Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia

Kalsel Bebas Kawasan Kumuh, Perlu Kolaborasi Multisektor-Multiaktor

- Apahabar.com     Rabu, 30 Maret 2022 - 01:46 WITA

Kalsel Bebas Kawasan Kumuh, Perlu Kolaborasi Multisektor-Multiaktor

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel mengadakan Kick Off Meeting Tahunan Kelompok kerja perumahan, Permukiman, Air Minum dan Sanitasi Tahun 2022 di Banjarbaru, Rabu (30/3). Foto: Pemprov Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel menggelar Kick Off Meeting tahunan kelompok kerja perumahan, permukiman, air minum dan sanitasi Tahun 2022 di Banjarbaru.

Secara garis besar, pertemuan tersebut membahas upaya peningkatan capaian pengembangan kawasan kumuh, peningkatan akses air minum dan akses air limbah.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kalsel, Syaiful Azhari mengatakan pemerintah pusat telah menargetkan pembangunan perumahan dan permukiman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Target tersebut guna mendorong penyediaan perumahan, air minum, dan sanitasi, sesuai mandat UUD 1945 pada Pasal 28 H dan UU 1 Tahun 2011.

Adapun, kata Syaifuk, target yang telah ditetapkan di dalam RPJMN 2020-2024 adalah tersedianya 100% akses air minum layak (termasuk 15% akses air minum aman), 90% akses sanitasi layak (air limbah domestik, termasuk 15% akses aman).

Selanjutnya, 0% rumah tangga yang mempraktikkan Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di tempat terbuka, 100% rumah tangga di perkotaan terlayani pengelolaan sampah, dan 70% rumah tangga menempati rumah layak huni dan terjangkau.

Dalam mencapai target RPJMN 2020-2024 dan SDGs 2030 sektor perumahan, air minum, dan sanitasi, kata Syaiful diperluka kolaborasi multisektor dan multiaktor.

“Yang dapat diwujudkan melalui kelompok kerja (Pokja) bidang perumahan, permukiman, air minum dan sanitasi,” ujar Syaiful, Rabu (30/3).

Oleh karena itu, keberadaan pokja bertujuan memperkuat koordinasi dan menjamin sinergi pembangunan lintas sektor dan pelaku. Baik horizontal maupun vertikal yang berkelanjutan.

“Pokja AMPL Provinsi yang sekarang di gabung menjadi Pokja PKP diharapkan memiliki kecakapan, kemampuan dan keaktifan dalam mengakselerasi berbagai kebijakan yang berkaitan dengan pengembangan pembangunan air minum, sanitasi maupun perumahan dan permukiman,” ujarnya.

Selain itu, keberadaan Pokja di tingkat provinsi sangat strategis sebagai wadah penguatan koordinasi, sinkronisasi, dan kolaborasi antarstakeholder. Terutama dalam membina dan memfasilitasi pemerintah kabupaten/kota.

“Oleh karena itu, diperlukan kesamaan visi dan tujuan lintas sektor maupun mitra dan swasta dalam mengawal pembangunan di daerah dan melaksanakan pembangunan bidang perumahan, permukiman, air minum dan sanitasi yang sinergis dan kolaboratif,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman Dinas PUPR Kalsel, M. Amril Syarif menambahkan tujuan kegiatan ini untuk mengolaborasikan berbagai sektor.

“Agar pembangunan bisa sejalan dengan sektor lainnya seperti kawasan kumuh nantinya dengan sektor air minum, sanitasi dan sampah bisa mendukung kawasan kumuh agar tidak kumuh lagi,” ujarnya.

Untuk Kick Off meeting ini dihadiri 50 perserta dari Pokja di kabupaten atau kota, Dinas PUPR, Bappeda dan Dinas Lingkungan Hidup.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Dinas PUPR Kalsel

Dukung Daerah Lumbung Pangan, PUPR Kalsel Bangun Jaringan Irigasi Kinarum
PUPR Kalsel

Dinas PUPR Kalsel

HABAR PUPR Kalsel: Lahan Megaproyek Kolam Regulasi Mulai Dibebaskan

Dinas PUPR Kalsel

Puluhan Tahun Rusak Parah, Pemkab Banjar Belum Setujui Perbaikan Jalan di Cindai Alus
PUPR Kalsel

Dinas PUPR Kalsel

Cakep..PUPR Kalsel Rehabilitasi Jalan Lingkar Utara Amuntai
apahabar.com

Dinas PUPR Kalsel

PUPR Kalsel Targetkan Sertifikasi 500 Pekerja Konstruksi
PUPR Kalsel

Dinas PUPR Kalsel

Dinas PUPR Kalsel Rehabilitasi DIR Kanan Kiri Kabupaten Tanah Bumbu

Dinas PUPR Kalsel

Tunjang Peningkatan Turis, Jalan Menuju Destinasi Wisata Kalsel Fokus PUPR
apahabar.com

Dinas PUPR Kalsel

Proyek Bakeuda Disamakan dengan Bandung Bondowoso, PUPR: Jangan Lebai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com