Pelunasan Bipih Ditutup, Puluhan Jemaah Cadangan Lengkapi Kuota Haji Kalsel 2022 Innalillahi, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif Tutup Usia PT BKB Tanbu Laporkan Ormas KPK Tipikor Kalsel ke Polisi [ANALISIS] Judi ‘Gurak’, Ritual Adat atau Kepentingan Pribadi? Kebakaran Simpang Telawang, Korban Tetap Tinggal Saat Api Berkobar

Balangan Akan Pertahankan Jadi Kabupaten Pengekspor Porang Kalsel

Bupati Balangan H Abdul Hadi mengikuti pelaksanaan tanam perdana porang program POKAR (Porang-Karet), di Desa Mungkur Uyam, Kecamatan Juai...
- Apahabar.com     Jumat, 1 April 2022 - 19:28 WITA

Balangan Akan Pertahankan Jadi Kabupaten Pengekspor Porang Kalsel

Bupati Balangan, H Abdul Hadi melasanakan tanam porang dalam program POKAR (Porang-Karet), di Desa Mungkur Uyam, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kamis (31/3). Foto-Kominfo Balangan for apahabar.com

apahabar.com, PARINGIN – Bupati Balangan H Abdul Hadi mengikuti pelaksanaan tanam perdana porang program POKAR (Porang-Karet), di Desa Mungkur Uyam, Kecamatan Juai, pada Kamis (31/3) kemarin.

Selain bupati, kegiatan ini juga diikuti oleh Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Inf Aldin Hadi, Kadistan Tuhalus, dan jajaran forkopimda lainnya.

Dalam kesempatannya, Bupati Abdul Hadi mengatakan, target ke depan untuk tanaman porang adalah menjaga keberlanjutan Balangan sebagai kabupaten pengekspor porang satu-satunya di Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Kemudian target kita yang selanjutnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Balangan melalui tanaman porang. Untuk menjamin keberlanjutan ekspor, kita tadi di samping sosialisasi dengan kelompok-kelompok juga melakukan penanaman porang, kita juga melakukan launching program POKAR,” ujarnya.

Lebih lanjut menurutnya, karena ada di antara masyarakat di Balangan yang tidak mempunyai lahan terbuka tapi dia memiliki kebun karet, oleh karena itu tanaman tumpang sari porang dan karet ini kita launching supaya petani-petani yang memiliki kebun juga bisa menghasilkan pendapatannya melalui varitas tanaman lainnya.

Abdul Hadi juga meminta agar dilakukan pendampingan terhadap petani-petani porang.

“Ini nanti kita minta kawal dari jajaran Polres Balangan sampai ke Bhabinkamtibmas, begitu juga dengan kodim sampai ke Babinsa untuk mendampingi petani-petani kita supaya program yang kita launching ini benar-benar terkontrol dan didampingi, di awasi sampai kepada tingkat panen dan tingkat penjualan,” tambahnya.

Bupati Abdul Hadi juga berharap, program ini dapat menanggulangi kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Balangan.

“Kemarin statistik mengeluarkan angka-angka bahwa angka kemiskinan di Balangan masing tinggi. Ini merupakan salah satu upaya dan langkah pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran di Bumi Sanggam,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kegiatan OKK PWI Balangan

Pemkab Balangan

Wabup Apresiasi Kegiatan OKK PWI Balangan

Pemkab Balangan

Wabup Balangan Sampaikan 6 Rancangan Prioritas Pembangunan 2022
Rapat koordinasi Satgas percepatan vaksin Covid -19 bagi anak usia 6-11 tahun di aula Benteng Tundakan, Kantor Bupati Balangan. Foto-Istimewa.

Pemkab Balangan

Vaksinasi Anak di Kabupaten Balangan Ditarget Rampung Akhir Januari

Pemkab Balangan

Bupati Abdul Hadi: Kepengurusan Kwarcab Pramuka Balangan Harus Terus Berinovasi
apahabar.com

Pemkab Balangan

DPRD Balangan Kembali Rencanakan 45 Perda Tahun Ini

Pemkab Balangan

10 Warga Desa Mamigang Balangan Dapat Bantuan Rehab Rumah
plt

Pemkab Balangan

Plt Bupati Balangan Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada 2020
Pemkab Balangan

Pemkab Balangan

Capaian Vaksinasi di Atas 71 Persen, Pemkab Balangan Terus Ngegas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com