Siap-Siap, Distribusi Air Bersih PT AM Bandarmasih Setop 6 Jam Jalani Sidang Perdana, Suami ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin Didakwa Pasal Penipuan & Penadahan Lanjutan Sidang ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin, Terdakwa Ngaku Jual Slot Fiktif Kebakaran di Tabalong, Satu Ruko dan Rumah Hangus Dilalap Api Siapa yang Bakal Mengisi Pasar Baru Batuah? Prototipe Era Presiden Jokowi, Tak Murni APBN

Hadiri Pekan Panutan Pajak, Bupati Tala Berharap Wajib Pajak Patuh

Bupati Tala HM Sukamta mengatakan pajak menyumbang setidaknya 81 persen dari seluruh penerimaan negara pada APBN tahun 2022.
- Apahabar.com     Selasa, 15 Maret 2022 - 22:07 WITA

Hadiri Pekan Panutan Pajak, Bupati Tala Berharap Wajib Pajak Patuh

Bupati Tala HM Sukamta pada pekan panutan pajak, Selasa (15/3). Foto-Istimewa.

apahabar.com, PELAIHARI – Bupati Tanah Laut (Tala) H M Sukamta mengatakan pajak menyumbang setidaknya 81 persen dari seluruh penerimaan negara pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2022.

“Pajak yang dibayarkan oleh rakyat kepada negara merupakan hal yang penting, kita tahu dan sadar banyak manfaat dari penggunaan pajak diantaranya pembangunan sarana umum, infrastruktur, biaya pendidikan, biaya kesehatan dan lainnya,” kata Sukamta, saat menghadiri Pekan Panutan Pelaporan SPT Tahunan tahun 2021 di Gedung Sarantang Saruntung Pelaihari, Selasa (15/3/2022).

Menurut Bupati, bahwa kolaborasi antara Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Banjarbaru dan Pemerintah Kabupaten Tala perlu ditingkatkan agar potensi-potensi pajak di daerah bisa dilaksanakan secara maksimal.

Kendati demikian ia juga merasa bersyukur selama masa pandemi Covid-19 target pajak di Tala sudah bisa dipenuhi.

“Meskipun di tengah pandemi Covid-19 ternyata target bayar pajak kita sudah melampaui yang ditargetkan, ini menandakan bahwa kebijakan yang kita ambil saat pandemi Covid-19 dalam mendorong ekonomi sudah berjalan dengan benar, tentu ini akan kita kembangkan secara terus-menerus,” papar Sukamta.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Banjarbaru Hery Sumartono menyampaikan bahwa kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Banjarbaru yang wilayah kerjanya meliputi Kabupaten Tala, Kabupaten Banjar, dan Kota Banjarbaru selama tahun 2021 kemarin sangat menggembirakan.

Kepatuhan ini terdiri dari kepatuhan pembayaran dan kepatuhan pelaporan SPT Tahunan. Dimana kepatuhan pembayaran berhasil mengumpulkan penerimaan sebesar Rp 1,465 milyar atau 104,52 persen dari target yang diberikan.

Sedangkan untuk kepatuhan pelaporan SPT tahunan, jumlah Wajib Pajak yang melaporkan SPT sebanyak 54.315 atau 101,57% dari target kepatuhan yang ditetapkan.

“Ini patut kita syukuri karena di tengah situasi pandemi yang belum menentu, kita bisa melampaui target penerimaan. Tentunya kita berharap untuk tahun ini kepatuhan akan lebih meningkat lagi,” kata Hery Sumartono.

Selanjutnya ia menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal Pajak sejak tanggal 1 Januari sampai dengan 30 Juni 2022 menyelenggarakan Program Pengungkapan Sukarela (PPS).

Program ini memberikan kesempatan kepada wajib pajak untuk mengungkapkan kewajiban perpajakan yang belum dipenuhi, secara sukarela, dengan membayar pajak penghasilan berdasarkan pengungkapan harta yang belum dilaporkan.

Kesempatan ini terbuka untuk semua wajib pajak orang pribadi dan juga wajib pajak badan peserta Tax Amnesty.

“Banyak manfaat yang diperoleh wajib pajak peserta PPS diantaranya, terbebas dari sanksi administratif, tidak diterbitkan ketetapan untuk tahun pajak 2016 – 2020, dan perlindungan data, bahwa data harta yang diungkapkan tidak dapat dijadikan sebagai dasar penyelidikan, penyidikan, dan/atau penuntutan pidana terhadap wajib pajak,” lanjut Hery Sumartono.

Satu rangkaian dengan acara hari ini, KPP Pratama Banjarbaru membuka meja pelayanan konsultasi untuk pelaporan SPT bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut.

Selain itu KPP Pratama Banjarbaru juga memberikan beberapa penghargaan terhadap instansi di wilayah cakupannya. Diantaranya kategori Instansi Pemerintah Pusat terpatuh pelaporan SPT menggunakan e-bupot tahun 2021 yang diterima oleh Politeknik Negeri Tala, Rumah Tahanan Negara Pelaihari, dan Kantor Badan Pertanahan Nasional Tala.

Kategori Instansi Pemerintah Daerah pelaporan SPT menggunakan e-bupot tahun 2021 yang diterima oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tala, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tala, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tala.

Kategori Instansi Pemerintah Daerah dengan pembayaran kewajiban perpajakan terbesar tahun 2021 diterima oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Tala, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (Dpuprp) Tala dan Dinas Kesehatan Tanah Laut.

Pemkab Tala Jamin Kesehatan Masyarakat Pascavaksinasi Covid-19

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Omicron

Pemkab Tanah Laut

Omicron Mengancam, Bupati Minta Seluruh Kecamatan Percepatan Vaksinasi Lengkap
Bupati Tala HM Sukamta

Pemkab Tanah Laut

Pemkab Tala Jamin Kesehatan Masyarakat Pascavaksinasi Covid-19
Bupati Tala Sukamta Sertifikasi Halal

Pemkab Tanah Laut

IKM Tala Kantongi Jaminan Produk Halal dari Pemerintah
Bupati Tala HM Sukamta

Pemkab Tanah Laut

Rencana Bupati Tanah Laut Cegah Banjir Saat Musim Hujan

Pemkab Tanah Laut

Calon Penyangga Pangan IKN Baru, Sukamta: Produktivitas Masyarakat Tala Harus Ditingkatkan
Lomba Berburu Hama Babi Hutan

Pemkab Tanah Laut

Ratusan Peserta Ikuti Lomba Berburu Hama Babi Hutan di Tala
Pabrik Karet Tala

Pemkab Tanah Laut

Pemerintah Pusat Respons Rencana Tala Bangun Pabrik Karet
Politala

Pemkab Tanah Laut

Diresmikan Dirjen Kemendikbud Ristek, Politala Memiliki Dua Gedung Baru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com