Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam [ANALISIS] Tembok Retak RS Sultan Suriansyah Tuai Sorotan Aturan Baru Berlaku, Penumpang di Syamsudin Noor Masih Stagnan  Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik

Alasan Presiden Jokowi Larang Ekspor Sawit

- Apahabar.com     Senin, 25 April 2022 - 23:41 WITA

Alasan Presiden Jokowi Larang Ekspor Sawit

Bertemu PM Jepang Kishida, Jokowi Bahas Perang di Ukraina dan G20. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) dan minyak goreng. Kebijakan ini berlaku mulai Kamis 28 April 2022 hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan Jokowi tidak sembarangan mengambil kebijakan tersebut.

“Presiden sudah berbulan-bulan sangat berhati-hati membuat keputusan melarang ekspor CPO sebagai turunan bahan baku minyak goreng. Ini adalah pilihan terbaik dari yang terjelek,” katanya, dalam konferensi pers, Senin (25/4/2022).

Menurut Bahlil jika pengusaha CPO tertib, mau ikut berkontribusi agar harga di dalam negeri bisa dijaga, maka keputusan larangan ekspor itu tidak akan diambil.

“Sebenarnya kalau pengusaha-pengusaha ini tertib, kalau mau gotong-royong bareng-bareng agar harga domestik bisa dijaga di angka Rp 14.000 (per liter), kita mungkin enggak akan melarang ekspor CPO ini,” kata Bahlil.

Penyebab lainnya, menurut Bahlil, adalah pengusaha CPO memainkan aturan Domestic Market Obligation (DMO). Pengusaha juga lebih banyak melakukan ekspor CPO karena harga di luar lebih tinggi. Hal itu membuat pasokan dalam negeri tak sesuai harapan.

“Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, dia memikirkan dunia usaha, tapi jauh lebih memikirkan rakyatnya,” tegasnya.

 

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Puting Beliung Tanah Bumbu

News

Puting Beliung di Tanah Bumbu: Listrik Padam, Belasan Rumah Porak-Poranda
Parade MotoGP

News

Sebelum Parade MotoGP, Presiden Jokowi Terima Para Pembalap di Istana Merdeka

News

Selisih 2 Hari, Jemaah Aboge Gelar Salat Id Pagi Ini
China Eastern Airlines Jatuh

News

China Eastern Airlines Jatuh, KBRI Beijing dan KJRI Guangzhou Pantau Data Korban

News

Cari Barbuk Kasus Binomo, Polisi Sita Akun YouTube Indra Kenz
Mudik

News

Arus Balik Macet Parah, Kapolri Minta Kantor WFH
aktivis asing

News

Aktivis Asing Ungkap Kelakuan Kanada yang Buang Sampah ke Indonesia
AHY

News

Eits…Demokrat Klaim Banyak Rakyat Ingin AHY Jadi Capres di Pilpres 2024
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com