Demam Skuter Listrik, Di Banjarmasin Rp35 Ribu Free Foto Siap-siap, Kominfo Buka Beasiswa S2 untuk Umum dan PNS Bus Peziarah Tabrak 3 Rumah di Ciamis, Penumpang Berlompatan Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama

Sikapi IKN Nusantara, Pemuda Muhammadiyah Banjar Tak Ingin Hanya Jadi Penonton

- Apahabar.com     Rabu, 16 Maret 2022 - 11:48 WITA

Sikapi IKN Nusantara, Pemuda Muhammadiyah Banjar Tak Ingin Hanya Jadi Penonton

Diskusi bertema "Sekolah Politik Negarawan" digelar Pemuda Muhammadiyah Banjar, Selasa (15/3) tadi malam, di Stoa Coffee Martapura. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Banjar mendorong kalangan muda agar tidak hanya jadi penonton setelah pemerintah menetapkan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur. Alasannya, Kalsel merupakan wilayah penyangga yang masuk dalam kawasan strategis.

Hal ini dibahas dalam diskusi bertema Sekolah Politik Negarawan yang digelar Pemuda Muhammadiyah Banjar, Selasa (15/3) tadi malam, di Stoa Coffee Martapura dengan menghadirkan dua narasumber.

Andi Fitri, salah satu narasumber dari kalangan pengusaha, mengatakan pemindahan IKN ke Kalimantan Timur memberi banyak dampak positif bagi Kalsel sebagai provinsi tetangga sekaligus pintu gerbangnya.

Ia melihat banyak sektor yang harus disiapkan oleh pemuda. Di antaranya sektor pertanian, peternakan, dan wisata, termasuk teknologi.

“Karena akan terjadi lonjakan masyarakat yang akan pindah Kalimantan, dan kita harus bisa menyiapkan ini sebagai wujud kemandirian ekonomi kita,” ujar Ketua APINDO Banjar ini.

Menurutnya, pemuda sebagai penerus bangsa harus ambil bagian dalam pembangunan di berbagai sektor. Saat ini peluangnya masih sangat terbuka.

“Jangan sampai kita berdiam diri sampai momentum ini tidak bisa kita rebut, jangan sampai orang di luar Borneo yang menguasi tanah ini sedangkan kita hanya berdiam diri,” terangnya.

Sementara Ketua KNPI Banjar Rahmat Saleh menekankan pemuda harus segera menyiapkan diri dalam menyikapi perpindahan IKN.

“Mulai lah menyiapkan diri dari perangkat terkecil yaitu desa. Dari yang kecil-kecil itu akan menjadi besar nantinya. Jangan sampai kita menjadi provinsi penyangga tetapi bernasip sial, hanya karena tidak ada persiapan,” ucap Rahmad yang juga Anggota DPRD Banjar ini.

Sebelumnya, Wakil Ketua Bidang Hikmah dan Hubungan Antar Lembaga PD Pemuda Muhammadiyah Banjar, Al Bawi saat memoderatori diskusi mengatakan kegiatan ini bertujuan agar pemuda Muhammadiyah mengerti bagaimana politik bisa berjalan untuk bangsa dan negara.

Ia menilai pemuda hari ini banyak yang apatis terhadap politik serta isu-isunya, karena beranggapan politik adalah sesuatu yang kotor. Padahal harusnya, kata dia, para pemuda harus lebih obyektif dalam memaknai politik agar mengerti peran dan fungsinya.

“Oleh sebab itu kami berkeyakinan bahwa pendidikan politik dapat melakukan peran pembantu dalam merealisasikan tujuan sistem politik. Melalui ini lah kita harus melek terhadap isu yang ada, termasuk pemindahan IKN ke Kalimantan,” tutupnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Arisan Bodong

Hot Borneo

Berbadan Dua, Pemeriksaan Bandar Arisan Online Bodong di Banjarmasin Jalan Terus

Hot Borneo

Tanpa Masalah, PTM 100 Persen di SMAN 4 Banjarbaru Dipastikan Berlanjut
Kapolres Kapuas

Hot Borneo

Amankan Hari Raya Idulfitri, Polres Kapuas Kerahkan 100 Personel Gabungan
Pemilu

Hot Borneo

Hadapi Pemilu 2024, PDIP Kalsel Fokus Penguatan Struktur-Jaringan Organik
Kisah Cinta Adik Jokowi dan Ketua MK, Kenalan Singkat dan Siap Menikah Mei 2022. Foto-Istimewa

Hot Borneo

Bakal Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Bicara
KAMMI Kaltimtara

Hot Borneo

Buntut ‘Manusia Gurun’, Rektor ITK Dipolisikan
Densus 88 Sungai Tabuk

Hot Borneo

Kondisi Terkini TKP Penyergapan Densus 88 di Sungai Tabuk
Batola

Hot Borneo

Dugaan Kredit Fiktif Bank Pemerintah di Marabahan Batola, Kejati Tingkatkan ke Penyidikan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com