Adik Maliki Jadi Saksi, Tegaskan Duit Fee Diminta Abdul Wahid Siap-Siap, Distribusi Air Bersih PT AM Bandarmasih Setop 6 Jam Jalani Sidang Perdana, Suami ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin Didakwa Pasal Penipuan & Penadahan Lanjutan Sidang ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin, Terdakwa Ngaku Jual Slot Fiktif Kebakaran di Tabalong, Satu Ruko dan Rumah Hangus Dilalap Api

Tim Gabungan Ungkap Aktivitas Tambang Ilegal di Tahura Kaltim

Dari pengakuan orang yang ada di lokasi tambang tersebut, aktivitas ini dibekengi oleh Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim, benar kah?
- Apahabar.com     Jumat, 25 Maret 2022 - 17:42 WITA

Tim Gabungan Ungkap Aktivitas Tambang Ilegal di Tahura Kaltim

Aktivitas tambang ilegal di Tahura, Kukar, Kaltim berhasil diungkap Tim Gabungan. apahabar.com / Riyadi

apahabar.com, KUKAR – Aktivitas tambang ilegal di Taman Hutan Rakyat (Tahura) di Kalimantan Timur (Kaltim) terungkap.

Pengungkapan ini dilakukan oleh Tim Gabungan Kodam VI Mulawarman dan Gakkum KLHK pada Kamis (24/3) sekira pukul 20.00 WITA.

Bermula dari informasi masyarakat yang mengatakan adanya aktivitas tambang ilegal di KM 48, Desa Bukit Merdeka, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dari pengakuan orang yang ada di lokasi tambang tersebut, aktivitas ini dibekingi oleh Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim.

Lantas, dari informasi ini lah Tim Gabungan langsung menuju lokasi tersebut dan menghentikan aktivitas tambang ilegal di sana.

“Ada aktivitas tambang liar mengatasnamakan atau menyampaikan bahwa tambang ini dibekingi Kasum TNI, Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim. Sehingga kita melaksanakan penyetopan operasional,” kata Kapendam VI Mulawarman Kolonel Inf M Taufik Hidayat didampingi Danpom Dam VI Mulawarman Kolonel CPM Didin di lokasi tambang ilegal, Jumat (25/3).

Aktivitas tambang ilegal ini dilakukan diatas lahan seluas 3,6 hektare sejak 9 Maret 2022 alias kurang lebih 16 hari.

tambang ilegal di Tahura Kaltim

Kapendam VI Mulawarman Kolonel Inf M Taufik Hidayat didampingi Danpom Dam VI Mulawarman Kolonel CPM Didin di lokasi tambang ilegal. Foto-apahabar.com/Riyadi

Dari pantauan media ini, tumpukan batu bara masih berada di lokasi tambang ilegal beserta sejumlah kendaraan alat berat.

“Barang bukti yang diamankan yakni 10 unit excavator, 3 unit dozer, 1 unit loader, 7 unit dump truck, dan 1 unit tangki minyak 5000 liter,” sebutnya.

Sementara itu, sejumlah orang diamankan untuk dimintai keterangan. Yakni, seseorang yang mengklaim pemilik lahan berinisial M, penanggungjawab lapangan berinisial RW.

“Kemudian berdasarkan penyelidikan sementara untuk penyandang modalnya adalah A dan M. Sementara proses penyelidikan dan akan didalami oleh Tim Gakkum dari KLHK,” ungkapnya.

Dari kejadian ini, Kapendam VI Mulawarman tidak pernah melakukan pembekingan terhadap penambangan liar yang ada di wilayah Kaltim.
Tak ayal, kabar yang beredar tersebut dipastikan tidak benar alias berita bohong.

“Kodam VI Mulawarman tidak pernah melakukan pembekingan terhadap penambangan liar yang ada di wilayah Kaltim,” tegasnya.

Ruwetnya Polisi Buru Pemodal Tambang Ilegal di Balikpapan

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Investor Hongkong

News

Investor Hongkong Tertarik Berinvestasi di IKN Nusantara
Lantik Panglima TNI

News

Panglima TNI Bongkar Kebohongan Kasus Tiga Prajurit Gugur Ditembak KKB

News

Cerita Mahasiswi Perantau di Banjarmasin: Buka Puasa Sambil Video Call Orang Tua
ASN Pemkot Banjarmasin

News

Dimulai! Lelang Terbuka 14 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemkot Banjarmasin
Pengurus Astrabi Dilantik

News

Marullah Matali Kukuhkan Pengurus Astrabi

News

Sepekan Lebih Invasi, Rusia Masih Tak Bisa Rebut Ibu Kota Ukraina
apahabar.com

News

Korupsi Garuda Indonesia Diduga Bikin Untung Perusahaan Asing
Korupsi

News

KPK Siap Seret Tersangka Korupsi Heli AW-101 ke Meja Hijau
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com