Kejati Telaah Permintaan PUPR Kalsel Kawal 40 Proyek Strategis Pilih Ketua, IDI Kalsel Siap Gelar Muswil 2022 di Kotabaru Sengketa Alabio: Pemkab Melawan, Pedagang Mengadu ke PTUN hingga KASN! Skandal Korupsi Hewan Balangan: Genap 100 Saksi Diperiksa Geger Jasad Pria Tertelungkup di Pantai Melawai Balikpapan

Indonesia Masuk Endemi Covid-19 3 Bulan Lagi? Kemenkes: Persyaratan Masih Dibahas

Sejauh ini, Indonesia masih terus mempersiapkan berbagai hal dalam fase menuju endemi COVID-19. Termasuk dalam
- Apahabar.com     Senin, 21 Maret 2022 - 18:05 WITA

Indonesia Masuk Endemi Covid-19 3 Bulan Lagi? Kemenkes: Persyaratan Masih Dibahas

Indonesia menuju endemi Covid-19. Foto-Detik.com

apahabar.com, JAKARTA – Sejauh ini, Indonesia masih terus mempersiapkan berbagai hal dalam fase menuju endemi COVID-19. Termasuk dalam hal memenuhi berbagai indikator yang ditentukan.

Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban pun sempat menyebutkan bahwa ia berharap bahwa Indonesia bisa memasuki fase endemi dalam tiga bulan ke depan.

“Kita dalam perjalanan ke sana. Sabar sedikit. Mungkin pas bulan puasa atau kita harapkan paling lambat 3 bulan dari sekarang kita mulai masuk endemi,” ujar Zubairi dalam acara Pembukaan Monumen Pengabdian Dokter Indonesia di Kantor PB IDI Jakarta.

Terkait hal tersebut, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan bahwa persyaratan untuk Indonesia menuju endemi masih terus dibahas.

“Persyaratannya masih terus dibahas dengan para pakar ya terutama ahli epidemiologi. Masih terus didiskusikan dan dimonitor perkembangannya,” ujar Nadia, kutip Liputan6.com, Senin (21/3/2022).

Nadia menjelaskan bahwa pemerintah tidak mau terburu-buru untuk menyatakan Indonesia dalam kondisi endemi. Mengingat hal tersebut membutuhkan persiapan yang matang.

“Pemerintah tidak terburu buru untuk menyatakan kita dalam kondisi endemi, perlu persiapan baik dari sisi masyarakat maupun dari sisi fasilitas kesehatan termasuk membangun sistem surveilans yang aktif,” kata Nadia.

Banyak daerah belum Level 1

Terlebih, Nadia menjelaskan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk Indonesia dapat dinyatakan masuk dalam masa endemi. Seperti capaian vaksinasi dan level PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang ada dalam tiap daerah.

“Setidaknya capaian vaksinasi kita 70 persen dari populasi dan PPKM pada level 1 transmisi komunitas dan CFR (case fatality rate) kurang dari 3 persen dalam kurun waktu tertentu,” ujar Nadia.

“Saat ini kasus kita masih tinggi ya dan masih banyak yang level PPKM bukan level 1,” tambahnya.

Terkait syarat berapa banyak daerah yang harus dinyatakan Level 1 untuk Indonesia dapat dinyatakan aman dan siap masuk endemi, Nadia menuturkan bahwa hal tersebut juga masih didiskusikan dengan para epidemiolog.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Jokowi

News

Bersua CEOs AS, Presiden Jokowi Ingin Kerja Sama Konkret

News

Korut Tuding AS Biang Kerok Serangan Rusia ke Ukraina
Kotabaru

News

Lestari, Ribuan Bibit Sepatudea Ditanam di Desa Karang Payau Kotabaru
Pertalite

News

Terungkap! Ini Biang Kerok yang Bikin Harga Pertamax RI Naik
Ahli hukum tata negara dari Themis Indonesia, Feri Amsari. Foto-Istimewa

News

Pakar Hukum: TNI/Polri Aktif Dilarang Jadi Penjabat Kepala Daerah

News

Pantau Vaksinasi di Kotabaru, Kapolda Kalsel Juga Bagikan Sembako

News

Tampar Presenter Oscar 2022 di Panggung, Will Smith Trending Topic Dunia
China Eastern Airlines Jatuh

News

China Eastern Airlines Jatuh, KBRI Beijing dan KJRI Guangzhou Pantau Data Korban
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com