Kronologis Laka Maut di Kandangan Hingga Pemotor Tewas Terlindas Truk Adik Maliki Jadi Saksi, Tegaskan Duit Fee Diminta Abdul Wahid Siap-Siap, Distribusi Air Bersih PT AM Bandarmasih Setop 6 Jam Jalani Sidang Perdana, Suami ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin Didakwa Pasal Penipuan & Penadahan Lanjutan Sidang ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin, Terdakwa Ngaku Jual Slot Fiktif

Pasar Ramadan di Marabahan Dikemas Berbeda, Disediakan Musala dan Berbuka On Location

- Apahabar.com     Rabu, 30 Maret 2022 - 20:33 WITA

Pasar Ramadan di Marabahan Dikemas Berbeda, Disediakan Musala dan Berbuka On Location

Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS, ketika meninjau Pasar Ramadan 1440 Hijriah di Marabahan atau yang terakhir sebelum pandemi Covid-19 melanda. Foto: Prokopimda Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Dua tahun menghilang akibat pandemi Covid-19, Pasar Ramadan di Marabahan, Barito Kuala, dihadirkan lagi dengan kemasan berbeda.

Di tahun awal pandemi, Pasar Ramadan di Marabahan sama sekali ditiadakan. Lantas memasuki tahun kedua, kegiatan tahunan ini diselenggarakan secara daring dan luring.

Seiring penurunan kasus positif Covid-19, Pasar Ramadan di Marabahan pun kembali digelar dengan kemasan yang lebih segar.

Salah satu perbedaan yang mencolok adalah lokasi. Kalau biasanya dipusatkan di Siring Ulek Sungai Barito, Pasar Ramadan 1443 Hijriah dipindahkan ke sekitar Lapangan 5 Desember Marabahan.

“Insyaallah Pasar Ramadan kembali diadakan di Marabahan,” papar Kabid Wisata Dinas Kepemudaan Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Batola, Didik Kaharuddin, Rabu (30/3).

“Pedagang akan ditempatkan di depan Kantor Telkom, RTH Pematang Bastun dan di dekat tribun Lapangan 5 Desember,” imbuhnya.

Untuk meramaikan Pasar Ramadan, Disporbudpar Batola menyediakan 25 stand pedagang makanan, 25 stand pedagang kue khas bulan puasa, serta sekitar 7 tenda untuk pedagang pernak-pernik.

“Stand disediakan tanpa dipungut bayaran. Namun pedagang harus mendaftar lebih dulu ke Disporbudpar Batola dengan persyaratan sudah divaksin,” tegas Didik.

Selain lokasi berbeda, terobosan lain adalah menyediakan lokasi berbuka on location dengan konsep lesehan di depan RTH Pematang Bastun.

Lokasi ini terbuka untuk masyarakat yang ingin merasakan suasana berbeda ketika berbuka.

“Terkait lokasi buka puasa on location, kami menyediakan tenda untuk salat di lapangan voli, lengkap dengan truk air untuk berwudu,” jelas Didik.

Khusus akhir pekan, Pasar Ramadan juga diwarnai suguhan kesenian bernuasa Islami dari komunitas dan pelajar di Bumi Selidah.

“Selain syarat vaksin untuk pedagang, kami juga berharap pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker,” pungkas Didik.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Barito Kuala

Meski Agak Aneh, Paskibra Peringatan HUT Kemerdekaan di Batola Tetap Semangat

Pemkab Barito Kuala

Hanya Dua Jam, Barang Jualan Pasar Murah di Marabahan Batola Ludes

Pemkab Barito Kuala

Serahkan Evaluasi SAKIP, Bupati Batola Minta ASN Terus Memperbaiki Kinerja
apahabar.com

Pemkab Barito Kuala

Dimulai Hari Ini, Berikut Alokasi CPNS di Barito Kuala

Pemkab Barito Kuala

Terima Hibah Kementerian PUPR, Bupati Batola Titip Perbaikan Sekolah

Pemkab Barito Kuala

Tiga Pimpinan Tinggi Pratama di Batola Dirotasi, Berikut Daftar Lengkapnya

Pemkab Barito Kuala

Resmi Jadi Sekda Batola, Alumnus IHE Institute di Belanda Ini Dituntut Lebih Inovatif

Pemkab Barito Kuala

Batola Mulai Salurkan Bantuan Untuk Warga Isolasi Mandiri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com