Padang Ilalang Disulap Jadi Wisata Bunga di Batu Benawa HST Satu Korban LCT Tenggelam di Tanah Laut Ditemukan, Identitas Belum Diketahui Jelang Wukuf, Kesehatan Jemaah Haji Kalsel Terus Dikontrol Temui Zelenskyy dan Putin, Jokowi Bawa Misi Penting Negara Berkembang Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres

Siap Raih WBBM, PA Tanjung Andalkan Inovasi Aplikasi dan Program  Gempar 

- Apahabar.com     Rabu, 30 Maret 2022 - 16:38 WITA

Siap Raih WBBM, PA Tanjung Andalkan Inovasi Aplikasi dan Program  Gempar 

Ketua PA Tanjung, Abdullah (tengah) bersama jajarannya melakukan ekpose kesiapannya meraih WBBM tahun 2022. Foto - apahabar.com/M.Al-Amin.

apahabar.com, TANJUNG – Setelah berhasil meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Pengadilan Agama (PA) Tanjung kini bersiap meraih Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Semua persyaratan untuk bisa diusulkan dan dinilai bahkan telah dipenuhi PA Tanjung.

Ketua PA Tanjung, Abdullah, mengatakan untuk meraih predikat WBBM pihaknya mengandalkan berbagai inovasi, seperti aplikasi layanan masyarakat hingga program Gerakan Melayani Masyarakat Pencari Keadilan dari Desa Terluar (Gempar).

“Masyarakat yang ingin mendapat layanan di PA Tanjung tinggal membuka aplikasi Patung Obor (PA Tanjung Online Mobile Request) yang tersedia di Play Store,” katanya, Rabu (30/3).

Abdullah menjelaskan di dalam aplikasi Patung Obor tersedia berbagai layanan, seperti cek akta cerai dan salinan, pembuatan gugatan mandiri, sisa panjar anda atau info biaya, layanan Posbakum, e-Court, pengaduan, delegasi panggilan atau konfirmasi, Local Host aplikasi.

Sementara untuk program Gempar PA Tanjung turun langsung ke desa-desa terluar untuk memberikan layanan sidang nikah.

“Layanan kita berikan secara langsung, seperti setelah sidang akan terbit buku nikah dan penerbitan akta kependudukan bagi mereka yang membutuhkan administrasi kependudukan,” bebernya.

“Melalui program Gempar ini PA Tanjung bersama stekholder terkait jemput bola memberikan pelayanan kepada masyarakat,” sambung Abdullah.

Hingga saat ini, PA Tanjung telah tiga kali melaksanakan program Gempar tersebut, yaitu di Desa Panaan, kemudian di Desa Panaan kembali meluas ke Dambung Raya dan Hegar Manah Kecamatan Bintang Ara. Terbaru di Desa Salikung Kecamatan Muara Uya.

“Tiga kali turun melaksanakan program Gempar, sebanyak 108 pasangan pernikahan mendapatkan buku nikah,” ucap Abdullah.

Selain itu, ada juga Program Pasti Keren Plus. Jika sebelumnya program ini hanya memberikan layanan perubahan kartu keluarga dan KTP, kini sudah ditingkatkan terkait asal usul anak.

“Setelah penetapan, orang tidak perlu ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), mereka tinggal mengambil di PA Tanjung. Jadi berapa birokrasi yang berhasil kita pangkas dan biaya yang dikeluarkan masyarakat juga bisa dihemat,” terang Abdullah didampingi Sekretaris Aan Wiharyanto dan Panitera PA Tanjung, Anshari.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pertalite

Hot Borneo

Jelang Ramadan, Warga Kalsel Siap Hijrah dari Pertamax ke Pertalite
Politala

Hot Borneo

Mantap! 2 Mahasiswi Politala Terpilih Praktek Kerja Industri di Jerman dan Taiwan
KPK HSU

Hot Borneo

Skandal Fee Proyek HSU, Nyanyian Anak Buah Maliki Sudutkan Wahid
Vaksin Covid-19

Hot Borneo

Hampir Kadaluarsa, Tabalong Target Vaksin AstraZeneca Habis Hari Ini
Kebakaran Banjarmasin

Hot Borneo

Kebakaran Simpang Telawang, Korban Tetap Tinggal Saat Api Berkobar

Hot Borneo

Imbas Perbaikan Jembatan Tanipah III, Warga Banjarmasin Diimbau Waspada di Jalan

Hot Borneo

Arus Mudik, Warga Banjarmasin Booking Tiket Bus Terminal Km 6 Lebih Dulu
Hakim PN Palangka Raya Vonis Bebas Saleh

Hot Borneo

Fordayak Kalteng Kaget! Saleh Bos Sabu Puntun Divonis Bebas Hakim PN Palangka Raya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com