Yang Perlu Diperhatikan Setelah Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita Banjir Hantakan HST Rengut Nyawa Balita, Lebih Lima Desa Terendam Pantas GR86 Jadi Primadona di GIIAS 2022, Berapa Harganya? Akhirnya, Truk Pertamina yang Terbalik di Martapura Berhasil Dievakuasi Maksimalkan Potensi EBT, CPI: Pengembangan EBT Jangan Asal-asalan!
agustus

Stok Minyak Goreng di Tapin Makin Menipis, Pemerintah Daerah Kibarkan Bendera Putih?

- Apahabar.com     Minggu, 6 Maret 2022 - 17:21 WITA

Stok Minyak Goreng di Tapin Makin Menipis, Pemerintah Daerah Kibarkan Bendera Putih?

Pedagang di Tapin mengeluhkan kelangkaan minyak goreng. Stok minyak goreng di pasaran pun makin menipis. Foto-apahabar/Sandi

apahabar.com, RANTAU – Minyak goreng kemasan masih langka di Kabupaten Tapin. Tak hanya sulit dicari, minyak goreng juga mahal.

Sementara itu, pemerintah daerah belum punya solusi. Mereka hanya bisa melakukan monitoring harga dan kelangkaan di pasaran.

“Ini masalah nasional. Dari data provinsi, dari tiga wilayah distributor, dalam seminggu diperkirakan habis,” ujar Plt Kepala Dinas Perdagangan Tapin, Hermansyah, Minggu (6/3/2022).

Wilayah distributor yang dimaksud yakni Banjarmasin, Barabai dan Tanah Bumbu. Hermansyah pun menyayangkan Tapin tidak punya tempat untuk menampung stok minyak goreng.

“Tapin tidak punya gudang. Seandainya ada bisa dicek, tergantung distributor. Harga di pasaran antara Rp 16-20 ribu,” terangnya.

Sementara di retail seperti Alfamart dan Indomaret juga mengalami kelangkaan. Harganya sama dengan yang dijual di pasar.

Untuk menyikapi kelangkaan itu, Disdag Tapin sebenarnya sudah membagikan 2.400 liter minyak goreng subsidi ke pedagang di pasar dengan harga jual Rp 14 ribu. Tapi itu tak banyak membantu.

Terpisah, pedagang di Pasar Keraton Rantau, Noorhayu, mengatakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dia sempat mencari sendiri minyak goreng kemasan ke Banjarmasin.

“Dapat, tapi tidak banyak. Sekarang, stok minyak menipis,” ujarnya.

Noorhayu mengatakan stok minyak goreng kemasan di tokonya tinggal sedikit. Tersisa merek Alif dengan harga Rp18 ribu per liter.

Sejak terjadinya kelangkaan, dia sempat mendapatkan minyak goreng subsidi untuk dijual sebanyak tujuh dus merek Sovia. Dia menjual seharga Rp14 ribu per liter

“Sampai sekarang tidak ada lagi minyak subsidi pemerintah,” terangnya.

Pada akhir Desember lalu, dia pernah membeli minyak goreng kemasan dari distributor: merek Fortune 35 dus isi 1 liter harga jual Rp19 ribu dan 22 dus isi 500 mm harga jual Rp10 ribu. Dia mengatakan harga itu sesuai modal pembelian.  Untung yang dia dapat kurang lebih Rp 1.000 per liter.

Namun, pihak distributor menetapkan bahwa pedagang harus menjual sesuai dengan harga ketentuan pemerintah yakni Rp14 ribu per liter.

Tapi ini tak bisa dia wujudkan. Sebab jika harga modal dipotong, misalnya Rp18 ribu ke Rp13 ribu, pedagang akan mengalami kerugian.

Lebih lanjut, Noorhayu mengatakan di beberapa toko di pasar tradisional, stok minyak goreng kemasan makin menipis. Harganya pun mahal, mulai Rp18 – Rp19 ribu per liter.

“Benar, langka dan mahal. Bingung juga kita, sulit cari minyak.  Misalnya seperti hari ini, banyak pesanan pelanggan, namun tidak bisa dipenuhi,” ujar pemilik toko sembako serba lengkap itu.

Dia pun berharap kondisi minyak goreng kemasan bisa cepat kembali normal. Dia mengaku Baru tahun ini menemui fenomena kelangkaan minyak goreng kemasan.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Kebakaran S Parman Banjarmasin, Rumdin Kakanwil Kemenkumham Kalsel Terdampak

Hot Borneo

Detik-Detik Penangkapan Duo Pembunuh Syauqi Kelayan: Membunuh, Lalu Tidur
Kebakaran Tambak Sirang Tatah Makmur Banjar

Hot Borneo

Empat Rumah Dilalap Api di Tambak Sirang Tatah Makmur Banjar
Kebakaran Kantor Desa

Hot Borneo

Kebakaran Kantor Pambakal di Sungai Kitano; Dokumen Pertanggungjawaban Hangus, Polisi Masih Melakukan Penyelidikan
Razia

Hot Borneo

Petugas Gabungan Satpol PP, TNI dan Polri Razia Pekat Warung Remang-remang di Balangan
Alfamart Gambut

Hot Borneo

[VIDEO] Detik-Detik Mencekam Korban Tertimpa Reruntuhan Alfamart Gambut

Hot Borneo

3 Hari Digelar, Transaksi Gernas BBI di Kalsel Sentuh Setengah Miliar
Pesta Miras Tapin

Hot Borneo

Kedapatan Pesta Miras, Belasan Pemuda di Tapin Dijemur Polisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com