Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia Keluh Kesah Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO 4 Universitas Walk Out, Munas BEM SI di Kalsel Pilih Koordinator Baru Bukan Laka Tunggal! Penyebab Pikap Tabrak Pohon Berujung Maut di Gambut Krisis Air Bersih di Kota Sungai, Ombudsman Panggil PDAM Bandarmasih

Sungai Tapin Meluap, BPBD: Siaga Satu

Bertepatan dengan Hari Air Sedunia, beberapa wilayah di Kabupaten Tapin mulai terdampak banjir akibat intensitas curah hujan cukup tinggi..
- Apahabar.com     Selasa, 22 Maret 2022 - 22:50 WITA

Sungai Tapin Meluap, BPBD: Siaga Satu

Luapan air Sungai Tapin mulai menggenangi Jalan Perintis (samping rumah dinas Bupati Tapin) Kecamatan Tapin Utara. Foto-apahabar.com/Sandy

apahabar.com, RANTAU – Bertepatan dengan Hari Air Sedunia, beberapa wilayah di Kabupaten Tapin mulai terdampak banjir akibat intensitas curah hujan cukup tinggi, Selasa (22/3) malam.

Diketahui, banjir selain menggenangi pemukiman warga terutama di bantaran sungai juga merambah sampai ke pasar dan sawah.

“Dari sekitar pukul 17.20 Wita tadi air sudah mulai naik dan sekarang sudah mulai masuk ke rumah warga,” ujar Kartolo, salah satu warga Kelurahan Kupang RT 09, Tapin Utara.

Ia mengatakan air yang naik ke pemukiman merupakan luapan dari Sungai Tapin.

“Ini ketinggian air sampai lutut orang dewasa. Air masih naik, namun tidak deras seperti tadi sore,” jelas Kartolo kepada apahabar.com.

Terpisah, salah satu warga Kelurahan Rangda Malingkung, Kecamatan Tapin Utara, Fahriadi mengatakan banjir menggenangi rumahnya memang sudah langganan.

“Sudah langganan kita kena banjir ini. Kalau Sungai Tapin meluap beberapa jam kemudian pasti banjir. Kalau di depan rumah sampai dada,” ujarnya.

Sementara, Operator Pusdalops-PB BPBD Tapin, M Ridha Wahyudi mengatakan bahwa untuk saat ini Sungai Tapin sudah masuk siaga 1.

“Debit air sungai Tapin mulai pukul 19.11 Wita dalam keadaan siaga satu. Saat ini tim masih di lokasi melakukan pendataan,” ujarnya dalam laporan.

Pantauan apahabar.com hingga berita ini diturunkan petugas dari BPBD Kabupaten Tapin, Tim TRC dan relawan serta Instansi terkait lainnya masih bersiaga di lokasi banjir tersebut.

Diwartakan sebelumnya, ratusan jiwa terdampak akibat banjir yang melanda dua kelurahan di Kabupaten Tapin. Air mulai merendam pada Selasa (22/3) pagi sekitar pukul 10.00 Wita

“Kondisi terkini di Desa Masta air masih menggenangi rumah warga dan ketinggian air kurang lebih 25 cm. Sebagian ada yang masuk sampai ke dalam rumah,” ujar Operator Pusdalops-PB BPBD Tapin, M Ridha Wahyudi.

Informasi diterima apahabar.com, banjir di Desa Masta RT 02, RW 02, Kecamatan Bakarangan, menyebabkan 15 KK atau 45 Jiwa terdampak.

Sedangkan di Desa Banua Halat Kanan RT. 04, Kecamatan Tapin Utara, ada 10 KK atau 20 Jiwa yang terdampak.

Di Kecamatan Binuang, sejumlah tempat yang terdampak banjir yakni wilayah Pasar Binuang dan Kelurahan Raya Balanti.

“Pasar Binuang ketinggian Air mencapai 10 sampai 30 cm, dan alhamdulillah juga sekarang sudah mengalami penurunan,” ujarnya.

Sementara Kelurahan Raya Belanti yang terdampak banjir dari RT 04 sampai RT 10 dan RT 12 sampai RT 14. Ketinggian air dari 5 cm sampai 40 cm.

“Ada kurang lebih 22 rumah warga yang tergenang atau 90 jiwa dari 25 KK. Alhamdulillah tidak ada korban baik jiwa ataupun luka. Mengungsi nihil, namun kondisi terkini air masih mengalami peningkatan,” jelasnya.

Banjir di Tapin, Ratusan Jiwa Terdampak

 

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

lakalantas R2 Vs R2 di Guntung Paring Banjarbaru

Hot Borneo

Lakalantas di Guntung Paring Banjarbaru; 2 Selamat, 1 Tewas
Laka maut Kotabaru

Hot Borneo

Laka Maut Hilux Vs RX King di Kotabaru, Sopir Resmi Ditahan
warga alalak terjun ke sungai

Hot Borneo

Begini Kesaksian Warga Alalak Batola Terkait Sosok AS yang Diduga Akhiri Hidup Terjun ke Sungai

Hot Borneo

Sebelum Resmi Tersangka-Ditahan, Eks Kadis DLH Kotabaru Dua Kali Abaikan Panggilan Jaksa 

Hot Borneo

Puting Beliung Hantam Mekarsari Batola, Sejumlah Rumah Rusak

Hot Borneo

Komunitas Pemuda Peduli Lingkungan Kalsel Resmi Deklarasi di Banjarbaru
Uang cash BI

Hot Borneo

Penuhi Ramadan-Idulfitri, BI Kalsel Siapkan Uang Cash Rp2,5 Triliun
Kejaksaan Negeri Kapuas

Hot Borneo

Bupati Ben Brahim Siap Dukung Kantor Kejari Kapuas Naik Kelas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com