Sempat Padam, Sistem Kelistrikan Kalselteng Kembali Pulih Tampil Perdana, Munthe FC Kotabaru Puas Jadi Runner-Up Belum Sejam, Polres HSS Ciduk 3 Terduga Pengedar Sabu Sebagian Kalsel Alami Pemadaman Aliran Listrik, Ternyata Ini Penyebabnya Tak Hadir Rapat, Pansus DPRD Kapuas Nilai Eksekutif Tak Kooperatif!

Jokowi Resmikan Mobil Listrik, PLN Siap Dukung Infrastruktur

PLN berharap dengan masifnya kendaraan listrik maka pengurangan emisi karbon dari sektor transportasi bisa cepat dicapai.
- Apahabar.com     Kamis, 17 Maret 2022 - 16:35 WITA

Jokowi Resmikan Mobil Listrik, PLN Siap Dukung Infrastruktur

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat berbincang dengan Menteri Luhur sesuai peresmian. Foto: PLN untuk apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil listrik pertama di Indonesia. Fasilitas produksi besutan Hyundai Motor ini menjadi pabrik mobil listrik pertama yang hadir di Tanah Air.

Presiden Jokowi mengatakan ke depan kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama negara Indonesia. Melalui peresmian pabrik mobil listrik ini, diharapkan bisa mendorong pengembangan mobil listrik di Indonesia.

“Ini momen yang saya tunggu-tunggu, karena kita ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang berbahan bakar fosil menjadi mobil listrik yang ramah lingkungan” ujar Presiden.

Tak hanya mobil listrik saja, Presiden juga mengatakan Indonesia juga akan memulai pembentukan pabrik battery cell pada tahun ini. Dengan adanya pabrik baterai mobil listrik, maka Indonesia bisa menjadi pemain utama dalam industri dan ekosistem kendaraan listrik.

“Kita punya nikel, cobalt dan bauksit yang semua merupakan komponen utama battery cell dan kendaraan listrik. Ini 2022 jadi momen penting pengembangan baterai litium,” ujar Presiden.

PT PLN (Persero) juga siap mendukung masifnya kendaraan listrik ini. Dengan masifnya kendaraan listrik maka target cabon neutral pada 2060 bisa tercapai.

“Kami PLN tentu saja mendukung penuh dan berperan aktif dalam membangun ekosistem kendaraan listrik. Mulai dari infrastruktur listrik, pasokan hingga membuat ekosistem tersebut,” ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo yang turut hadir bersama Presiden dalam peresmian pabrik mobil listrik di Indonesia.

Darmawan menjelaskan, PLN telah melakukan banyak hal dalam mengurangi emisi karbon di sektor kelistrikan. Mulai dari masifnya pembangunan pembangkit EBT yang tertuang dalam RUPTL juga beberapa program seperti dedieselisasi PLTD, retirement PLTU sampai pada program co-firing di PLTU.

“Kami berharap dengan masifnya kendaraan listrik maka pengurangan emisi di sektor transportasi bisa tercapai. Karena pengurangan emisi tidak hanya dari sektor kelistrikan tetapi juga transportasi,” ujar Darmawan.

Untuk mendukung rencana tersebut, PLN menargetkan ada 24.720 titik stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk kendaraan listrik hingga 2030 mendatang. Saat ini total SPKLU yang ada di Indonesia sebanyak 267 unit di 195 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

PLN juga memberikan bundling insentif bagi para pemilik kendaraan listrik berupa diskon tambah daya dan pemasangan home charging station secara gratis.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

sekda kalteng nuryakin

Hot Borneo

Siap-siap, Pemprov Kalteng Seleksi Tenaga Kontrak

Hot Borneo

Demi Dapat Minyak Goreng Murah, Emak-Emak Gendong Balita di Banjarmasin Serbu Operasi Pasar

Hot Borneo

Satu Jasad ABK Laka Air di Grogot Ditemukan, Pencarian Dilanjutkan Hari Ini

Hot Borneo

Kecele Pasar Murah, Warga Banjarmasin Terpaksa Beli Minyak Goreng di Atas 20 Ribu
Pasar Kapar

Hot Borneo

Jalan di Pasar Kapar Tabalong Macet, Polsek Murung Pudak Atur Arus Lalin

Hot Borneo

Tolak Kenaikan Harga BBM, Puluhan Mahasiswa Geruduk Balai Kota Banjarbaru
Sekumpul

Hot Borneo

Belum Ada Pemberitahuan Sekumpul Martapura Dibuka Kembali  
Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin

Hot Borneo

12 Tahun Menanti, Haru Bahagia Calon Haji Asal Kalsel Jelang Keberangkatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com