Demam Skuter Listrik, Di Banjarmasin Rp35 Ribu Free Foto Siap-siap, Kominfo Buka Beasiswa S2 untuk Umum dan PNS Bus Peziarah Tabrak 3 Rumah di Ciamis, Penumpang Berlompatan Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

- Apahabar.com     Jumat, 15 April 2022 - 05:15 WITA

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

Ilustrasi. Foto-Ist

apahabar.com, Jakarta – Konsumsi makanan selama berpuasa harus diperhatikan, terutama saat sahur. Sebab, ada beberapa makanan yang justru bikin loyo seharian.

Berikut menu-menu yang sebaiknya dihindari saat sahur:

1. Ayam goreng

Teksturnya yang renyah membuat ayam goreng jadi deret lauk favorit. Ayam goreng pun mudah disiapkan sebab Anda bisa memarinasi di malam hari, simpan di kulkas lalu digoreng jelang sahur. Namun menu ini sebenarnya tidak pas untuk menu sahur.

“Meskipun hidangan ini enak, memakannya bisa membuat orang merasa lesu. Makanan yang digoreng, seperti ayam goreng, bisa sulit dicerna dan cenderung lebih ke makanan ‘berat’. Kombinasi lemak dan garam yang digunakan bisa membuat orang terbebani dan tidak merasa segar,” jelas Lauren Manaker, ahli diet dan penulis, seperti dikutip dari detik.

2. Roti tawar

Karena waktu untuk persiapan cukup sedikit, sebagian orang memilih menu sahur yang praktis seperti roti isi atau roti tawar dengan isian tertentu.

Namun sebaiknya pilih roti tawar dari gandum atau biji-bijian, bukan roti putih biasa.

Roti putih biasanya terbuat dari biji-bijian rafinasi yang sudah kehilangan banyak nutrisi selama proses. Berbeda dengan roti dari biji-bijian utuh yang masih mempertahankan kandungan serat, vitamin dan mineral pada kulitnya.

“Biji-bijian rafinasi seperti roti putih dan pasta putih berkontribusi pada penurunan energi. Mereka cepat dicerna, membuat kadar gula darah melonjak. Saat gula darah mendadak turun, tingkat energi menurun,” jelas Lisa Young, ahli gizi.

3. Pisang

Buah satu ini sangat baik dikonsumsi apalagi setelah berolahraga. Pisang mengandung triptofan, potasium dan magnesium sehingga efektif mengendurkan otot dan mengurangi kecemasan. Ini sangat baik untuk kesehatan tetapi tidak baik dikonsumsi berlebihan saat sahur.

Untuk menghindari efek samping ini, sebaiknya kombinasikan pisang dengan bahan pangan yang tinggi protein dan vitamin B untuk suplai energi. Anda bisa memadukan pisang dengan selai almond atau protein shake.

4. Energy bar dan granola

Praktis dan mampu memberikan energi dengan cepat membuat orang memilih energy bar dan granola untuk memulai hari. Tidak jarang keduanya dijadikan menu sahur yang praktis.

Cukup semangkuk granola plus susu sudah mampu membuat perut kenyang dan berenergi.

Akan tetapi, perhatikan kadar gula pada masing-masing produk. Gula tambahan untuk sahur tentu tidak disarankan sebab justru Anda akan lemas seharian. Pilih produk yang mengandung sedikit atau tanpa gula tambahan.

5. Burger

Keberadaan ojek daring memudahkan orang mendapatkan santapan sahur tanpa harus memasak. Hanya saja, sebaiknya Anda tidak memesan burger untuk menu sahur meski diskonnya menggiurkan.

Burger terlihat mampu memenuhi kebutuhan Anda berkat lapisan daging, sedikit sayur dan roti yang mengandung karbohidrat.

Namun jangan harap kebutuhan nutrisi Anda akan terpenuhi dari burger. Justru tubuh akan terasa berat dan mengantuk setelah bersantap.

“Karbohidrat dengan sedikit bahkan nyaris tak ada serat, seperti roti putih, memberikan kita energi dengan cepat dalam bentuk glukosa tapi ini bisa mengakibatkan turunnya energi secara drastis,” jelas Keri Grans, ahli gizi.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Video Suami Bawa Minyak Goreng 18 Liter Viral di TikTok. Foto-Istimewa

Relax

Video Suami Bawa Minyak Goreng 18 Liter Viral di TikTok

Relax

Bertemu di Markas Tesla, Momen Luhut Tawarkan Kopiko ke Elon Musk Trending Twitter!

Relax

Sederet Pengakuan Marshel Widianto soal Beli Video Dea OnlyFans

Relax

Angkat Kejayaan Islam, Lukman Sardi Ungkap 3 Daya Tarik Series ‘MenemukanMU’

Relax

Heboh Baku Hantam Jefri Nichol Vs Keanu, Begini Kronologinya!

Relax

HEBOH! Iwan Fals Polisikan Tri Suaka dan Zinidin Zidan, Cek Faktanya

Relax

James Gunn Emosional Guardians of the Galaxy Vol 3 Rampung Syuting

Relax

Review Film Dont Look Up: Manusia Antroposen dan Segala Kepicikan Mereka
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com