Terbantahkan, Terdakwa Pastikan Mardani H Maming Tak Terima Dana Gratifikasi Izin Tambang Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir

4 Minuman yang Mesti Dihindari Saat Sahur, Salah Satunya Air Es

- Apahabar.com     Rabu, 13 April 2022 - 04:18 WITA

4 Minuman yang Mesti Dihindari Saat Sahur, Salah Satunya Air Es

Air es dinilai tak cocok untuk dikonsumsi saat sahur. Foto ilustrasi: Kumparan

apahabar.com, BANJARMASIN – Menuruti keinginan diri untuk minum-minuman favorit dapat membuat puasa terganggu. Agar tak dehidrasi, sebaiknya Anda pilah-pilih makanan atau minuman yang akan dikonsumsi saat sahur.

1. Minuman Bersoda

apahabar.com

Minuman bersoda memang enak, tapi berpotensi membawa pengaruh negatif untuk tubuh.

Meski secara teknis tidak mengandung kalori, pemanis buatan yang terkandung di dalamnya akan meningkatkan kadar insulin. Hal ini berarti berpengaruh pada kadar gula darah kita.

“Mengonsumsi gula seperti minuman yang tinggi gula adalah faktor utama penyebab obesitas dan diabetes” jelas Dr. Douglas Bettcher, direktur Divisi Pencegahan Penyakit Tidak Menular di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), seperti dilansir dari orami.co.id.

Perlu diingat, jika minuman bersoda juga mengandung gas karbondioksida yang akan membuat perut kembung. Otomatis saat menelannya, gas yang banyak juga akan ikut masuk ke dalam tubuh.

2. Kopi

apahabar.com

Pada beberapa orang, kandungan kopi dapat membuat tubuh memberikan reaksi berbeda. Ada yang seketika mengalami masalah dengan perutnya. Baik itu merasa sakit perut ataupun sakit maag. Untuk menghindari masalah yang tidak-tidak, sebaiknya jauhi dulu kopi selama bulan puasa. Berikan perut nutrisi yang memang ia butuhkan.

3. Teh Manis

Rasa manis yang ditinggalkan di lidah, selalu membuat orang susah untuk melupakan. Tapi teh manis masuk dalam daftar salah satu minuman yang harus Anda hindari.

Minum teh manis saat sahur akan membuat tubuh cepat lemas. Hal ini dikarenakan teh manis mampu menaikan dan menurunkan kadar gula darah dengan cepat. Jadi sebaiknya dihindari.

4. Air Es 

Air dingin atau air es yang diminum saat sahur, bisa memicu perut terasa tidak nyaman dan perih, hingga kembung. Di samping itu, air dingin juga bisa memicu pembuluh darah berkontraksi, yang akan mengakibatkan pencernaan terganggu.

Agar puasa berjalan dengan lancar, sebaiknya Andan pilih minuman yang dapat memberikan stamina dan energi yang baik untuk tubuh.

5. Pilih Air Hangat

Sejak lama, air hangat dianggap sebagai minuman yang lebih sehat dibanding air es. Ada banyak sekali kelebihannya seperti merangsang aliran darah menuju usus, mencegah konstipasi, hingga mengaktifkan sistem pencernaan.

Terkesan sederhana dan mudah, namun minum air hangat sebelum tidur ternyata membawa banyak manfaat kesehatan. Menurut Healthline, selama digunakan beraktivitas dan tidur, tubuh akan kehilangan cairan melalui sistem pernapasan, keringat, dan keluarnya urin juga feses.

Air hangat juga bisa mengeluarkan racun yang tertumpuk di dalam tubuh karena pengonsumsian makanan dan minuman. Selain itu, juga bisa merombak dan meluruhkan timbunan lemak yang ada pada tubuh sehingga bisa berefek menstabilkan dan menurunkan berat badan.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Padang Batung

Tak Berkategori

TK Melati Putih Padang Batung HSS Nyaris Ludes Terbakar

Tak Berkategori

Mesin Kapal Mati Saat Memancing, Nelayan Kaltim Hilang di Perairan Sangalaki Berau
apahabar.com

Tak Berkategori

Jelang Lebaran Besok, Kue Kering Diserbu Pembeli
apahabar.com

Tak Berkategori

Delapan DPC Demokrat Kalsel Membelot, Pengamat: Ini Faktor Konsolidasi Musiman
apahabar.com

Tak Berkategori

H+1 Idulfitri, Terminal Pal 6 Sepi Penumpang

Tak Berkategori

BPJN Kalsel Pastikan Penyelesaian Proyek Jembatan Paringin Molor

Tak Berkategori

Tips Kelola Gaji UMR Untuk Investasi
Balikpapan

Tak Berkategori

100 Hari Kerja, Rahmad Masud Akan Rombak Struktur Pemerintahan Balikpapan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com