Demam Skuter Listrik, Di Banjarmasin Rp35 Ribu Free Foto Siap-siap, Kominfo Buka Beasiswa S2 untuk Umum dan PNS Bus Peziarah Tabrak 3 Rumah di Ciamis, Penumpang Berlompatan Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama

Siap Jadi Penyangga IKN Nusantara, Bupati Tanah Bumbu Beberkan Sejumlah Rencana

Berbagai langkah mulai diambil Kabupaten Tanah Bumbu dalam merespon keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di provinsi tetangga...
- Apahabar.com     Senin, 21 Maret 2022 - 17:12 WITA

Siap Jadi Penyangga IKN Nusantara, Bupati Tanah Bumbu Beberkan Sejumlah Rencana

Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar usai menghadiri penyerahan sertifikat ISPO kepada 3 anak perusahaan Eshan Agro Sentosa (EAS) Group di Banjarmasin, Senin (21/3). Foto-apahabar/Riki

apahabar.com, BANJARMASIN – Berbagai langkah mulai diambil Kabupaten Tanah Bumbu dalam merespon keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di provinsi tetangga, Kalimantan Timur.

Bumi Bersujud memang belakangan ini acapkali menyatakan diri siap menjadi daerah penyangga IKN baru pengganti Jakarta.

Jika dihitung-hitung, jarak Tanah Bumbu dengan lokasi IKN Nusantara berkisar 10 jam atau sekitar 450 kilometer.

Bupati Zairullah Azhar bilang rencana pembangunan Bendungan Kusan terus dikebut. Sekarang ini tinggal menunggu Sertifikat Bendungan dari Kementerian PUPR.

Bila bendungan ini terbangun, maka akan ada banyak manfaat yang diterima terutama di sektor pertanian dan pengendalian banjir. Selain itu, bisa menjadi suplai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

“Menurut riset, kita bisa menghasilkan 110 megawatt tenaga listrik. Sehingga kita bisa membantu tenaga-tenaga baru nanti [ke IKN Nusantara],” ucapnya di Banjarmasin, Senin (21/3).

Untuk bangunan bendungan menelan anggaran sebesar Rp2,9 Triliun, yang rencana anggarannya dari Pemerintah Pusat. Sementara untuk wilayahnya seluas 2.147 Ha.

Selain itu, seratus ribu hektare lebih lahan di Tanah Bumbu juga disiapkan untuk menjaga ketersediaan bahan pangan. Termasuk sebagai pemasok terbesar IKN.

Belum selesai di situ, Tanah Bumbu juga akan segera mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) berskala nasional. Zairullah bilang rencana itu sudah diamini Pemerintah Pusat.

“Sehingga kita bisa mempersiapkan fasilitas tenaga-tenaga muda berkualitas yang nantinya bisa berdampak langsung terhadap keberadaan IKN dan sekitarnya,” ujarnya.

Kemudian, ia juga berencana mengembangkan sektor pendidikan di Tanah Bumbu. Terlebih, Zairullah punya lembaga pendidikan swasta sendiri yakni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nasional (STIENAS) yang terletak di Banjarmasin.

STIENAS itu nantinya bakal merambah ke Bumi Bersujud. “Kita sudah rancang pengembangan-pengembangan perguruan tinggi. Karena ini akan jadi suatu kebutuhan ke depan,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Lubang Tambang Menganga di Tabalong, Habib Taufan Tagih Komitmen Adaro
Sel Tahanan

Hot Borneo

Niat Membesuk, 2 Pria Tanbu Malah Seludupkan Sabu ke Sel Tahanan Polisi!
Wahid

Hot Borneo

Tajir Melintir! Gaji-Tunjangan Bupati Wahid Tak Tersentuh Selama 5 Tahun
Intan Banjar

Hot Borneo

Usai Somasi, Lalu Disentil Ombudsman, PDAM Banjar Kini Terancam Digugat
Korupsi HSU

Hot Borneo

Jurus Jitu Maliki Lolos dari Jerat Jaksa Kalsel Sebelum OTT KPK

Hot Borneo

Lepas Pengawasan, Bayi 11 Bulan di Samarinda Meninggal Dalam Ember
Migor Kapuas

Hot Borneo

Cek Ketersediaan Migor, Kapolres Kapuas: Stoknya Cukup!

Hot Borneo

Puncak Idulfitri 1443 Hijriah, Volume Sampah di Banjarmasin Meningkat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com