Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri Kementerian Investasi Kantongi 700 Pengaduan Keberatan IUP yang Dicabut   Jawa Barat dan Sumatera Selatan Kurangi Impor Melalui Barter Komoditas UMKM
agustus

HUT Damkar ke 103, DPKP Banjar Dapat Kado Gedung Baru

HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan ke 103 secara virtual di Mahligai Sultan Adam Martapura, Kabupaten Banjar, Selasa ( 1/3).
- Apahabar.com     Selasa, 1 Maret 2022 - 14:00 WITA

HUT Damkar ke 103, DPKP Banjar Dapat Kado Gedung Baru

Pemkab Banjar mengikuti apel upacara HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan ke 103 secara virtual di Mahligai Sultan Adam Martapura, Selasa ( 1/3). Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Pemkab Banjar mengikuti apel upacara HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan ke 103 secara virtual di Mahligai Sultan Adam Martapura, Selasa ( 1/3).

Pelaksanaan HUT Damkar dan Penyelamatan ini dipimpin Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Makasar, dihadiri Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal ZA.

Bupati Banjar yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, H Masruri mengatakan sinergitas antara Dinas Damkar dan Penyelamatan Banjar dengan masyarakat selama ini terjalin sudah cukup baik.

“Peran relawan juga sangat membantu, selalu sigap dan tanggap dalam menangani peristiwa kebakaran dan penyelamatan di lingkungan masyarakat,” ujar Masruri.

Masruri juga bilang, guna mendukung kinerja Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Pemkab Banjar dalam waktu dekat akan memberikan fasilitas gedung kantor yang baru. Tentu saja ini jadi kado manis DPKP Banjar di HUT Damkar ke-103.

Untuk diketahui, sejarah Damkar awalnya sejak zaman Hindia Belanda yang dikenal dengan nama Branwir, berasal dari bahasa Belanda pada tahun 1873.

Di mana kala itu terjadi kebakaran besar di Kramat – Kwitang, dan residen saat itu (sekarang Gubernur DKI Jakarta) mengeluarkan peraturan atau reglemet pada tahun 1915 dengan nama Reglement op de Brandweer in de Afdeeling stad Vorsteden van Batavia.

Aturan itu membahas pembentukan satuan pemadam kebakaran khusus di Batavia, yang kini menjadi Dinas Pemadam Kebakaran di Provinsi DKI Jakarta.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Satpol PP Banjar Perda Ramadan

Pemkab Banjar

Kasatpol PP Banjar Ingatkan Perda Ramadan Masih Berlaku, Simak Aturannya
Bupati Banjar Saidi Mansyur

Pemkab Banjar

Bupati Banjar Minta Target Stunting 14 Persen di 2024 Tercapai
Dana Stimulan Korban Banjir

Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Salurkan Dana Stimulan Perbaikan Rumah Rusak Korban Banjir 2021
Bupati Banjar H Saidi Mansyur menerima 83 sertifikat tanah aset daerah. Foto: Istimewa

Pemkab Banjar

83 Sertifikat Tanah Aset Pemkab Banjar Diserahkan

Pemkab Banjar

Lebih Cepat, Pemindahan Makam di Sekumpul Selesai 3 Hari
Operasi Pasar Murah Banjar

Pemkab Banjar

Minyak Goreng Langka, Pemkab Banjar Gelar Operasi Pasar Murah
Pemkab Banjar

Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Minta 10 Ribu Kouta Pelatihan Pengembangan SDM
Pemkab Banjar

Pemkab Banjar

Imunisasi Campak dan Rubela, Pemkab Banjar Bidik 130.065 Anak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com