Kronologis Laka Maut di Kandangan Hingga Pemotor Tewas Terlindas Truk Adik Maliki Jadi Saksi, Tegaskan Duit Fee Diminta Abdul Wahid Siap-Siap, Distribusi Air Bersih PT AM Bandarmasih Setop 6 Jam Jalani Sidang Perdana, Suami ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin Didakwa Pasal Penipuan & Penadahan Lanjutan Sidang ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin, Terdakwa Ngaku Jual Slot Fiktif

Jokowi Ingatkan Harga-harga Akan Melonjak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan harga-harga komoditas energi hingga pangan akan terus melonjak. Saat ini
- Apahabar.com     Senin, 14 Maret 2022 - 11:34 WITA

Jokowi Ingatkan Harga-harga Akan Melonjak

Presiden Joko Widodo. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan harga-harga komoditas energi hingga pangan akan terus melonjak. Saat ini, harga minyak dunia saja sudah naik dua kali lipat.

“Harga minyak dunia naik dua kali lipat, belum gas, belum lagi kelangkaan pangan, yang menyebabkan harga-harga juga akan melonjak,” kata Jokowi dalam Pengarahan kepada Gubernur se-Indonesia di Hotel Novotel Balikpapan, Senin (14/3).

Dalam kesempatan tersebut bersama para gubernur dari seluruh Indonesia, Jokowi menyinggung kenaikan harga pangan dan energi karena beberapa alasan.

“Dunia pada situasi tidak mudah, baik karena disrupsi kronis akibat revolusi industri 4.0 ditambah lagi kekacauan karena pandemi, ditambah lagi urusan yang namanya perang,” ucap Jokowi, kutip CNNIndonesia.com.

Oleh sebab itu, Jokowi memerintahkan seluruh kepala daerah untuk mengubah berbagai pos belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk menyesuaikan dengan kondisi sekarang.

“Dalam penganggaran di APBD bapak atau ibu ubah semuanya tidak seperti pada waktu yang normal dulu, jangan business as usual. APBD harus bisa kita create disesuaikan, kuncinya cuma satu kecepatan kita untuk menyesuaikan,” ujarnya.

Di lain sisi, Jokowi turut menjelaskan rencana besar pemerintah pusat dalam rangka pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Nusantara. Ia menegaskan pemindahan ibu kota bukan berarti meninggalkan Jakarta, melainkan menciptakan pemerataan agar tidak terjadi ketimpangan ekonomi dan infrastruktur.

Jokowi mengklaim pembangunan IKN Nusantara akan membuat Indonesia memiliki kota dengan standar internasional serta fasilitas kelas dunia.

“Kita ingin memiliki kota yang internasional, rumah sakit internasional, perguruan tinggi internasional, sebelumnya tidak boleh, karena omnibus law sekarang boleh, bapak atau ibu Gubernur kalau mau tarik investasi dari luar boleh, silakan,” pungkas Jokowi.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Lebaran

News

Tradisi Berbagi ‘Duit Hanyar’ Warga Kotabaru di Momen Lebaran

News

Duh, Suami di Tabalong Polisikan Istri Sendiri
Dubes India

News

Akibat Kasus Penistaan Agama, Gubernur Nova Setop Kegiatan Dubes India di Aceh
Arisan Tanah Bumbu

News

DITANGKAP! Wanita Bandar Arisan Bodong di Tanah Bumbu
Polres Banjarbaru

News

Congrats! Polres Banjarbaru Sabet Predikat A Pelayanan Publik 2021
Wisata

News

Liburan Nyepi, Goa Lowo Kotabaru Diserbu Ratusan Wisatawan
Presiden Jokowi

News

Temui Zelenskyy dan Putin, Jokowi Bawa Misi Penting Negara Berkembang
Wisatawan

News

Wisatawan Hilang di Kawah Ijen Asal Bondowoso Ditemukan, Begini Kondisinya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com