Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia

Sehari di Alimpung Island, Surga Tersembunyi Riam Kanan Kabupaten Banjar

- Apahabar.com     Minggu, 20 Maret 2022 - 16:12 WITA

Sehari di Alimpung Island, Surga Tersembunyi Riam Kanan Kabupaten Banjar

Potret Kawasan Alimpung Island, di Waduk Riam Kanan, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Foto-apahabar.com

apahabar.com, BANJAR – Alimpung Island, surga tersembunyi satu ini wajib dikunjungi warga Kalimantan Selatan. Lokasinya berada di kawasan Waduk Riam Kanan, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

Dari Dermaga Pelabuhan Tiwingan, ada waktu tempuh kira-kira 5 menit menuju Alimpung Island. Tapi ingat, sebelum itu pengunjung wajib menghubungi pengurus wisata di sana untuk membuat janji. Sebab, Alimpung Island tak bisa dikunjungi sembarangan.

Setelah itu, pengunjung langsung dijemput menggunakan speed boat. Biayanya dipatok Rp50 ribu per orang. Sepanjang perjalanan, mata akan dipuaskan dengan indahnya deretan perbukitan.

Ya, Alimpung Island berbeda dibanding wisata lainnya. Ia bak pulau private yang mengusung konsep rumah apung yang dikepung belantara hutan. Saat petang, pengunjung akan langsung bisa menikmati indahnya matahari terbenam di antara deretan Bukit Matang Keladan.

Selain itu, pengurus setempat juga menyediakan kamar bagi pengunjung ingin bermalam untuk  sekadar menikmati keheningan di Riam Kanan, mendengar gonggongan anjing tengah malam dari dalam hutan, atau dinner bersama pasangan dan sanak keluarga.

Sewa kamar ditarif Rp500 ribu per malam –cek in/out pukul 12.00 Wita. Untuk kamar ini tersedia fasilitas tempat tidur kapasitas 3-4 orang, sofa untuk bersantai, AC, dispenser, kulkas, toilet, dan alat panggangan.

Yang lebih minim budget, tersedia tarif Rp400 ribu per malamnya. Bedanya, tak ada fasilitas AC, dispenser, dan kulkas. Namun, bila ingin hemat lagi, pengunjung bisa menyewa tempat di area pulau alias dalam hutan untuk sekadar mendirikan tenda. Biayanya Rp20 ribu/tenda.

Salah satu spot menyejukkan di Alimpung Island. Foto-Riki/apahabar

Di Alimpung Island, pengunjung juga bisa meminta untuk disediakan makanan dari hasil tangkapan ikan. Mengingat kawasan ini turut menyediakan tambak dengan berbagai jenis ikan; kebanyakan nila dan patin.

Pagi harinya, pengunjung kembali disuguhi permandangan asri. Di seberang, deretan perbukitan Matang Keladan masih berselimut awan.

Untuk berseru-seruan, pengunjung juga boleh menyewa speed boat. Tarif yang dikenakan sebesar Rp500 ribu dari kawasan Alimpung Island berkeliling hingga Bukit Batu, Desa Sungai Luar.

Berlanjut setelahnya, pengunjung juga bebas berenang di kawasan danau setempat sepuasnya. Namun bila ingin tetap aman, gunakan pelampung yang sudah disediakan.

Tenang, sejuk, dan tentunya menyenangkan bukan?

Dari penuturan pengelola Alimpung Island, Mujaidin, tempat ini baru berdiri sejak 6 bulan terakhir.

“Memang pemiliknya menginginkan potensi keindahan alam Riam Kanan ini bisa bersaing dengan wisata lain seperti di luar Kalimantan,” ucapnya kepada apahabar.com, belum lama tadi.

Ke depan, ia bilang Alimpung Island bakal terus dikembangkan. Beberapa fasilitas permainan air serta tentu akan ditambah demi memuaskan pengunjung yang datang.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Aksinya Terekam CCTV, Dua Saudara Ipar Pencuri Motor di Banjarmasin Diringkus

Hot Borneo

Diterjang Banjir Bandang, Ruas Jalan di Hampang Kotabaru Nyaris Putus

Hot Borneo

Ringkus Pemuda di Gambah HST, John Lee CS Temukan Sisa Sabu dalam Pipet

Hot Borneo

Soal Pembebasan Lahan Bandara Internasional, Tabalong Tunggu Kepastian
terduga maling hp

Hot Borneo

Apes, Aksi Maling HP di Bus Terminal KM 6 Banjarmasin Terekam CCTV
Bangunan

Hot Borneo

Komisi III Minta Instansi Terkait Audit Kelayakan Bangunan Bertingkat

Hot Borneo

Kecewa Kinerja Kepala Desa, Puluhan Warga Kolam Kanan Batola Temui Bupati
Viryan Aziz

Hot Borneo

Innalillahi… Mantan Komisioner KPU Viryan Aziz Meninggal Dunia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com