Terbantahkan, Terdakwa Pastikan Mardani H Maming Tak Terima Dana Gratifikasi Izin Tambang Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir

Fantastis! Freeport Bakal Setor Ribuan Triliun ke Negara

- Apahabar.com     Selasa, 22 Maret 2022 - 19:50 WITA

Fantastis! Freeport Bakal Setor Ribuan Triliun ke Negara

Eks kegiatan tambang Freeport.Foto-Suara Merdeka

apahabar.com, JAKARTA – PT Freeport Indonesia (PTFI) berkomitmen untuk memaksimalkan kontribusi dari hasil pertambangannya terhadap penerimaan negara.

Perusahaan tambang emas yang 51% sahamnya dimiliki oleh negara melalui BUMN ini diperkirakan akan memberikan kontribusi ke Indonesia sampai Rp 1.000-an triliun hingga tahun 2041 mendatang.

Presiden Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan sejak 1992 atau sejak Kontrak Karya generasi kedua hingga tahun 2021 lalu, tercatat Freeport Indonesia sudah berkontribusi secara langsung terhadap Indonesia mencapai US$ 23 miliar atau sekitar Rp 330,18 triliun.

“Kami bisa berkontribusi lagi sebesar US$ 80 miliar lebih dari Rp 1.000 triliun sampai dengan 2041,” kata dia dilansir dari CNBC Indonesia, Selasa (22/3). Adapun kontribusi tersebut dalam bentuk pajak royalti dan lainnya.

Tak hanya kontribusi, Tony Wenas juga menyatakan bahwa Freeport Indonesia akan menumbuh kembangkan kegiatan masyarakat. Contohnya, Freeport Indonesia sudah membelanjakan duit senilai Rp 1 triliun untuk program pengembangan masyarkarat. Termasuk untuk pendidikan, kesehatan, ekonomi, ekonomi desa, dan infrastruktur.

Seperti diketahui, PTFI saat ini juga tengah fokus menyelesaikan pembangunan proyek smelter tembaga baru dan precious metal refinery atau pengolahan logam berharga mulai emas dan perak.

Nantinya, kata Tony Freeport Indonesia akan memproses seluruh konsentrat yang berjumlah sekitar 3 juta ton per tahun ini di dalam negeri, baik tembaga, emas, dan perak yang akan dimurnikan di dalam negeri.

“Diharapkan dengan di bangunnya smelter tembaga baru yang di Gresik dan yang sudah ada satu lagi juga di Gresik sebagian adalah PT Smelting yang sudah beroperasi lebih dari 20 tahun diharapkan industri hilirnya yang gunakan tembaga dan emas itu bisa lebih tumbuh di dalam negeri,” jelasnya.

Adapun, menurut Tony, berdasarkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) untuk kegiatan eksplorasi hanya akan berlangsung hingga 2041. Sehingga eksplorasi yang dilakukan Freeport Indonesia saat ini sampai dengan 2041 tersebut adalah hanya untuk eksplorasi detail untuk menambang jumlah cadangan yang dimiliki sekarang.

 

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Covid-19

News

Hari Ini 285 Orang di Indonesia Sembuh dari Covid-19
Pertalite

News

Komentar Pertamina! Pertalite Mulai Kosong di Sejumlah SPBU
Rusia

News

Rusia Tegaskan Tidak akan Tunduk Meski Disanksi Barat
hujan ikan

News

Fenomena Hujan Ikan di Honduras, Begini Penjelasan Ilmiahnya
Mudik

News

Arus Balik Macet Parah, Kapolri Minta Kantor WFH
Stunting

News

Mengintip Angka Stunting di Kalsel, Tak Ada Daerah Berstatus Biru
ASN

News

PNS Wajib Ikut Sensus Penduduk
E-TLE Banjarmasin

News

Polda Kalsel Kepepet Duit E-TLE, Kapolda: Ini Bukan Hanya Soal Penertiban
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com