Pilih Ketua, IDI Kalsel Siap Gelar Muswil 2022 di Kotabaru Sengketa Alabio: Pemkab Melawan, Pedagang Mengadu ke PTUN hingga KASN! Skandal Korupsi Hewan Balangan: Genap 100 Saksi Diperiksa Geger Jasad Pria Tertelungkup di Pantai Melawai Balikpapan Tarif PTAM Intan Banjar Naik 20 Persen, Simak Rinciannya

Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wasbang di Tala, Zulfa Ajak Kader HMI Harus Jadi Pionir

- Apahabar.com     Minggu, 20 Maret 2022 - 19:01 WITA

Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wasbang di Tala, Zulfa Ajak Kader HMI Harus Jadi Pionir

Anggota DPRD Kalsel Zulfa Asma Vikra SH.MH Saat Menggelar Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Sekretariat HMI Cabang Tanah Laut. Foto-Istimewa.

apahabar.com, PELAIHARI – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Zulfa Asma Vikra mengatakan Ideologi Bangsa Indonesia adalah Pancasila, sebab Pancasila adalah pemersatu bangsa dan pemersatu agama di Indonesia.

“Bangsa Indonesia Bangsa yang besar yang punya Ideologi Pancasila yang sudah sangat melekat. Inilah yang mesti kita pahami dengan baik,” kata Zulfa saat memberikan Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI) Tanah Laut, Minggu (20/3)

Menurutnya, di Kabupaten Tanah Laut indek kepemudaan sangat baik, tertinggi di Kalimantan Selatan. Namun secara keseluruhan Kalimantan Selatan Indeks Kepemudaan Rendah bahkan berada di urutan 25.

“Itu artinya masih banyak yang belum memahami isi dari ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Makanya ini menjadi tugas kita semua untuk mensosialisasikan lebih intens lagi,”katanya.

Pancasila, sambung dia, adalah sebagai dasar negara Republik Indonesia, makanya karena itu dasar negara maka harus kuat pondasinya.

Pancasila juga sebagai pemersatu bangsa Indonesia. “Meski kita beragam suku agama dan ras namun dengan Ideologi Pancasila sebagai maka kita bisa bersatu,” katanya.

“Dalam mengamalkan Pancasila kita termasuk HMI harus menjadi pionir atau penyambung lidah dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dilingkungan kita.”

HMI adalah organisasi kepemudaan yang sudah mengakar dan HMI merupakan organisasi besar mempunyai 205 Cabang di seluruh Indonesia.

“HMI merupakan organisasi kepemudaan yang sangat disegani. Bahkan bangsa luar juga mengakui itu,” kata Alumni HMI Jakarta ini.

Selain itu, bangsa luar juga mengakui budaya bangsa Indonesia di mana memiliki kepribadian dan nilai-nilai kemanusiaan yang santun di tengah budaya beragam.

“Makanya jiwa nasionalisme dan wawasan kebangsaan kita yang sudah tercantum dalam Pancasila harus terus kita tanamkan digelorakan,” papar Zulfa.

Jadi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang dimiliki bangsa ini sangat penting bagi masyarakat Indonesia yang sudah hampir 100 tahun merdeka.

Menurut dia, dalam pesatnya kemajuan teknologi informasi menuju masyarakat Four Points O, para pemuda harus memahami serta mengamalkan Pancasila supaya dapat menjaga dan melindungi negara Indonesia.

Kendati begitu, generasi muda bangsa harus memahami tentang pentingnya ideologi pancasila. Maka, dengan adanya Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ini dirinya diharapkan pemuda-pemudi Indonesia dapat menjaga keutuhan NKRI.

“Jangan lupakan sejarah. Maka, dengan adanya sosialisasi ini kita semua berharap agar nilai-nilai Pancasila dapat ditanamkan kembali ke masing-masing diri kita, terutama para pemuda untuk terus bisa menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI,” tutupnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjir Tapin

Hot Borneo

Sungai Tapin Meluap, BPBD: Siaga Satu
Polsek Pulau Petak

Hot Borneo

Dengar Gosip Istri Selingkuh, Pria di Samarinda Nekat Perkosa Adik Ipar
Kebanjiran

Hot Borneo

Diguyur Hujan, Ruas Jalan-Permukiman di Kotabaru Kebanjiran!
Cuaca Kalsel Hari Ini: 6 Wilayah Diprediksi Hujan. Foto-Ilustrasi

Hot Borneo

Warning BMKG: Kalsel Waspada Hujan Petir &Angin Kencang
Tambang Ilegal

Hot Borneo

Ruwetnya Polisi Buru Pemodal Tambang Ilegal di Balikpapan
ASN Banjarmasin

Hot Borneo

Kabar Terkini TPP ASN di Banjarmasin: Kemendagri Balas Surat Sekdakot
Vaksin Covid-19

Hot Borneo

Hampir Kadaluarsa, Tabalong Target Vaksin AstraZeneca Habis Hari Ini
Perusahaan Listrik

Hot Borneo

Perusahaan Listrik di Kalsel Diadukan Gegara THR, Disnakertrans Turun Tangan!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com