, BANJARMASIN – Tak menyangka. Itulah yang ada di benak Fitrya Hayati Alkamalia (18) saat ini. Ia menjadi satu dari ribuan anak muda yang mengadu nasib di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Gadis asal Kota Bangun, Kutai Kartanegara –salah satu kawasan bakal ibu kota negara (IKN) Nusantara– ini berhasil diterima di Fakultas Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

“Saya kemarin sudah mengira tidak lulus. Bahkan tak berharap besar akan lulus,” ucapnya blak-blakan kepada apahabar.com, Selasa (29/3).

Fitrya sebelumnya ikut SNMPTN hasil dari rekomendasi sekolah asalnya di Madrasah Aliyah (MA) Pangeran Antasari Martapura.

Saat itu, sekolah melampirkan nilai rapor serta piagam penghargaan Fitrya kala juara 1 Kompetisi Sains Madrasah Olimpiade Kimia.

Lantas, apa motivasi Fitrya memilih bidang Kesmas?

“Jujur, sebenarnya pengen bukan ke Kesmas. Tapi karena terinspirasi dari masa pandemi ini, melihat tenaga kesehatan sebagai garda terdepan. Sebab, kakak saya juga lulusan Kesmas,” jelasnya.

Sampai sekarang, dirinya masih menunggu informasi lebih lanjut terkait pendaftaran ulang.

Di samping itu, Fitrya juga sambil melakukan sedikit persiapan. “Seperti melengkapi persyaratan, cari-cari info beasiswa atau info-info cara sistem pembelajaran,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof Mochamad Ashari resmi mengumumkan sebanyak 120.643 siswa yang dinyatakan lolos SNMPTN 2022 dari total 612.049 peserta.

“Keketatannya sangat tinggi. Tahun lalu, ada 593.667 pendaftar saja, kini naik mencapai 600.000 sekian,” ujarnya saat konferensi pers pengumuman hasil seleksi jalur SNMPTN tahun 2022, secara virtual, Selasa (29/3)

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dikti Ristek), Nizam mengucapkan selamat untuk siswa yang telah diterima di jalur SNMPTN 2022.

Menurutnya, persaingan jalur SNMPTN 2022 cukup ketat, sehingga siswa harus menggunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya.

“Rata-rata keketatan 1 banding lima, jadi 1 siswa harus menyisihkan lima temannya, sehingga jangan sia-siakan pengorbanan teman-teman yang lain,” sarannya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kadin Kalsel

Hot Borneo

Kagetnya Warga Banjarmasin Harga Migor Nyaris Rp 50 Ribu, Pemkot: Wajar!

Hot Borneo

Dugaan Korupsi Bank Pemerintah di Marabahan Batola, Kejati Kalsel Periksa Sejumlah Saksi
Marvellous Esports

News

Ramadan, Marvellous Esports Buka Puasa Bersama Anak Yatim
Sopir Truk Banjarmasin

Hot Borneo

Tegas! Puluhan Sopir Truk Kalsel Mogok Massal
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf. Foto-Istimewa

News

Gus Yahya Ingin NU Tangani Langsung Masalah di Palestina
Korupsi

News

Babak Baru Mega Korupsi Abdul Wahid, Jaksa KPK Limpahkan Berkas Perkara ke Tipikor Banjarmasin
PSTW Budi Sejahtera Kalsel

Hot Borneo

PSTW Budi Sejahtera Kalsel Segera Fasilitasi Layanan Penitipan Lansia Berbayar

Hot Borneo

Dua Kali Vonis Bebas, Pelaku Kasus Ujaran Kebencian di Kotabaru Kalsel Kembali Ditahan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com