Kronologis Laka Maut di Kandangan Hingga Pemotor Tewas Terlindas Truk Adik Maliki Jadi Saksi, Tegaskan Duit Fee Diminta Abdul Wahid Siap-Siap, Distribusi Air Bersih PT AM Bandarmasih Setop 6 Jam Jalani Sidang Perdana, Suami ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin Didakwa Pasal Penipuan & Penadahan Lanjutan Sidang ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin, Terdakwa Ngaku Jual Slot Fiktif

Mitigasi Masuknya Paham Radikal, BNPT Gelar Deklarasi Kesiapsiagaan di Kalsel

Lima butir ikrar diucapkan bersama-sama para perwakilan tokoh agama, adat, dan masyarakat di Kalimantan Selatan. Ikrar itu menjadi deklarasi
- Apahabar.com     Selasa, 22 Maret 2022 - 19:22 WITA

Mitigasi Masuknya Paham Radikal, BNPT Gelar Deklarasi Kesiapsiagaan di Kalsel

Deklarasi Kesiapsiagaan yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin, Selasa (22/3). Foto-apahabar.com/Muhammad Syahbani

apahabar.com, BANJARMASIN – Lima butir ikrar diucapkan bersama-sama para perwakilan tokoh agama, adat, dan masyarakat di Kalimantan Selatan.

Ikrar itu menjadi deklarasi pengikat perdamaian antar umat dan golongan di Banua. Poinnya adalah, hidup mesti rukun. Jangan sampai berpecah belah. Kemudian terpenting, cinta tanah air.

Sikap waspada dan siap siaga akan masuknya paham-paham radikalisme harus dikuatkan. Jangan sampai menyusup masuk di masyarakat.

Ikrar yang bersandar pada rasa persatuan itu dibacakan saat Deklarasi Kesiapsiagaan yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin tadi siang, Selasa (22/3).

“Kesiapsiagaan ini tak lain untuk membangun kebersamaan semua pihak,” ujar Kepala BNPT, Irjen Pol Boy Rafli Amar selepas acara.

“Kita berharap dengan bersatu padunya kita ideologi terorisme yang bisa masuk ke masyarakat melalui berbagai saluran termasuk medsos bisa dimitigasi,” lanjutnya.

Semua unsur baik di pemerintah maupun di masyarakat memiliki peranan penting dalam pencegahan masuknya paham terorisme.

Pasalnya, kejahatan ini diawali perilaku intoleran, yang lebih membangun semangat anti terhadap konstitusi negara, keberagaman, persatuan dan kesatuan.

“Dengan meningkatkan kesiapsiagaan tak hanya di pemerintahan tapi juga di masyarakat. Kita berharap, potensi ancaman itu bisa dieliminasi,” kata jenderal polisi bintang dua itu.

Lebih lanjut, ideologi terorisme sangat jelas bertentangan dengan asas-asas Bangsa Indonesia. Di mana negara ini menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan.

“Ideologi terorisme mengajarkan anak bangsa untuk memusuhi bangsanya sendiri. Tidak ingin itu terjadi. Karena terorisme itu ancaman dan tindakan kekerasan,” imbuhnya.

Dia berharap dengan adanya Deklarasi Kesiapsiagaan yang baru dilaksanakan dapat memupuk rasa persatuan, sehingga dapat mencegah masuknya paham terorisme.

Selain deklarasi, turut dilaksanakan kegiatan pencegahan masuknya paham radikalisme melalui perempuan, serta launching Warung NKRI. Lokasinya di Citraland, Jalan Ahmad Yani Kilometer 11.

Warung NKRI merupakan akronim dari “Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gotong Royong NKRI” yang digagas Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalsel.

“Ini dijadikan wadah dialog,” ujar Ketua FKPT Kalsel, Aliansyah Mahdi.

Menanggapi terkait adanya penangkapan AS (27) dan NR (22) baru-baru ini oleh Densus 88 Antiteror yang diduga berafiliasi dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD), Aliansyah mengakui bahwa remaja menjadi objek yang rentan untuk dipengaruhi.

Para pelaku, dengan begitu mudahnya mempengaruhi mereka, hanya melalui media sosial. “Satu jam saja mereka [teroris] dapat mempengaruhi,” jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut Aliansyah, peran orang tua untuk melakukan pengawasan terhadap anaknya, dalam bermediasi soal mesti dilakukan. Agar jangan sampai si anak akhirnya terdoktrin.

“Akhir-akhir ini yang rentan terpapar anak muda. Ini menjadi perhatian khususnya para orang tua. Yang namanya teroris ini kan bunglon,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

KPK HSU

Hot Borneo

Soal Nama Jaksa Kalsel di Pusaran Kasus Korupsi Bupati HSU…
Masjid Islamic Center HSS

Hot Borneo

Pengerjaan Masjid Islamic Center HSS Terlambat, PT Daman Variakarya Diperkirakan Kena Denda Miliaran Rupiah
Sandri

Hot Borneo

Terkuak, Dugaan Motif Pembunuhan Rika Menwa Amuntai
KM Ladang Mandiri

Hot Borneo

Cerita Haru Pasutri Selamat Usai KM Ladang Pertiwi 2 Tenggelam
TNI Kesetrum Karang Intan

Hot Borneo

Kronologis Pensiunan TNI Tewas Kesetrum di Kolam Ikan Karang Intan

Hot Borneo

Gara-Gara PMK, Harga Sapi di Tapin Melambung
ASN Banjarmasin

Hot Borneo

Kabar Terkini TPP ASN di Banjarmasin: Kemendagri Balas Surat Sekdakot

Hot Borneo

Sambut Nyepi 2022, Umat Hindu di Pulau Laut Kotabaru Rayakan Tawur Kesanga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com