Geger! Jasad Pria Mengapung di A Yani Km 11 Kertak Hanyar Sempat Padam, Sistem Kelistrikan Kalselteng Kembali Pulih Tampil Perdana, Munthe FC Kotabaru Puas Jadi Runner-Up Belum Sejam, Polres HSS Ciduk 3 Terduga Pengedar Sabu Sebagian Kalsel Alami Pemadaman Aliran Listrik, Ternyata Ini Penyebabnya

Mahasiswa Tuntut Wali Kota Balikpapan Segera Tuntaskan Persoalan Banjir dan Tambang

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Peduli Balikpapan menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Rabu siang (2/3). Mereka melayangkan sejumlah tuntutan kepada pemerintah kota agar segera diselesaikan.
- Apahabar.com     Rabu, 2 Maret 2022 - 17:39 WITA

Mahasiswa Tuntut Wali Kota Balikpapan Segera Tuntaskan Persoalan Banjir dan Tambang

Sejumlah mahasiswa melakukan aksi demo di depan Kantor Pemkot Balikpapan. Foto-apahabar.com/Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Peduli Balikpapan menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Rabu siang (2/3). Mereka melayangkan sejumlah tuntutan kepada pemerintah kota agar segera diselesaikan.

Terdapat enam tuntutan yang dilayangkan oleh mahasiswa, yakni mendesak pemerintah meneyelesaikan persoalan banjir yang tak kunjung selesai. Sebab persoalan banjir di Balikpapan terbilang lama tak juga mendapat solusi.

“Saya lahir dan besar di Balikpapan, dari dulu sampai saat ini banjir juga belum tuntas,” teriak salah satu mahasiswa.

Tuntutan berikutnya mahasiswa mendorong kepolisian untuk mengusut tuntas oknum yang melakukan aktivitas tambang di Kota Balikpapan. Sebab jelang akhir tahun 2021 lalu petugas mendapati aktivitas tambang ilegal di KM 24. Meski sudah ada yang ditetapkan tersangka, namun seorang pemodal tambang di lokasi tersebut hingga kini belum diketahui kabarnya.

“Usut tuntas persoalan tambang yang terjadi di KM 24,” seru mahasiswa.

Ketiga, mendesak pemerintah kota untuk segera menaikkan status Perwali No 12 Tahun 2013 tentang Kawasan Bebas Tambang Batubara untuk menjadi Perda. Keempat, mendesak Pemerintah Kota untuk menaikkan status Surat Edaran (SE) Nomor 551.2/0156/Dishub terkait pemberlakuan jam operasional angkutan barang.

Kelima, mendesak pemerintah kota untuk menyelesaikan persoalan krisis air bersih. Keenam, mendesak pemerintah kota untuk pemerataan distribusi air yang ada di Kota Balikpapan.

Sementara itu Wali Kota Baliikpapan Rahmad Masud yang hadir di dalam mediasi dengan mahasiswa menganggap tuntutan mahasiswa sangat baik sebagai bahan evaluasi pemerintah kota. Sejauh ini pihaknya sudah melakukan tahapan dalam penyelesaian permasalahan yang ada, yakni seperti banjir hingga aktivitas tambang.

“Persoalan sudah on proggres semua, masalah banjir, tambang. Ya kalau langsung selesai semua ya nggak bisa juga, tapi kan ini bagus lah untuk menjadi evaluasi,” pungkasnya.

 

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pasar Wadai Ramadan

News

‘Lampu Hijau’ Pasar Ramadan di Banjarmasin, dari Taman Kamboja hingga Banua Anyar
Balikpapan

News

Jasad Lansia Mengapung di Kampung Baru Balikpapan, Diduga Pikun

News

Dari Aksi Jemur Bonsai di Barabai, Hobi Pengerdilan Bernilai Cuan Miliaran

News

Tunjungan Plaza 5 Surabaya Terbakar, Pengunjung Berhamburan ke Jalan
Jet Pribadi Banjarmasin

News

Mau Mudik Pakai Jet Pribadi? Rute Banjarmasin Juga Ada
BPBD Balikpapan

News

Anak Kucing Masuk Pipa, BPBD Balikpapan Bobok Tembok

News

Komisi VII DPR RI Dukung Program Kompor Induksi PLN
Ilustrasi mudik. Foto-Istimewa

News

Puncak Arus Balik 7-8 Mei, Catat Pesan Menhub
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com