Innalillahi.. Avanza Vs Strada di Batulicin Tewaskan Pejabat BPBD Terbongkarnya Aksi Cabul Ayah Muda Banjarmasin, Berawal dari Perceraian Duh, Ayah Muda Banjarmasin Tega Cabuli Anak Kandung Heboh, Ibu di Balikpapan Tega Kurung Tiga Anak Kandungnya dalam Kamar Diguyur Hujan Lagi, Warga Kotabaru Diminta Tetap Waspada Banjir

HORE! DPR Usul Perpanjangan SIM & Penerbitan SKCK Gratis

Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman mengusulkan perpanjangan Surat Izin Mengemudi dan penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
- Apahabar.com     Rabu, 30 Maret 2022 - 12:13 WITA

HORE! DPR Usul Perpanjangan SIM & Penerbitan SKCK Gratis

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM). Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman mengusulkan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) gratis.

Opsi ini disampaikan Habiburokhman kepada Kakorlantas Irjen Firman serta Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Mabes Polri, Komjen Ahmad Dofiri dalam rapat dengar pendapat Komisi III.

“Saya minta, ini lebih sharing, karena kebijakannya bukan ada di bapak. Soal pungutan terkait perpanjangan SIM, terutama SIM motor. Karena ini dasarnya kan di PP 76 tahun 2020, tapi kalau saya melihat untuk pembuatan SIM masih masuk akal, tapi kalau untuk perpanjangan SIM, kita masih pungut dari masyarakat apalagi kendaraan bermotor, saya pikir agak kurang pas. Karena SIM ini sebagian masyarakat yang susah cari kerja sana sini digunakan untuk mencari nafkah untuk dia ojol, biasa mengantar paket dan lain sebagainya. Modalnya hanya kemampuan berkendara,” ucap Habiburokhman dikutip dari siaran Komisi III DPR RI Channel, Rabu (30/3).

“Jadi saya pikir bapak ini bukan BUMN, bukan perusahaan, tidak pada tempatnya kalau kita beri target tinggi-tinggian cari keuntungan, apalagi keuntungan dari rakyat yang kecil begitu,” katanya.

Ia mengatakan untuk SIM sepeda motor lebih banyak dimanfaatkan oleh rakyat sebagai salah satu syarat mencari nafkah, apalagi di tengah pandemi lebih baik digratiskan saat perpanjangan SIM.

“Kalau nomor cantik saya sepakat (dipungut pajak), apalagi STNK pajak kendaraan kita sepakat. Tapi SIM apalagi motor kalau bisa gratis pak,” jelasnya.

“Kalau nggak bisa gratis minimal murah. Kalau saya lihat tadi dari angka cukup besar yang untuk perpanjangan SIM itu. Begitu juga pak Kabalintelkam soal SKCK, itu kan modal orang cari nafkah buat hidup. Kok kayak kita, negara dealing dengan masyarakat mencari keuntungan, padahal orang baru mau cari nafkah,” lanjutnya.

“Atau bikin skemanya, ngambilnya dari orang yang mengajukan SKCK tapi dari perusahaannya,” tambahnya.

Usulan itu didukung Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir.

Namun, ide tersebut lebih tepat diusulkan melalui perbaikan regulasi yang dibahas Komisi V, sebab Korlantas dan Baintelkam merupakan penyelenggara.

“Saya setuju itu terkait dengan gratis SIM. Tapi kita harus ubah regulasinya yang akan sedang dibahas di Komisi V,” kata Adies Kadir.

Dikutip dari Antara, Rabu (30/3), usulan itu usai Kakorlantas Irjen Firman Santyabudi memaparkan bahwa target pencapaian PNBP pada 2022 dari perpanjangan SIM mencapai Rp 654.354.680.000.
Angka tersebut meningkat dari pencapaian PNBP dari perpanjangan SIM pada tahun sebelumnya, yang mencapai 614.107.140.000.

Soal perpanjangan SIM gratis, Korlantas menunggu kebijakan lebih lanjut dari pemerintah.
“Ke depannya apakah ini akan digratiskan? kami masih menunggu keputusan pemerintah,” ungkap Firman.

Editor: Muhammad Robby - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Razia

News

Razia Lagi, Berikut Temuan Petugas Lapas Banjarmasin di Kamar Hunian Warga Binaan

News

Mudik Mengemudi Sendiri? Cegah Kantuk dengan Hindari Karbohidrat Tinggi
Pembunuh Trikora Banjarbaru

News

Blak-blakan Pembunuh Brutal Trikora Banjarbaru: Kesal Ditantang “Besodokan” dalam Sarung
Sindikat Gelap Narkoba HSS

News

Bongkar Sindikat Gelap Narkoba, Kurir dan Pengedar Diringkus Polisi HSS
Selingkuh

News

Main Serong, Sederet Sanksi Berat Menanti Oknum Polisi Tala   
Tersetrum

News

Perbaiki Parabola di Atap Rumah, Tragis! Pasutri Asal Paringin Mati Tersetrum
Sosper

DPRD Kalsel

Masyarakat Kalsel Harus Tahu Hak Layanan Kesehatan
Menteri Yaqut

Hot Borneo

Buka Konbes ke-25 GP Ansor di Kalsel, Menag: Berkhidmat Bagi Negeri Walau Ada Pandemi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com