Sempat Padam, Sistem Kelistrikan Kalselteng Kembali Pulih Tampil Perdana, Munthe FC Kotabaru Puas Jadi Runner-Up Belum Sejam, Polres HSS Ciduk 3 Terduga Pengedar Sabu Sebagian Kalsel Alami Pemadaman Aliran Listrik, Ternyata Ini Penyebabnya Tak Hadir Rapat, Pansus DPRD Kapuas Nilai Eksekutif Tak Kooperatif!

Wajib Pindah ke IKN Nusantara, ASN Kementerian Dapat Tunjangan Tambahan

- Apahabar.com     Rabu, 2 Maret 2022 - 07:16 WITA

Wajib Pindah ke IKN Nusantara, ASN Kementerian Dapat Tunjangan Tambahan

Pemerintah sedang menyusun regulasi tunjangan tambahan untuk ASN yang menempati perkantoran baru di IKN Nusantara. Foto: CNBC

apahabar.com, JAKARTA – Meski diembel-embeli wajib pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, semua ASN kementerian dijanjikan mendapat tunjangan tambahan.

Sekarang Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) masih mematangkan skenario pemindahan ASN ke IKN Nusantara mulai 2024.

Di antaranya melalui diskusi one on one dengan beberapa kementerian atau lembaga yang masuk dalam prioritas pindah ke IKN.

Namun dipastikan semua ASN kementerian atau lembaga harus siap pindah ke IKN Nusantara. Di sisi lain, formasi kementerian atau lembaga yang wajib pindah belum diputuskan.

“ASN tidak bisa minta pindah ke daerah lain dengan alasan enggan pindah ke ibu kota baru,” jelas Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo, dalam keterangan resmi, Rabu (1/3).

Mengikuti kewajiban tersebut, Pemerintah sedang menyusun regulasi mengenai tunjangan tambahan kepada ASN yang pindah ke IKN Nusantara.

“Besaran tunjangan ini akan tergantung juga kebutuhan di IKN Nusantara. Bisa berupa tunjangan transportasi,” tambah Alex Denni, Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan RB.

Sementara Ketua Tim Komunikasi IKN, Sidik Pramono, memjelaskan ASN yang pindah ke IKN Nusantara juga mendapat sederet fasilitas.

Fasilitas yang didapatkan sedianya tidak berbeda jauh dengan isi Undang-Undang ASN Nomor 5 Tahun 2014. Hal yang membedakan adalah tunjangan kemahalan.

“Selain tunjangan kemahalan, ASN yang pindah ke IKN Nusantara juga mendapatkan rumah dinas dan fasilitas lain sesuai kebutuhan,” jelas Sidik Purnomo seperti dilansir Kompas.

Perkantoran di IKN Nusantara sendiri akan dibangun dalam konsep kantor bersama yang mengedepankan konektivitas fisik dan digital, cara kerja lebih informal, interaktif, kasual dan tidak terbatas ruang-ruang kantor.

Dalam format tersebut, Kemenpan RB menekankan penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) secara Komprehensif.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Ramadan

News

Pasar Murah Ramadan di Kapuas, Ratusan Paket Bapok Langsung Ludes

News

Kurang Seminggu, Polsek Tapin Utara Amankan 3 Budak Sabu
Menteri Hadi Tjahjanto

News

Janji Menteri ATR Hadi Tjahjanto: Musnahkan Mafia Tanah
Matahari Terbit dari Sebelah Barat

News

Viral Matahari Terbit dari Sebelah Barat, Cek Faktanya!
Curanmor Kotabaru

News

Modus Baru Curanmor di Kotabaru, Motor Dicuri-Dipreteli Lalu Dipakai Sendiri 

News

Dini Hari, Permukiman Padat Penduduk Tapin Diamuk Api

News

Viral 9 Warga Binjai Sumatera Utara Terjebak di Ukraina, Minta Tolong Evakuasi
Presiden Jokowi

News

Di HUT HIPMI ke-50, Presiden Jokowi Wajibkan Masyarakat Gunakan Produk Dalam Negeri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com