Kronologis Laka Maut di Kandangan Hingga Pemotor Tewas Terlindas Truk Adik Maliki Jadi Saksi, Tegaskan Duit Fee Diminta Abdul Wahid Siap-Siap, Distribusi Air Bersih PT AM Bandarmasih Setop 6 Jam Jalani Sidang Perdana, Suami ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin Didakwa Pasal Penipuan & Penadahan Lanjutan Sidang ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin, Terdakwa Ngaku Jual Slot Fiktif

Zairullah Azhar Dukung Banjarbaru Jadi Ibu Kota Provinsi Kalsel

- Apahabar.com     Sabtu, 26 Maret 2022 - 10:37 WITA

Zairullah Azhar Dukung Banjarbaru Jadi Ibu Kota Provinsi Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Jika para elit Banjarmasin menolak perpindahan ibu kota provinsi ke Banjarbaru, berbeda dengan kepala daerah di kabupaten lainnya. Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar misalnya, ia sepakat jika Banjarbaru menjadi Ibukota Provinsi Kalsel.

“Dari daerah, lebih dekat ke Banjarbaru dibandingkan Banjarmasin, ke sana butuh waktu perjalanan dan lebih padat,” kata Zairullah di Pagatan, Tanah Bumbu, Sabtu (26/3).

Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kalsel ini mengatakan, tidak hanya Tanah Bumbu yang sepakat dengan Undang-Undang (UU) Kalimantan Selatan ini, sejumlah kepala daerah lain pun punya jawaban yang sama.

Banjarbaru dinilai lebih dekat dan berada di tengah-tengah. Kota yang dirancang arsitek asal Belanda, Van Der Pijl itu pula dirasa cocok karena sudah ditata sejak tempo dulu.

“Banjarbaru masih longgar, masih banyak tempat untuk bisa dibangun,” kata dia.

Meski demikian, Banjarbaru dan Banjarmasin akan tetap terhubung karena daerah itu jadi vital ekonomi untuk banua.

Selain jadi bisa menjadi kota niaga, Banjarmasin bisa pula fokus untuk mengembangkan sektor pariwisata yang tak bisa lepas dari nilai sejarah di masa lampau.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Banjarmasin secara resmi akan melakukan judicial review (JR) ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pasal 4 UU Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pemindahan Ibu Kota Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hal itu diputuskan setelah Pemkot Banjarmasin selesai memparipurnakan kesepakatan bersama seluruh fraksi partai di DPRD Banjarmasin, Kamis (24/3).

Dalam rapat paripurna seluruh fraksi partai sepakat untuk mengajukan judicial review (JR) ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pasal 4 UU Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pemindahan Ibu Kota Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ada 8 fraksi partai di antaranya PAN, Gerindra, Golkar, PDIP, PKS, PKB, Demokrat dan Restorasi Bintang Pembangunan.

“DPRD Banjarmasin siap berjuang ‘waja sampai kaputing’ bersama kepala daerah untuk memperjuangkan Kota Banjarmasin agar tetap menjadi Ibu Kota Kalsel,” kata Ketua DPRD Banjarmasin, Harry Wijaya usai rapat paripurna.

Harry bilang yang menjadi pertimbangan kuat pihaknya ngotot melakukan JR ke MK lantaran UU itu dianggap cacat prosedur.
“Karena hampir tidak dilibatkannya Pemerintah Kota (Pemkot) hingga masyarakat Banjarmasin dalam proses penggodokan UU tersebut,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan dengan dukungan bulat dari para legislator menjadikan penambah energi bagi pihaknya untuk melakukan JR.

“Selanjutnya Pemkot dengan bagian hukum akan melakukan langkah-langkah dalam rentang 45 hari maksimum terhitung dari 16 Maret untuk uji formil,” katanya.

“Untuk uji materil tidak dibatasi waktu,” tambahnya.

Partisipasi publik yang minim, tidak dilibatkannya Pemkot Banjarmasin serta saat konsultasi publik di kalangan pemerintah provinsi yang menerima hanya sekda menjadi sejumlah alasan kuat pengajuan JR ke MK.

“Termasuk kajian dari Komisi 1 DPRD Kalsel, ketika ditanya badan keahlian legislasi DPR RI, jawabannya tidak pernah ada satu pun menyinggung pemindahan ibu kota. Tapi justru visinya jauh ke depan, yakni menyiapkan Banjarmasin sebagai pintu ibu kota negara,” katanya.

“Sehingga ini jadi dasar kuatnya dugaan ada tahapan formil yang tidak dipenuhi,” katanya. Maka dari itu, lanjutnya, jangan heran ketika ada reaksi keras dari masyarakat Kota Banjarmasin.

Adapun tim hukum yang akan melakukan JR ke MK, kata Ibnu, utamanya dari Pemkot Banjarmasin. Kemudian bisa kelompok masyarakat yang berbadan hukum, akademisi, perguruan tinggi, hingga pengacara.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

bandar arisan bodong kotabaru

Hot Borneo

Fakta Baru! Bandar Arisan Bodong di Tegalrejo Kotabaru Ungkap Jumlah Korban dan Setoran per Orang

Hot Borneo

Berlagak Bak Pengacara, Makelar Kasus di Kotabaru Tipu Korban Puluhan Juta
Perjalanan Domestik

Hot Borneo

Cuaca Buruk, 2 Pesawat  Lion Air Tujuan Banjarmasin Sempat Dialihkan ke Balikpapan
Food

Hot Borneo

Serius Bangun Food Estate di Banua, Dewan Kalsel Minta Bantuan Legislator Senayan

Hot Borneo

Hadiri Bakti Sosial Rindam VI Mulawarman, Wali Kota Banjarbaru Bicara Capaian Vaksinasi Tertinggi se-Kalsel
Cuaca Kalsel Hari Ini: 6 Wilayah Diprediksi Hujan. Foto-Ilustrasi

Hot Borneo

Cuaca Kalsel Hari Ini: 6 Wilayah Diprediksi Hujan

Hot Borneo

Operasi Jaran Intan 2022 Polres Batola, Sejumlah Pelaku Ditangkap di Tanbu dan Tabalong
KM Ladang Pertiwi

Hot Borneo

Pilu Tragedi KM Ladang Pertiwi: Lansia Hilang Tenggelam bersama Kapal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com