Padang Ilalang Disulap Jadi Wisata Bunga di Batu Benawa HST Satu Korban LCT Tenggelam di Tanah Laut Ditemukan, Identitas Belum Diketahui Jelang Wukuf, Kesehatan Jemaah Haji Kalsel Terus Dikontrol Temui Zelenskyy dan Putin, Jokowi Bawa Misi Penting Negara Berkembang Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres

UMKM Tala Berpeluang Go Nasional

Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) punya pengaruh menggerakkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, tak terkecuali di Tala.
- Apahabar.com     Selasa, 29 Maret 2022 - 16:43 WITA

UMKM Tala Berpeluang Go Nasional

Wabup Tala Abdi Rahmah menyerahkan buku LKPJ Bupati Tala 2021 kepada Ketua DPRD Tala, Muslimin.

apahabar.com, PELAIHARI – Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) punya pengaruh menggerakkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, tak terkecuali di Tanah Laut (Tala).

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tala, Abdi Rahman saat penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tala, Tahun 2021 pada Rapat Paripurna DPRD, Senin (28/3/2022).

“Ternyata yang membuat perekonomian Indonesia tidak terlalu lama mengalami penurunan akibat Covid-19 adalah karena adanya pergerakan UMKM,” ujar Abdi.

Abdi sempat menyinggung tentang adanya pertemuan kepala daerah bersama jajaran kementerian yang membahas seputar kebanggaan akan produk buatan dalam negeri beberapa waktu lalu.

Ia mengungkapkan bahwa Tala sendiri mampu melampaui target penggunaan produk dalam negeri dari APBD tahun 2020.

“Alhamdulillah, Tala sendiri dari target 40 persen. Setelah kita input dan diskusikan, ternyata capaian penggunaan produk dalam negeri menyentuh angka 62 persen,” ucap Abdi.

Ia melanjutkan bahwa adanya optimalisasi pemanfaatan produk dalam negeri secara nasional memunculkan peluang setiap UMKM Tala agar dapat menjangkau pasar nasional yang lebih luas.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab keberadaan E-Katalog sebagai platform belanja online yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) semakin mempermudah UMKM agar terdaftar sebagai penyedia di platform tersebut.

“Bahkan dalam hal persyaratan agar dapat masuk E-katalog, LKPP kini hanya memberikan dua syarat setelah sebelumnya harus memenuhi sembilan syarat. Harapannya produk lokal Tala masuk ke E-Katalog, sehingga peluang yang belanja datang dari seluruh Indonesia. LKPP pun akan mempermudah syarat dalam memperoleh sertifikasi,” lanjut Abdi.

Pada akhir rapat, Abdi menyerahkan buku LKPJ Bupati Tala 2021 kepada Ketua DPRD Tala, Muslimin di hadapan para anggota DPRD Tala.

Senangnya Ihsan, Satu dari Ratusan Penerima SK Pengangkatan CPNS dari Bupati Tala

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pekan Pajak Panutan

Pemkab Tanah Laut

Hadiri Pekan Panutan Pajak, Bupati Tala Berharap Wajib Pajak Patuh
Disnakkeswan Tala

Pemkab Tanah Laut

Disnakkeswan Tala Sosialisasikan Aturan Pengeluaran Ternak Kalsel

Pemkab Tanah Laut

Pembangunan Sport Centre di Eks Lapangan Hasan Basri Tala, Pedagang Segera Ditertibkan
Bupati Tala HM Sukamta

Pemkab Tanah Laut

Bupati Tala Ajak Masyarakat Jaga Kualitas Lingkungan
Launching Dashat Tala

Pemkab Tanah Laut

Dashat, Cara Tala Cegah Stunting
Distanhorbun Tala

Pemkab Tanah Laut

Distanhorbun Tala Bantu Petani Kurau Atasi Serangan Tungro
pisang cavendish tala

Pemkab Tanah Laut

Inspiratif, Cerita Sukses Pekebun Pisang Cavendish Pertama di Kalsel
PA Pelaihari

Pemkab Tanah Laut

Untuk Sebar Luaskan Informasi, PA Pelaihari Gandeng Diskominfo Tanah Laut
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com