Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres Tahanan Tewas Banjarmasin, IPW Desak Pertanggungjawaban Dua Tingkat Buntut Tahanan Tewas, Anggota Polresta Banjarmasin Diperiksa! Siap-Siap! Beli Migor Curah di Banjarmasin Pakai PeduliLindungi Kuras Sumur, Semburan Gas yang Muncul di Manggar Balikpapan

Habar PUPR: Kompetensi Jasa Konstruksi Bangunan Kalsel Jadi Atensi

- Apahabar.com     Selasa, 29 Maret 2022 - 00:14 WITA

Habar PUPR: Kompetensi Jasa Konstruksi Bangunan Kalsel Jadi Atensi

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel mengadakan Bimbingan Teknis Bagunan Gedung dengan tema Pekerjaan Konstruksi Pemancangan di Banjarbaru, Selasa (29/3/2022). Foto Humas Dinas PUPR

apahabar.com, BANJARBARU – Guna mewujudkan SDM unggul, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel terus berupaya meningkatkan kompetensi praktisi jasa konstruksi bangunan gedung.

“Jadi kami berikan mereka pengetahuan melalui bimbingan teknis (Bimtek) untuk meningkatkan kompetensi para praktisi jasa konstruksi pada bidang bangunan gedung khususnya untuk proyek pekerjaan konstruksi pemancangan,” kata Plt Kepala Seksi Pembinaan Teknis Penyehatan Lingkungan Air Minum dan Bangunan, Ryan Tirta Nugraha pada kegiatan Bimbingan Teknis bangunan gedung dengan tema Pekerjaan Konstruksi Pemancangan di Banjarbaru, Selasa (29/3).

Ryan mengatakan Bimtek Bangunan Gedung, merupakan salah satu perwujudan Pemerintah Provinsi dalam melakukan pembinaan terhadap tenaga kerja konstruksi baik pengguna maupun penyedia jasa konstruksi agar lebih profesional dalam keikutsertaan penyelenggaraan bangunan gedung yang meliputi perencanaan teknis dan pelaksanaan konstruksi, kegiatan pemanfaatan, pelestarian, dan pembongkaran bangunan gedung.

Oleh karena itu, hal tersebut sejalan dengan Undang-Undang Nomor 28 tahun 2002 tentang bangunan gedung. Di mana tenaga kerja konstruksi wajib meningkatkan kompetensi dalam pembangunan infrastruktur khususnya teknik pemancangan.

“Karena kegiatan pembangunan infrastruktur di Provinsi Kalsel banyak menggunakan metode pemancangan. Sehingga bangunan gedung agar layak fungsi struktur utama harus dengan tiang pancang dan juga karena daerah kita tanah rawa,” ungkapnya.

Selain itu, ia menerangkan Dinas PUPR Kalsel pada tahun ini memiliki tiga proyek dengan metode teknik pemancangan yang akan dikerjakan yaitu proyek pembangunan gedung Dinas Sosial, pengembangan Stadion 17 Mei, dan tahap lelang adalah pembangunan tugu 0 Km.

Ia berharap melalui Bimtek ini para peserta praktisi memahami dan meningkatkan pengetahuan di bidang teknik pemancangan. Begitu juga dari ASN diharapkan bisa melakukan monitoring.

“Sehingga kompetensi di bidang konstruksi terus meningkat,” pungkasnya.

Kegiatan Bimtek ini dihadiri 50 peserta dari praktisi di bidang jasa konstruksi, dan Dinas PUPR Kabupaten/Kota se-Kalsel serta Narasumber dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Kalsel dan Anggota DPP INTAKINDO Kalsel.

Editor: Tim Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabarcom

Dinas PUPR Kalsel

Ganti LED, Banjarmasin Hemat Ratusan Juta
Kalsel

Dinas PUPR Kalsel

Uniknya Masjid Bambu Kiram Milik Pemprov Kalsel

Dinas PUPR Kalsel

Kementerian PUPR Pastikan Pembangunan Waduk Riam Kiwa Kalsel
apahabar.com

Dinas PUPR Kalsel

Proyek Tol Banjarbaru-Batulicin Dilanjutkan, Diprediksi Rampung Akhir Tahun
Dinas PUPR Kalsel

Dinas PUPR Kalsel

Dinas PUPR Kalsel Kolaborasi Tingkatkan Cakupan Air Minum
Dinas PUPR Kalsel

Dinas PUPR Kalsel

Melihat Wajah Baru Kompleks Makam Sultan Suriansyah

Dinas PUPR Kalsel

Dinas PUPR Kalsel: Distribusi SPAM Banjarbakula Bakal Bertambah
Jembatan Alalak

Dinas PUPR Kalsel

Istimewanya Jembatan Alalak, Sudah Sekelas di Mumbai dan Manila
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com